Rahasia Sukses dan Perjalanan Karier Suho EXO. Keteraturan Nggak Melulu Berarti Kaku!

tips sukses Suho EXO

Bagi pencinta K-Pop, nama boy band EXO tentu sudah tak asing di telinga apalagi grup yang satu ini pernah masuk 5 besar selebritas paling berpengaruh dalam daftar Forbes Korea Power Celebrity setiap tahun dari 2014 sampai 2018. Karena hal itulah mereka dijuluki sebagai boy band terbesar di dunia dan King of K-pop oleh media. Setiap personilnya juga memiliki penggemar tersendiri serta memiliki kisah sukses masing-masing. Salah satunya adalah sang leader, Kim Junmyeon atau Suho yang ternyata memiliki jalannya sendiri hingga menjadi seperti saat ini.

Advertisement

Suho EXO yang lahir pada tanggal 22 Mei 1991 ini kini sedang vakum dari dunia hiburan karena harus melakukan wajib militer selama dua tahun ke depan. Sementara menunggu ia kembali, kita simak yuk bagaimana perjalanan kariernya sampai saat ini!

Suho bergabung menjadi seorang trainee dari tahun 2005 dan menjadi anggota yang mengalami masa training paling lama

Trainingnya lama/ Credit: Kim Jun Cotton via www.instagram.com

Ketertarikan Suho untuk menjadi seorang penyanyi sudah dimulai saat ia masih kecil. Dilansir dari Soompi, akhirnya di tahun 2005, Suho mengikuti audisi melalui SM System Entertainment yang sedang mencari anak-anak muda untuk dilatih menari, bernyanyi, dan melakukan rap untuk kemudian nantinya dibuat sebuah grup. Di usia 16 tahun, ia mencoba untuk masuk ke agensi SM Entertainment. Sebelum debut, ia malah sudah memulai karier dengan menjadi bagian film dengan pemeran Super Junior, menjadi ekstras di video musik TVXQ, hingga diminta untuk mengisi bagian rap lagu I Cry milik penyanyi Lizzy.

EXO kemudian debut pada tahun 2012 yang membuat Suho menjadi anggota yang paling lama mengikuti masa pelatihan. Bahkan ia mengaku sempat merasa kesepian karena ditinggal dua sahabat seangkatan yaitu Taemin dan Jonghyun yang debut duluan. Namun, mengutip kata Son Ho Young yang merupakan anggota boyband senior g.o.d, penantian lama ini yang membuat EXO seperti sekarang.

Advertisement

Setelah penantiannya akhirnya Suho debut bersama EXO pada tahun 2012 dan menjadi leader boy band yang satu ini

Exo/ Credit: Kim Jun Cotton via www.instagram.com

EXO debut pada tahun 2012 dan dengan konsep dan sejarah yang unik akhirnya grup terbagi menjadi dua bagian yaitu EXO-M dan EXO-K di mana Suho didapuk menjadi leader dan mengambil bagian vocal line karena bakatnya serta kemampuannya acting. Selain memimpin di atas panggung, ternyata Suho juga dianggap sebagai kakak yang peduli serta suka memanjakan anggota yang lain. Setelah sekian lama menjadi anggota boy band, ia juga akhirnya meluncurkan debut solonya pada tanggal 30 Maret 2020 lalu dengan mini album berjudul ” Self Portrait” yang laris manis.

Ternyata Suho berasal dari kalangan ekonomi papan atas sejak lahir, pun ia juga cerdas secara akademik lo

Kalangan papan atas/ Credit: Kim Jun Cotton via www.instagram.com

Suho dirumorkan sebagai keturunan chaebol, namun dilansir dari Channel Korea, kabar tersebut teryata tidak benar. Walaupun demikian, ia memang terlahir dari keluarga dari ekonomi yang terbilang papan atas di Korea Selatan. Akan tetapi, berita ini sempat ditepis oleh Suho dan ia mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang profesor dan sang ibu merupakan ibu rumah tangga yang dulunya sempat jadi guru. Namun kata teman-temannya ia memiliki hobi golf dari kecil yang hanya mampu dilakukan orang kaya raya di Korea.

Walaupun berasal dari keluarga berada, namun Suho merupakan anak yang cerdas lo. Ia bahkan pernah dinobatkan menjadi seorang mahasiswa yang paling pintar dan terbaik di kampusnya. Padahal kampusnya merupakan kampus bergengsi. Ia juga mampu berbahasa Inggris, Mandarin, dan Jepang lo.

Advertisement

Suho bisa sukses hingga seperti saat ini ternyata bukan hanya perkara latar belakang keluarga kaya dan kecerdasannya tapi juga karena ‘keteraturan’. Hmm…

Keteraturan/ Credit: Kim Jun Cotton via www.instagram.com

Dalam sebuah wawancara, Suho membeberkan bahwa kesuksesannya disebabkan karena kebiasannya dalam menerapkan keteraturan hidup. Ia membiasakan diri untuk selalu hidup terorganisir dan struktural dalam kegiatannya sehari-hari. Hal ini makin berguna saat ia menjadi leader. Selain itu, ia juga mengaku bahwa orang tuanya mengasuh untuk selalu mengedepankan kesopanan dan etika sehingga kini kehidupannya lurus-lurus saja dan jauh dari skandal.

Walau terlahir dari keluarga kaya, namun perjuangan Suho untuk menjadi idola memerlukan waktu yang cukup lama. Namun berkat ketekunannya serta keteraturan yang ia tetapkan, pada akhirnya kesuksesan sudah ia raih bersama EXO maupun sendirian.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE