Jika tubuh butuh olahraga, otak manusia perlu dijaga dan dilatih agar tetap prima. Memilih cara-cara yang tepat dan rutin melakukan “olahraga” otak akan meningkatkan kecerdasan dan fokusmu. Jika tak bisa bijaksana melatih otak, kemampuan berpikirmu pun lama kelamaan akan menurun.

Nah, agar tetap cerdas dan punya kemampuan berpikir yang prima, berikut ini cara-cara sederhana yang bisa kamu terapkan sehari-harinya. Gimana sih caranya? Langsung simak, yuk!

1. Mulailah dengan cara yang paling gampang. Rajin-rajinlah bangun pagi dan hindari kebiasaan begadang.

tidur lebih awal dan bangun pagi via favim.com

Advertisement

Salah satu penyebab lemahnya konsentrasi adalah kurang tidur. Kamu mungkin terbiasa tidur larut malam lantaran mengerjakan tugas kuliah atau menyelesaikan tanggungan pekerjaan. Sayangnya, kebiasaan ini justru akan semakin memperburuk produktivitas dan kinerjamu saat esok harinya.

Normalnya kita butuh waktu tidur antara 6-8 jam setiap malamnya. Waktu tidur yang cukup membuatmu bangun dalam kondisi yang bugar. Setelahnya, kamu pun akan melewatkan pagi harimu dengan fokus dan produktivitas yang maksimal. Bahkan, ketajaman berpikir dan kinerjamu pun akan tetap optimal selama seharian bekerja.

2. Jangan terlalu lama memelototi layar televisi, karena kebiasaan ini akan melemahkan kemampuan otakmu sendiri.

kurangi menonton televisi via weheartit.com

Banyak orang yang percaya bahwa menonton televisi bisa jadi salah satu kegiatan yang sebenarnya merugikan. Pasalnya, berdiam diri di depan layar televisi nyatanya tak melatih kinerja otakmu atau sama saja melemahkan kemampuan berpikirmu. Bayangkan, berapa jam sehari yang sudah kamu habiskan untuk menonton televisi? Selama itu pula berarti kamu membiarkan otakmu menganggur.

Advertisement

Matamu pun akan merasakan kelelahan karena terlalu lama terpapar cahaya dari layar televisi. Demi mengusir bosan atau mengisi waktu luang sebaiknya lakukan kegiatan lain seperti membaca buku atau mendengarkan musik. Ada kalanya televisi bisa jadi sumber informasi, tapi ketika kamu tak bisa bijaksana menggunakannya justru efek negatiflah yang akan kamu terima.

3. Demi merangsang kinerja otakmu, jangan antipati atau enggan menjajal hal-hal baru.

gunakan waktumu mengakrabi hal-hal baru via www.globalcool.org

Yup, melakukan kegiatan yang sebelumnya belum pernah dilakukan atau mengakrabi hal-hal baru adalah salah satu cara merangsang kinerja otakmu. Jangan biarkan dirimu terjebak dalam rutinitas dan terpatok mengerjakan hal-hal yang itu-itu saja. Otakmu selayaknya bisa terus diberi rangsangan lewat cara-cara yang sederhana; mengubah rute perjalanan saat pergi ke kantor, belajar memasak menu baru setiap akhir pekan, atau menjajal game baru yang belum pernah kamu mainkan.

4. Setiap ada waktu luang, biarkan dirimu sejenak tenggelam dalam buku-buku bacaan.

biarkan dirimu tenggelam dalam buku-buku bacaan via abcreads.blogspot.com

Membaca mungkin bukanlah hobi yang banyak peminatnya. Mereka yang suka membaca pun bisa jadi lebih tertarik dengan bacaan-bacaan ringan atau cerita-cerita fiksi yang lebih nyaman dibaca. Padahal, jika ingin meningkatkan kemampuan berpikir dan menulis, kamu sebaiknya memilih buku-buku yang bisa menyita fokusmu.

Novel klasik, ensiklopedia, buku kumpulan teori-teori ilmiah bisa jadi lebih menantang untuk dibaca. Bacaan jenis ini akan merangsang otak bekerja ekstra lantaran setiap kalimat atau paragrafnya mungkin tak mudah dipahami dalam sekali baca. Kamu pun akan menemui istilah atau kata-kata yang jarang digunakan sehingga membuka kamus jadi salah satu solusinya. Dengan begitu, otakmu akan benar-benar terlatir untuk berpikir kritis.

5. Agar tubuh dan pikiran tetap prima, satu-satunya yang harus kamu lakukan adalah rutin berolahraga.

olahraga = menjaga tubuh dan pikiran prima via www.learntolive.com

Banyak dari kita yang menganggap kebutuhan berolahraga itu tak cukup penting. Padahal, selain asupan makanan bergizi, kegiatan olahragalah yang akan menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Rutinitas pekerjaan dari hari Senin hingga Jumat atau rasa malas beraktivitas saat akhir pekan seharusnya tak jadi alasan. Manfaat besar yang bisa dihasilkan jika kamu rutin berolahraga jelas tak bisa diabaikan begitu saja.

6. Jangan takut dibilang “kepo”. Toh, memperkuat rasa ingin tahu memang dapat melatih kerja otakmu.

perkuat rasa ingin tahumu via hannahebroaddus.com

Pemahaman orang akan rasa ingin tahu mungkin sudah bergeser. Jika dahulu rasa ingin tahu punya makna positif, saat ini banyak yang justru menganggapnya sebagai hal negatif.

Saat adikmu baru saja masuk kuliah,

Kamu: “Dek, kuliah di Jurusan Hukum itu ngapain aja, sih?”

Adik: “Ya gitu deh. Gak usah kepo deh, Kak!”

Kamu: (bengong sambil ngelus dada)

Mungkin, kasus seperti di atas dianggap sebagai lelucon semata. Sayangnya, sadar atau tidak hal tersebut akan membiasakan kita bersikap acuh. Padahal, rasa ingin tahu selayaknya bisa diperkuat karena cara inilah yang akan meningkatkan kemampuan berpikirmu. Jadi jangan ragu untuk terus merasa ingin tahu, ya. “Kepo” dalam batas-batas tertentu itu justru baik untukmu, kok 🙂

7. Perkara makan juga wajib diperhatikan. Pastikan asupan nutrisi dalam tubuhmu sudah seimbang.

konsumsi makanan sehat via hannahebroaddus.com

Apa saja yang kita makan akan sangat berpengaruh pada kondisi dan kinerja otak. Umumnya, otak akan menggunakan lebih dari 20% nutrisi dan oksigen yang diserap oleh tubuh. Jadi, agar kemampuan berpikirmu tetap prima, berikan tubuhmu asupan makanan-makanan yang sehat dan bergizi tinggi. Buah-buahan segar, sayur-sayuran, dan makanan-makanan dengan kandungan Omega 3 yang tinggi bisa jadi pilihan tepat.

8. Jangan biarkan otakmu jadi manja. Kalkulator untuk menghitung atau GPS sebagai penunjuk jalan wajib digunakan seperlunya saja.

latih otakmu dengan berhitung secara manual via www.moneycation.com

Teknologi memang diciptakan memberikan kemudahan, tapi bukan berarti kita boleh bermalas-malasan. Apakah benar GPS membuatmu malas menghafal jalan atau mengenal arah? Bukankah kalkulator membuat kemampuan hitungan manualmu semakin melemah?

Yup! Tak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi hadir bagi dua sisi mata uang. Selain dampak positif yang diberikan, ada pula dampak negatif yang dibawanya. Ketergantungan pada teknologi terbukti bisa melemahkan kemampuan otak kita, ‘kan?

9. Jauhi rasa cemas atau khawatir yang berlebihan. Supaya tetap produktif, pikiranmu harus diisi hal-hal yang positif.

selalu berusaha berpikir positif via youqueen.com

Stres, cemas, atau rasa khawatir yang berlebihan adalah salah satu yang menurunkan kemampuan berpikirmu. Kamu tak bisa menggunakan otakmu secara maksimal lantaran terbebani dengan berbagai hal buruk yang kamu bayangkan sendiri. Ketika tak bisa menguasai dirimu sendiri, pikiran-pikiran negatif itu akan jadi distraksi bagi pekerjaan atau tugas-tugasmu. Kuncinya, kuasai dan tenangkan dirimu sendiri. Singkirkan berbagai pikiran negatif yang memenuhi kepalamu dan gantikan dengan pikiran positif yang justru akan mendukung kinerjamu.

10. Di sela-sela rutinitas, luangkan waktu untuk sejenak mengevaluasi diri dan membuat prioritas.

luangkan waktumu untuk merenung via www.huffingtonpost.com

Seringkali kita terlalu sibuk menjalani hidup, tanpa menyadari bahwa terlalu banyak pekerjaan dan kegiatan yang membuat kita kewalahan. Akibatnya, kamu jadi sulit berkonsentrasi atau fokus dengan pekerjaan yang sedang dilakoni. Tubuhmu pun mungkin saja kelelahan; tak bisa dipaksakan untuk menyelesaikan semua pekerjaan.

Di saat inilah kamu layak segera merefleksi hidupmu sendiri. Apakah kamu sudah bisa membuat prioritas, atau kamu hanya gegabah dan jumawa karena ingin bisa menyelesaikan semuanya? Di sela-sela rutinitas, luangkan waktu untuk sejenak tenang dan membuat prioritas. Fokuslah pada hal-hal yang memang penting dan jadi tujuan utamamu. Bukan berarti bermalas-malasan, daftar prioritas justru akan membuatmu lebih fokus menuntaskan pekerjaan.

Nah, gimana? Apakah kamu termasuk yang sudah mengamalkan cara-cara di atas? Jika belum, mulai terapkan hal-hal di atas agar kamu makin cerdas dan bisa berpikir prima, ya! 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya