Kado adalah tanda cinta dan bentuk penghargaan yang diberikan pada orang spesial di momen spesial. Ulang tahun, wisuda, hari jadi pacaran, hari pernikahan atau bahkan hari random saat kamu kebetulan sedang punya uang. Demi membuat orang spesialmu bahagia, tentu kamu akan memberikan kado terbaik sesuai kemampuanmu.

Agar orang yang kamu beri hadiah merasa lebih senang lagi, bukan hanya isi kadonya yang harus kamu perhatikan. Bungkusnya pun juga. Tak perlu pergi ke jasa pengemasan, sekarang kamu bisa bungkus kadomu dengan cara-cara seperti berikut ini. Hanya dengan cara sederhana, kadomu bisa terlihat lebih istimewa.

1. Minimnya waktu untuk membungkus bukan alasan untuk memberikan kado asal-asalan. Bungkus saja kadomu dengan kain furoshiki ala Jepang

Furoshiki floral via www.cucicucicoo.com

Membungkus kado yang cantik seringkali membuat waktumu tersita. Yang di atas kertas terlihat simpel saja jadi belibet ketika kamu coba mempraktikkannya. Tapi membungkus kadomu dengan kain furoshiki ini benar-benar simpel, kok. Cukup bikin saja kainmu sendiri dari perca yang sudah kamu potong menjadi bentuk persegi.

Furoshiki sebenarnya nama yang disematkan orang Jepang pada kain persegi empat pembungkus bekal makan. Ukuran kain ini sendiri bisa besar dan bisa saja kecil, tak masalah. Motifnya pun bisa apa saja, dari buah-buahan sampai bunga-bunga.

Advertisement

Jadi gimana cara membungkus kado dengan furoshiki? Pertama, letakkanlah kain persegi empatmu di atas meja. Lalu letakkan kadomu di bagian tengah. Setelah itu tutup barangmu dengan cara menarik dua sudut persegi yang saling berhadapan ke bagian tengah. Kemudian tarik lagi dua sisi sisanya dan ikat juga di bagian tengah. Mudah banget, ‘kan?

2. Tanpa harus bayar jasa pengemasan, kamu bisa buat sendiri kado berbentuk pita seperti ini.

Caranya via ohhappyday.com

Hasilnya! via ohhappyday.com

Banyak orang menilai kado dari bentuk luarnya lebih dulu. Itulah pentingnya bentuk kemasan yang lucu. Nah, salah satu bungkusan yang bisa kamu ciptakan adalah bungkusan pita raksasa ini.

Tenang, caranya mudah kok. Pertama-tama guntinglah kertas kado polos berukuran jumbo dengan bentuk persegi panjang. Lalu bungkus kadomu dengan melipat kertasmu ke bagian tengah dan rekatkan dengan selotip (4). Setelah itu lipat dua sisi yang lain hingga berbentuk seperti amplop (5-6). Kemudian penyokkan bagian tengah bungkusan agar berbentuk seperti pita (7-8). Barulah sekarang kamu pasangkan guntingan kertas agar bentuk pita tidak mudah lepas (9). Sekarang bungkusan kado yang cantik siap diberikan para orang tersayang.

3. Berikan dia kado yang terbungkus dengan karton tisu gulung! Selain bikin dia merasa senang, lingkungan pun ikut terselamatkan

Nggak nyangka ‘kan kalau karton tisu juga bisa jadi bungkus kado? via romanianmum.com

Membungkus kado yang indah itu tak melulu harus mengeluarkan banyak uang, sekarang kamu bisa gunakan karton bekas tissu gulung yang sudah tak digunakan. Langkahnya mudah kok.  Pertama-tama kamu pipihkan karton, lalu masukan kadomu. Setelah itu tekan semua tepian kerton ke bagain dalam hingga berbentuk seperti pada gambar. Nah, agar lebih cantik kamu tempelkan kertas kado atau kain bermotif di bagian permukaan. Tambahkan pita agar lebih menawan.

Dengan kado seperti ini, dijamin dia pasti akan merasa senang. Selain itu, kamu juga bisa turut menyelamatkan lingkungan.

4. Mason jar tak melulu kudu diisi makanan. Kadomu juga bisa tampil manis di dalamnya

Bungkus kadomu dengan mason jar via astepinthejourney.com

Mau bikin kadomu terlihat dari luar dan dilirik karena unik? Gunakanlah mason jar atau botol selai sebagai pengemasnya. Pasti dia akan merasa terpesona.

Pertama, cucilah mason jar hingga bersih. Lalu masukkan kadomu ke dalamnya. Agar lebih menarik, kamu juga bisa menambahkan pasir atau taburan bunga di dalamnya. Setelah itu tutup botolmu dengan sehelai kain persegi empat. Kemudian, pasangkan tutup botol yang sebenarnya. Percantik dengan melingkarkan pita. Selesai!

5. Kadomu akan terasa lebih spesial dengan kemasan menawan. Nggak ada salahnya kamu membungkusnya dengan bunga seperti ini

Kado bunga via www.blissevent.ca

Kreasi bungkus kado memang tidak ada matinya, gak jarang kamu jadi bingung memilihnya. Tapi Hipwee sarannya,pilihlah model yang indah dan mudah diaplikasikan, seperti halnya berbentuk bunga.

Caranya: pertama-tama siapkan kertas krep berbentuk persegi panjang. Lalu lipat menjadi beberapa lapisan dan gunting sisi bagian atasnya sehingga membentuk pola segitiga (lihat gambar). Setelah itu, letakkan barangmu di permukaan kertas, kemudian gulung. Pasangkan lem di bagian bawah kertas dan ikatkan pita di bagian atasnya. Jangan lupa tekuk kertas ke arah luar agar bentuknya mengembang seperti kelopak bunga. Kado indahmu sudah siap diberikan pada orang tercinta.

6. Bungkus kadomu dengan guntingan ujung lengan sweater! Dijamin dia pasti tak akan pernah lupa

Dari ujung lengan sweater bekas! via www.gratefulprayerthankfulheart.com

Bungkus kado yang indah juga bisa diciptakan dari barang yang sudah tak digunakan lho. Misalnya, baju wol atau sweater lamamu. Caranya mudah kok. Gunting lengan bajumu sepanjang 15 cm, lalu jahit salah satu sisinya. Sudah jadi? Nah, sekarang kamu sudah punya sebuah kantong kecil dari lengan baju bekasmu. Kamu tinggal memasukkan kado spesialmu ke dalamnya, lalu tambahkan pita atau renda yang manis untuk mengikatnya. Jadi deh! Kado unik sudah siap untuk diantar. Dijamin dia pasti akan merasa senang, dan tak pernah lupa dengan kado yang kamu berikan.

7. Budaya furoshiki ala Jepang punya segudang cara pembungkusan. Selain di poin nomor 1 tadi, model lainnya yang bisa kamu coba adalah model ini

Model lilitan furoshiki via www.cucicucicoo.com

Selain cara nomor satu, Jepang masih punya segudang cara lain untuk mengikat kado. Nah, salah satu furoshiki yang bisa kamu terapkan adalah model lilitan. Caranya, kamu gelarkan kainmu persegi empat di atas meja. Lalu letakkan barangmu di bagian sudut. Kemudian gulung kainmu hingga terbentuk gulungan yang memanjang. Setelah itu ambillah dua ujung yang berhadapan dan ikatkan mereka di bagian atas. Jadi deh!

Caranya cukup mudah ‘kan? Mau coba?

8. Kertas koran bisa tetap membuat kadomu terlihat indah, asalkan kamu menambahkan hiasan bunga di atasnya

Meski hanya kertas koran, kadomu masih bisa terlihat indah dan sopan kok. Asalkan kamu mau mengeluarkan usaha lebih dengan menghias bagian atas kado dengan bunga.

Untuk membuat kado ini, kemas saja kadomu seperti biasa dengan kertas koran sebagai kertas kadonya. Nah, untuk membuat bunganya sendiri, ini yang perlu kamu lakukan:

Pertama, gulunglah kertas kado hingga berbentuk persegi panjang. Lalu gunting kertas-kertas itu menjadi bagian kecil dengan lebar masing-masing 2 cm. Setelah itu tempelkan 10 guntingan itu menjadi satu dan pasang selotip. Lalukan hal yang sama hingga kamu punya 5-8 ikat gulungan. Satukan semua ikatan menjadi satu buket bunga. Ikat lagi dengan selotip dan pasang di atas bungkusan kado menggunakan perekat.

Sekarang bunga yang merekah di atas kotak kado sudah tercipta. Meski hanya menggunakan kertas koran, kado yang kamu berikan tetap terlihat indah dan sopan.

9. Hanya dengan sedikit sentuhan kain lace, kadomu yang tadinya tampak biasa saja bisa terlihat istimewa

Bungkus dengan lace via ribbons.com

Mempersembahkan kado eksklusif itu tak harus dengan boks yang indah nan mahal. Cukup gunakan saja kain lace sebagai pemanis. Kamu bisa menggunakannya sebagai pelapis tambahan, atau menjadikannya pembungkus utama.

Cara membungkusnya, letakkanlah kain brukat ini di atas meja. Lalu tempatkan kadomu tepat di atasnya. Setelah itu, lipat dan ikat kain dengan tali atau benang wol. Untuk mempercantik, selipkan saja satu-dua tangkai bunga. Cara yang sederhana untuk tampil mewah, ya?

10. Mau memberikan bunga pada orang tercinta? Tanpa harus menggunakan jasa profesional, buket bunga yang cantik ini bisa kamu dapatkan

Buket bunga via id.pinterest.com

Kamu ingin memberikan kado bunga pada orang tercinta? Tak ada salahnya kamu kemas buketmu sendiri biar lebih cantik. Caranya, siapkanlah plastik putih yang lebar – bisa kamu dapatkan dengan membelah plastik yang semla berukuran kecil – kemudian tambahkan lembaran tisu yang berfungsi menyerap air. Letakkan pangkal bunga di atasnya dan kemas menggunakan selotip hingga kencang.

Setelah itu, kamu siapkan kertas krep yang lebar dan berbentuk persegi panjang. Letakkan bunga pada bagian tengah, lalu tarik ujung kertas yang berada di bagian bawah tangkai. Kemudian tarik yang berada di sisi kanan dan kiri. Ikat kencang dengan tali. Nah, buket indah buatan sendiri sudah bisa kamu ciptakan dengan langkah yang praktis. Dia pasti akan merasa bahagia saat kamu kirimu hadiah semacam ini.

Kesan pertama seseorang pada barang pemberian adalah tampilan luar. Nah, agar mereka merasa senang, buatlah bungkusan yang indah dan menarik perhatian. Tanpa harus bayar jasa mahal-mahal, sekarang kamu bisa mengandalkan 10 cara bungkus kado yang Hipwee berikan di atas!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya