5 Tools untuk Mengecek Analytic Kompetitor di Instagram. Biar Makin Akurat Strategi Kontenmu

tools instagram mengecek insight

Instagram kini menjadi ajang berjualan sekaligus promosi yang sangat ampuh untuk digunakan. Bayangkan saja, dalam satu bulan ada lebih dari 1 miliar pengguna media sosial ini di seluruh dunia. Walaupun hanya ada beberapa persennya saja yang menjadi target market sebuah bisnis, jumlahnya tergolong sudah cukup besar. Tak heran kalau sekarang jadi banyak yang mempelajari algoritma dan hal-hal di belakang layar dari bisnis yang tergolong sukses melalui platform ini.

Advertisement

Tak perlu menyewa seorang profesional, ternyata kamu bisa lo mengutak-atik dan mencari informasi sendiri terkait jualan di Instagram. Ada banyak tools yang bisa digunakan salah satunya untuk menganalisis akun termasuk milik kompetitormu supaya kamu bisa mengamati strateginya atau mungkin mempertimbangkan untuk berkolaborasi suatu saat nanti. Simak nih beberapa tools yang dimaksud!

1. Salah satu tool yang mudah digunakan termasuk bagi para pemula adalah Ingrammer. Bisa digunakan secara gratis lo

Setelah masuk ke situs ini, kamu hanya perlu mengetikkan nama akun yang ingin kamu cari analisisnya dan klik ‘analyze‘. Nantinya bisa dilihat kiriman mana yang paling bagus menurut jumlah like dan komentar. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat top hashtag, kapan waktu paling populer mereka dari 100 kiriman terakhir, dan seberapa sering mereka mengunggah kiriman. Walau gratis, fiturnya cukup lengkap kan?

2. CrowdTangle bisa digunakan untuk mengecek akun kompetitor sekaligus mengidentifikasi influencer untuk marketing campaign

Crowdtangle/ Credit: crowdtangle.com via www.crowdtangle.com

CrowdTangle merupakan alat insight dari Facebook yang bisa digunakan semua orang untuk melihat analisis suatu akun termasuk akun Instagram. Akan tetapi, situs ini hanya bisa memberikan informasi bahwa unggahan tertentu mendapatkan jumlah like atau komentar tertentu namun tidak bisa memberi tahu siapa yang menyukai, di mana asalnya, dan berapa usia mereka. Kamu juga bisa mencari tahu sesuatu menggunakan kata kunci untuk tahu kiriman mana yang paling populer yang menggunakan kata kunci tersebut.

Advertisement

3. Social Blade sesuai dengan tagline-nya memberikan pengalaman melihat analytic dalam mode yang cukup mudah digunakan

Analytics made easy

Begitulah bunyi tagline-nya. Situs ini bisa digunakan untuk mengecek statistik Youtube, Twitch, Instagram, dan Twitter. Caranya hanya dengan memasukkan nama akun di kolom yang langsung muncul di halaman utama saat kamu membuka situs ini. Setelah klik tombol dengan simbol ‘cari’ maka akan muncul pilihan akun yang dicari, klik akun yang dimaksud dan akan muncul analytic-nya. Mulai dari engagement, rata-rata like dan komen, serta pertambahan atau pengurangan followers akan ditampilkan.

4. Mirip dengan Social Blade, ada juga situs bernama IG Blade yang sangat ramah dengan pengguna pemula

IG Blade/ Credit: igblade.com via igblade.com

Advertisement

Ketika mengetikkan nama akun akan langsung muncul suggestion dari beberapa platform seperti Instagram dan TikTok. Kamu tinggal mengklik akun yang dimaksud dan akan muncul analisisnya dengan runtut, baik berupa tabel maupun grafik. Sayangnya untuk mengetahui lebih detail, kamu harus melakukan up grade dengan berlangganan ke IG Blade premium dan membayarkan sejumlah uang.

5. Salah satu situs yang menyajikan data dengan cukup lengkap adalah HypeAuditor tapi gratisnya dengan batasan

Situs ini bisa digunakan secara gratis hanya untuk mengecek analytic akun milik sendiri sedangkan jika ingin mengecek akun milik orang lain maka harus berlangganan dulu yang premium. Meskipun demikian, analisisnya cukup lengkap lo di mana akan disajikan kualitas audience dengan lengkap mulai dari usia, minat, sampai mengecek apakah akun yang mengikuti fake atau asli.

Dengan beberapa tools tersebut kamu bisa mengecek bagaimana laju perkembangan Instagram kompetitor dan konten seperti apa yang paling digemari. Selain itu, kamu juga bisa menyusun strategi yang serupa atau justru malah yang sebaliknya tergantung dengan target market yang sudah dibuat.

Baca sepuasnya konten-konten pembelajaran Masterclass Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE