Kamu sedang galau karena skripsi?

Skripsi adalah mata kuliah yang berbeda sendiri dari kelas-kelas lainnya yang kamu ambil selama S-1. Kamu tak hanya harus menandatangani daftar presensi dan duduk mendengarkan ceramah dosen, tapi juga diminta menulis 10,000-15,000 kata tentang suatu fenomena atau topik tertentu.

Karena sifatnya yang lebih menantang, wajar saja jika mata kuliah satu ini ampuh membuat mahasiswa jadi galau dan mendadak hilang arah. Usut punya usut, kegalauan skripsi seringkali bermula dari tidak adanya ide di kepala. Judul ditolak, sementara si mahasiswa tidak ada ide yang lain untuk diajukan.

Padahal jika kamu mau sedikit berstrategi, judul skripsi bisa lebih mudah dibuat lho. Tak perlu berpikir tinggi-tinggi, kadang ide yang brilian justru bisa kamu temukan di sekitarmu kok. Nah, mau tahu bagaimana mendapatkan ide skripsi yang menarik? Berikut ini Hipwee berikan caranya!

1. Mulailah pengembaraanmu mencari judul skripsi dengan bertanya pada diri sendiri: apa minatmu saat ini?

Cari minatmu sekarang via pixabay.com

Advertisement

Mengejarkan skripsi tentu butuh niat yang besar dan semangat yang tak boleh padam. Ide yang benar-benar menarik minatmu berpengaruh besar dalam membantumu mempertahankan niat dan semangat. Nah, saat kamu sedang buntu mencari ide, cobalah duduk, siapkan pulpen dan kertas, lalu bertanyalah pada dirimu:

Sebenarnya apa sih minat akademikku? Dari semua kelas yang pernah kuambil, yang mana yang membuatku merasa tercerahkan atau bahkan berandai-andai ingin mengulangnya?

Misalnya, jika kamu mahasiswa Hukum dengan konsentrasi Hukum Internasional, mungkin kamu merasa tercerahkan ketika pertama kali belajar hukum perang dan ICRC. Atau justru bidang hukum maritim lebih menarik minatmu. Tentukanlah dengan segera dalam hati. Saat kamu bisa menemukan minatmu sendiri, gak jarang kamu bisa lebih menikmati proses pengerjaan skripsimu nanti.

2. Langkahkan kakimu ke perpustakaan. Titik terang bisa kamu dapatkan dari membaca skripsi senior angkatan.

Cari inspirasi di perpustakaan via www.mrwallpaper.com

Gak sedikit mahasiswa yang lulusnya harus tertunda karena terhambat skripsi. Salah satu alasanya adalah tema atau topik skripsi yang tak ada. Tak perlu khawatir, sekarang kamu bisa coba melangkahkan kaki ke perpustakaan jurusan. Lalu bacalah naskah skripsi senior tahun-tahun sebelumnya. Tak perlu membaca skripsi ini sampai habis. Cukup buat dirimu familiar dengan rumusan masalah serta garis besar penelitian para senior angkatan.

Ini adalah cara mendapatkan inspirasi yang mudah untuk ide skripsi. Tapi ingat, daripada dianggap plagiat, pastikan kamu tak melakukan copy paste dari hasil karya kakak angkatan ya. Cukup ambil inspirasi, lalu modifikasi atau subtitusikan variabel penelitian dengan fenomena yang belum pernah diteliti sebelumnya.

3. Mendapatkan ide dari hasil mengorek-ngorek jurnal lama juga boleh saja. Ini bukan plagiat: kamu malah bisa mengembangkan penelitian yang sudah ada.

Utak-atik jurnal biar dapet ide skripsi via instagram.com

Selain mencari ide skripsi dari membaca naskah skripsi yang sudah ada, kamu juga bisa mendapatkannya dari membaca jurnal ilmiah. Kamu bisa memperoleh jurnal di situs internet atau perpusatakaan kampus.

Tak hanya dibaca saja, kamu bisa korek dalam-dalam informasi di dalamnya. Gak jarang suatu jurnal pasti adan “kekurangan” data atau bahkan masih butuh informasi tambahan. Nah, kamu memanfaatkan celah itu sebagai tema skripsimu. Atau mungkin kamu subtitusi dengan bahan yang berbeda.

Mengembangkan ide dengan cara seperti ini bukan berarti kamu plagiat, tapi kadang kamu justru bisa berperan dalam menyempurnakan ilmu pengetahuan yang sudah ada.

4. Ide skripsi bisa kamu dapatkan dari mana saja, salah satunya situs berita yang terpercaya atau media cetak ilmiah.

Baca media buat cari ide skripsi via kb.print.kompas.com

Tak hanya jurnal akademik dan naskah skripsi angkatan yang bisa kamu jadikan cikal bakal ide skripsi, sekarang kamu juga bisa memanfaatkan situs berita terpercaya dan majalah-majalah ilmiah. Dari sana kamu akan mendapatkan informasi terbaru yang bikin otakmu makin terangsang untuk melahirkan ide-ide penelitian.

Fenomena-fenomena yang terjadi sekarang ini bisa menjadi rumusan masalah untuk skripsi. Mungkin kamu mahasiswa geografi, gak ada salahnya kamu bikin penelitian tentang kenapa di suatu daerah sering terjadi bencana. Mungkin kamu mahasiswa politik, kamu bisa mengambil tema tentang perbedaan tingkah politik sekarang dan beberapa dekake sebelumnya. Nah, semakin banyak berita yang kamu serap, gak jarang otakmu bisa semakin semangat untuk menciptakan ide-ide cemerlang untuk tugas akhir.

5. Bertukar pikiran dengan kakak senior bukan hanya bikin kalian makin akrab. Ini juga sumber ide skripsi yang bisa diandalkan.

Cari tema skrispi? Diskusi sama senior via www.slate.com

Kamu sedang PDKT dengan kakak senior? Atau kamu punya teman akrab kakak angkatan? Atau justru punya pacar yang sebidang jurusan kuliahnya? Gak ada salahnya manfaatkan dia untuk bertukar pikiran tentang hal-hal ilmiah seperti tema penelitian skripsi.

Kamu bisa minta dia sharing sedikit tentang skripsinya, atau mungkin jika kamu sudah punya ide tapi ragu untuk menjadikannya tema skripsi, cobalah minta pendapat dan masukannya. Berdiskusilah secara interaktif. Gak jarang kamu bisa menemukan pencerahan atau titik terang untuk skripsian. Dengan begitu, kalian bisa makin akrab, kuliahmu juga cepat kelar.  

6. Saking lamanya menghilang dari kampus, wajar kalau kamu tak punya ide penelitian. Jadi, jangan ragu sit in di kelas yang berhubungan dengan minatmu.

Masuk kelas biar dapet ide skripsi via socialimpact.wharton.upenn.edu

Meski semua teori sudah kelar, ide skripsi yang tak pernah datang seringkali bikin kamu lulus lama. Mahasiswa semester tua yang tak pernah ngampus tapi belum lulus pun harus rela kamu sandang. Gak jarang, saking lamanya menghilang dari kampus justru bikin idemu makin surut.

Untuk mengatasi itu semua, kamu bisa coba sit in di kelas yang berhubungan dengan minat skripsimu. Dengarkan dosen ceramah dan semua diskusi yang terjadi, maka kamu mengingat kembali materi yang dulu pernah kamu dapat. Sekali dua kali menjadi mahasiswa penyelundup bisa memicu otakmu untuk melahirkan ide baru lho.

7. Lulus cepat bukan lagi mimpi. Asalkan kamu mau mengubur mimpi yang satunya lagi: jadi mahasiswa yang sempurna dengan skripsi spektakuler dan IPK brilian.

Skripsi gak usah perfeksionis via saladinafdil.wordpress.com

Banyak mahasiswa yang lulus lama karena terlalu perfeksionis untuk membuat skripsi yang bertema berat dan berskala internasional. Alih-alih bisa lulus cepat, kadang kamu justru membutuhkan waktu yang lama dan ilmu yang dalam untuk menyelesaikannya. Nah, jika kamu sudah dipenghujung batas waktu kuliah, cobalah sedikit realistis dengan membuat skripsi yang ringan-ringan saja.

Kamu bisa buat tema yang bisa dilakukan dengan metode yang mudah, memungkinkan untuk diselesaikan cepat, dan gak terlalu kompleks. Karena skripsi adalah ajang untuk latihan penelitian, gak dosa kok kalau kamu pilih tema yang mudah. Gak mau ‘kan kamu terancam DO hanya karena skripsi?

8. Kamu berancana lanjut S2? Buatlah tema skripsi yang bisa dijadikan tesisimu kelak.

Tema skripsi dari syarat beasiswa via experienceetc.blogspot.com

Mungkin kamu sudah punya rencana panjang untuk masa depan. Lulus kuliah, daftar beasiswa, kuliah S-2, lalu fokus kerja di bidang yang kamu suka. Nah, hal ini bisa menjadi patokan untuk tema skripsimu sekarang.

Biasanya, para penyandang dana beasiswa mensyaratkan pengalaman penelitian dalam suatu bidang tertentu. Kamu jadikan syarat atau rencana tesisimu kelak sebagai tema besar skripsianmu sekarang. Sembari menyelesaikan sarjana, kemungkinan mendapatkan beasiswa akan jauh lebih besar jika kamu mengambil tema yang disyaratkan. Jauh lebih menguntungkan ‘kan?

9. Sudah punya ide, tapi masih tak yakin soal kualitasnya? Jangan buang ide itu sebelum meminta pendapat dosen pembimbingmu.

Konsultasi dengan dosen pembimbing skripsi via www.imperial.ac.uk

Selain perfeksionis, rasa ragu dan rendah diri sering menjadi hambatan untuk bisa lulus cepat. Mungkin kamu sudah melakukan tips di atas, tapi kamu masih kurang merasa percaya diri dengan idemu sendiri. Kamu masih merasa kurang. Kamu masih merasa idemu terlalu remah-remah. Kamu merasa tema yang kamu pikirkan terlalu sulit untuk dikerjakan. Sadarlah, kamu punya dosen pembimbing yang siap menjadi teman diskusi.

Buang jauh rasa mindermu, cobalah ajukan list judul skripsi pada dosenmu. Mintalah pendapatanya dan masukan apakah temamu memang memungkinkan. Terkadang kamu akan mendapatkan masukan yang jauh dari perkiraan. Tema yang selama ini kamu anggap remah-remah, bagi beliau temamu itu malah dinilai bagus dan bisa dikembangkan jadi lebih bagus lagi.

10. Selain bisa menghemat uang, gabung dalam proyek dosen juga bikin kamu tak perlu lagi pusing-pusing cari tema skripsi.

Ikut proyek biar dapet tema skripsi via www.thirdyearabroad.com

Selain membuat skripsi secara mandiri, sekarang kamu juga bisa nebeng dosen. Caranya adalah dengan ikut proyek. Mungkin salah satu dosen di kampusmu  sedang melakukan penelitian yang mendapatkan hibah dari pemerintah. Gak jarang beliau akan membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk ikut serta mengerjakannya. Nah, kamu tak boleh ketinggalan untuk mendaftar jadi salah satu bagian darinya.

Sembari membantu beliau, proyek ini juga bisa kamu jadikan sebagai judul skripsi. Selain jadi lebih hemat dana, kamu juga tak perlu lagi pusing-pusing mencari tema. Menguntungkan ‘kan?

Nah, sudah sedikit mendapatkan pencerahan untuk tema skripsi? Lulus kuliah cepat bukan hal yang mustahil, asal kamu bisa menyelesaikan skripsi sesegera mungkin. Tanpa hanya menunggu wangsit tentang ide skripsi fenomenal datang, hal-hal ini bisa kamu lakukan agar kuliahmu cepat kelar.

Semoga cepat sidang proposal ya! 🙂