5 Trik Kumpulkan Uang Tanpa Perlu Effort Macam-macam. Nggak Kerasa Bisa Nabung dari Duit Jajan

Trik effortless mengumpulkan uang

Semua orang butuh uang. Sayangnya setiap orang juga merasa uang yang dimiliki selalu kurang. Padahal sudah jelas, manajemen pengeluaran adalah kunci agar uang senantiasa cukup. Mau berapa pun pendapatanmu, jika nggak menggunakan uang dengan bijak bakal habis nggak jelas juga.

Advertisement

Nah, biar kamu bisa tetap eksis di lingkungan, berikut 5 trik yang bisa kamu terapkan untuk mengumpulkan uang, agar tetap bersosialisasi dengan tetap hemat.

1. Sekecil apapun pengeluaran harianmu, selalu catat. Meski itu sekadar uang parkir!

Selalu catat pengeluaran sekecil apapun via bestlifeinsurance.club

Ini adalah trik dasar dalam berhemat. Selalu catat untuk apa kamu belanjakan uangmu. Melalui catatan ini kamu bakal tahu berapa pengeluaran untuk sesuatu yang sebenarnya nggak kamu butuhkan. Kamu juga bisa menjumlahkan pengeluaran bulanan dan membandingkan dengan pemasukanmu. Besar pasak daripada tiang nggak nih?

2. Jika biasanya kamu suka ngopi di kafe, coba ganti beli es kopinya di minimarket untuk pangkas pengeluaran

beli kopi di minimarket via www.youtube.com

Tahu nggak, kamu bisa beli es kopi kekinian yang rasanya kurang lebih sama di minimarket dengan harga lebih murah. Tinggal beli pakai wadah sendiri kalau mau lebih oke, lalu samperin temen kamu yang lagi nongkrong deh. Mulut nggak asem, kantong juga nggak kering!

Advertisement

3. Jika biasanya kamu langganan layanan streaming, coba ganti kebiasaan itu dengan hal yang lebih hemat dan nyata manfaatnya

Berhenti berlangganan layanan streaming via www.grid.id

Mulai dari musik hinga film ada layanan berlangganannya. Kamu nggak perlu ikut berlangganan semua layanan itu hanya agar update perkembangan budaya populer. Daripada mengeluarkan uang lebih untuk sesuatu yang sifatnya hiburan, kamu bisa mengalokasikan dananya untuk kegiatan membaca atau olahraga. Lebih hemat dan nyata manfaatnya!

4. Ingat pesan orang tua, usahakan selalu makan di rumah sebelum nongkrong sama teman-teman

Makan di rumah sebelum nongkrong via www.mcgill.ca

Biar minim jajan atau nggak sama sekali, ada baiknya kamu makan dulu sebelum nongkrong dengan teman-teman. Atau kamu bisa bawa bekal dari rumah untuk disantap di tongkrongan. Selain hemat, cara ini bisa bikin kamu disayang teman-teman dan kehadiranmu dinanti-nanti karena suka bawa makanan 😀

5. Kalau kamu paham daerah tempat tinggalmu, nggak ada salahnya coba ngeblog atau ngevlog tentang sekitar

Advertisement

Tulis blog atau bikin vlog untuk menambah pemasukan via www.kleinkunstig.nl

Memang sih, udah banyak media massa yang ngulas berbagai daerah untuk menunjang pariwisata. Tapi yang perlu kamu ingat, hanya kamu yang mengenal daerahmu. Kamu bisa eksplorasi hal yang luput dari amatan media massa. Ini akan membantu orang-orang yang bakal berkunjung, dan kamu juga bisa punya pendapatan dari kegiatanmu yang nyaris cuma-cuma ini.

Nah, nggak ada salahnya kamu coba terapkan 5 trik effortless ini. Kalau sudah, coba deh cek berapa pengeluaran kamu dan berapa sisa uang yang bisa kamu tabung untuk hari depan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

lebih menyukai titik. ketimbang koma,

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE