Setelah kamu lulus atau wisuda dari panggung pendidikan formal, segera kamu dituntut untuk memiliki pekerjaan sendiri. Atau bahkan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Kemapanan jadi parameter kedewasaan dan kesuksesanmu setelah mendapatkan gelar sarjana. Kalau kamu nggak bisa menciptakan lapangan pekerjaan yang baru, kamu bisa mengirimkan surat lamaran ke perusahaan-perusahaan yang sesuai dengan bidangmu.

Tapi sayangnya, banyak sekali anak muda zaman sekarang yang terlalu selektif dalam mencari pekerjaan. Segala yang mapan diidentikkan dengan duduk di kantor ber-AC dengan kursi yang nyaman. Padahal, ada banyak loh pekerjaan anti-mainstream yang jadi profesi unik dengan bayaran yang nggak main-main.

Dari Hipwee, inilah 5 pekerjaan yang oleh kebanyakan orang nggak pernah terpikirkan, padahal gajinya sangat menggiurkan.

1. Buat kamu pecinta binatang, di Amerika ada pekerjaan sebagai penguji makanan anjing dan kucing. Gajinya? Bukan main!

Udah dicicipin belum? via www.mnn.com

Kalau kamu suka dengan binatang, ada loh profesi sebagai pencicip makanan binatang peliharaan, anjing dan kucing. Tugasnya adalah mencoba kelayakan pangan untuk kedua binatang kesayangan manusia ini dari rasa, tekstur, hingga bau. Nggak perlu ditelan, cicip doang. Sementara untuk gaji, kamu bisa mendapatkan upah hingga Rp1 Milyar per tahunnya. Minat?

2. Masih soal makanan, ada juga pekerjaan pencicip makanan unik dengan gaji di atas normal. Wajar sih, makanannya aneh semua!

Advertisement

Pencicip makanan unik ini bisa dipastikan menjadi profesi yang paling nggak pernah terpikirkan oleh semua orang. Ya, siapa sih yang mau menjadi ‘kelinci percobaan’ untuk mencicipi makanan unik bin aneh? Profesi ini cuma mecicipi makanan berbahan seperti ulat bulu, jangkrik, belalang, dan sebagainya. Untuk profesi ini, per harinya kamu akan digaji hingga Rp10 Juta. Tapi sayangnya, pencicip makanan unik ini nggak ada di Indonesia. 🙁

3. Pernah tahu gaji seorang petugas yang membersihkan TKP? Setahun bisa langsung nikahin gebetanmu

Bersih-bersih TKP. via news.psu.edu

Selain polisi, detektif, dan sebagainya, ternyata mereka juga membutuhkan jasa profesional seorang petugas pembersih tempat kejadian perkara loh. Di Amerika, gaji petugas pembersih TKP ini akan meraup upah hampir Rp1 Milyar per tahunnya. Ya, kalau kamu berani bersihin darah, potongan-potongan tubuh orang yang telah meninggal, dan yang lainnya, kamu boleh mencoba profesi ini.

4. Perias dan pengawet jenazah di Eropa, mendapatkan gaji yang nggak terbayangkan. Di Eropa aja terhitung tinggi, apalagi di Indonesia?

Siapa tahu bangkit kembali……. :p via phoenixambulanceservice.com

Buat kamu yang nggak takut dengan jasad, kamu boleh mencoba profesi sebagai perias dan pengawet jenazah. Tapi sayangnya, pekerjaan ini nggak ada di Indonesia. Kalau pun ada, emang ada yang berani? Sekadar catatan, di Eropa, gaji untuk seorang perias dan pengawet jenazah bisa mencapai Rp500-an juta per tahun.

5. Penjaga Kebersihan Kota di Inggris bisa hidup dengan nyaman. Di Jakarta, mereka bergaji setara dengan freshgraduate tanpa pengalaman

Menggiurkan untuk siapapun yang tanpa pengalaman. via www.youtube.com

Kata siapa menjadi penjaga kebersihan tak menjanjikan dari segi penghasilan? Di Inggris, petugas kebersihan ini digaji bisa sampai Rp25 juta per bulan! Nggak perlu jauh-jauh, di Jakarta pun petugas kebersihan kota dihargai setara dengan gaji mahasiswa yang baru lulus kuliah, sesuai dengan UMP DKI Jakarta. Kabar baiknya, petugas kebersihan ini nggak perlu ijazah atau pendidikan yang mumpuni, yang penting mau turun lapangan dan cinta kebersihan. Nggak berat, ‘kan?

Intinya, jangan pernah melihat suatu pekerjaan cuma karena gengsi. Jangan pula karena minat, apalagi kalau kamu belum punya pengalaman kerja sama sekali. Apapun pekerjaan yang ada, kenapa tidak kamu nikmati saja? Toh, Tuhan telah memberikan rezeki pada tiap orang.