5 Kesalahan Anak Kos dalam Mengatur Keuangan. Tahu-Tahu Tinggal 50 Ribu di Tabungan :(

kesalahan mengatur keuangan

Meratapi akhir bulan dengan kantong kosong sepertinya sudah jadi hal wajar yang dialami oleh anak kos. Memang, sebagai anak rantau yang jauh dari rumah, kamu diwajibkan untuk bisa mengatur keuanganmu sendiri. Namun, ternyata belum semua orang bisa melakukannya. Terbukti masih ada saja anak kos di akhir bulan yang mengeluh nggak punya uang, bahkan nggak bisa makan.

Advertisement

Nah, khususnya anak kos, supaya keuanganmu nggak jebol di akhir bulan, baiknya hindari kesalahan-kesalahan mengatur keuangan berikut ini.

1. Nggak punya catatan anggaran pengeluaran bulanan merupakan salah satu kesalahan yang sering sekali dilakukan

anggaran belanja bulanan via www.happyfresh.id

Anggaran belanja bulanan akan membantu mengalokasikan setiap uangmu ke pos-pos yang tepat. Dengan demikian, semua kebutuhan bisa terpenuhi dengan baik. Kalau nggak punya anggaran bulanan, bisa jadi kamu akan menghabiskan uangmu untuk hal-hal yang sebenarnya nggak dibutuhkan.

2. Selain itu, kebiasaan menunda bayar tagihan juga menjadi salah satu penyebab keuanganmu nggak stabil lo!

bayar uang kos via www.pantau.com

Bayar kos merupakan hal yang wajib dilakukan setiap bulannya. Namun, nggak sedikit anak kos yang justru senang menunda-nunda melakukan pembayaran meski sudah punya uang. Hal ini sudah pasti berisiko. Bisa jadi uang yang seharusnya kamu pakai untuk bayar kos malah terpakai untuk kebutuhan lain yang bahkan nggak penting. Nah, kalau sudah begini, masalah keuangan jadi nggak bisa dihindari kan?

Advertisement

3. Tarik tunai dalam jumlah besar dan membawanya ke mana-mana juga menjadi salah satu faktor yang bikin jadi lebih boros

tarik tunai via www.moneysmart.id

Ambil uang banyak sekaligus di ATM memang bisa menghemat waktu dan tenagamu. Namun, hal ini justru berisiko karena bisa jadi hilang atau terpakai di luar rencana keuangan. Kebiasaan membawa uang dalam jumlah banyak seperti inilah yang akan membuatmu cenderung lebih boros dan membelanjakan uang untuk hal-hal yang mungkin sama sekali nggak perlu. Mending ambil seperlunya aja deh!

4. Mudah terpengaruh dengan gaya hidup orang lain juga bisa bikin keuangan jebol

main dengan teman via www.akhayar.com

Bersosialisasi dengan orang lain memang penting. Namun, kamu mesti berhati-hati supaya nggak terbawa suasana dan jadi asal menggunakan uangmu begitu saja. Apalagi kalau kamu sering nongkrong di kedai kopi. Sudah pasti kamu jadi makin boros dan uang jadi cepat habis.

5. Bolak-balik belanja bulanan akan membuatmu tergiur untuk menghabiskan uang terus. Mending sekali beli langsung lengkap aja~

Advertisement

belanja bulanan via www.thedubrovniktimes.com

Umumnya, anak kos akan membeli kebutuhannya selama sebulan penuh ke depan. Namun, baiknya segara belanja begitu kamu dapat kiriman dari orangtua atau setelah gajian, pun sekalian belanjakan semua kebutuhan yang dirasa perlu. Kalau kamu melakukan belanja bulanan secara berulang, besar kemungkinan kamu akan melakukan pemborosan dengan membeli lebih banyak barang yang sebenarnya nggak benar-benar dibutuhkan.

Nah, agar uang bulananmu tetap aman dan nggak tahu-tahu tinggal 50 ribuan, baiknya hindari lima kesalahan di atas. Mulai sekarang, patuhi dan disiplinkan lagi rencana keuanganmu supaya nggak kehabisan uang di akhir bulan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE