Selain Survei Lokasi, ini 6 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Buka Usaha Kedai Kopi

Usaha kopi susu

Penggemar kopi susu dewasa ini makin meningkat. Mumpung lagi ramai, gimana kalau kamu coba buka kedai kopi susu kekinian? Meski kini sudah banyak, namun jika ada hal berbeda yang kamu tawarkan, kedai kopi susumu nggak akan kalah ramai kok.

Advertisement

Tapi, sebelum merealisasi rencana buka usaha kedai kopi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dulu, supaya kedai kopi susumu nggak kalah saing dengan yang lain.

1. Mulanya, pikirkan dulu konsep kedai susu yang ingin kamu bangun

konsepnya via www.sitdowndisco.com

Supaya siap bersaing dengan yang lain, kamu harus membuat konsep yang kuat. Di samping itu, milikilah ciri yang berbeda supaya konsumenmu tertarik.

2. Lokasi yang strategis jadi salah satu hal yang bisa membuat kedai kopimu ramai dikunjungi

lokasi strategis via triyogaadiperdana.com

Namun, kamu perlu memperhatikan target marketmu dulu dalam memilih lokasi. Jika target marketmu mahasiwa, bukalah kedai kopi di sekitar kampus.

3. Kemudahan mencari pasokan bahan juga harus jadi hal yang perlu dipertimbangkan

pemasok biji kopi via www.bengkulutoday.com

Supaya stok biji kopimu terjaga, kamu perlu memilih beberapa pemasok. Kalau bisa, usahakan mengambil biji kopi dari petani langsung, supaya kualitas rasanya tetap baik.

4. Lakukan proses penggilingan sendiri, supaya kopimu punya rasa yang khas

proses giling via mundosroastingco.com

Secara persentasi, proses penggilingan memengaruhi rasa dan aroma kopi hingga 30%. Namun, agar kualitas terjaga, kamu perlu memperhatikan waktu penyimpanan hasil gilinganmu. Usahakan nggak disimpan dalam waktu dua bulan jika ingin kualitasnya tetap terjaga.

5. Barista juga punya peran penting untuk membuat kedai kopimu dikunjungi pelanggan

barista kuncinya via www.liberaldictionary.com

Seorang barista harus memastikan kopi terbaik untuk disajikan ke pelanggan. Selain memanjakan lidah, barista juga harus menyajikan kopi yang memanjakan mata. Nah, kalau urusan dapur sudah beres, tinggal baristalah yang berperan.

Advertisement

6. Agar kopimu makin dikenal masyarakat, buatlah promosi yang menarik

promosi lewat media sosial via bogordesain.com

Promosi bisa kamu lakukan dengan membuat sebuah akun media sosial. Di sini, kamu perlu menyajikan gambar-gambar yang menarik mata agar pelanggan tertarik. Selain itu, kamu bisa mengundang para reviewer makanan yang ada di kotamu lo!

Memang, untuk bisa membuka sebuah kedai kopi susu yang ramai dibutuhkan beberapa usaha. Namun, jika kamu giat dan mau riset terus dijamin usahamu akan berhasil kok. Meski nggak gampang, tapi usaha ini perlu dicoba mengingat peminatnya yang makin banyak.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE