Aktivitas yang bisa meningkatkan kualitas ingatan seseorang adalah hal-hal yang bisa mengajarkan sesuatu yang baru, menantang, skill yang kamu bangun, dan rewarding atau menarik untukmu. Belajar tekun dan rajin membaca mungkin bisa jadi salah satu solusi kalau ingatanmu itu mau dilatih dan diasah kepekaannya.

Tapi, mungkin kamu nggak akan nyangka kalau hal-hal sesepele ini juga bisa meningkatkan kualitas ingatanmu, kalau nggak percaya kamu harus nyobain satu-satu dulu! Berikut Hipwee Tips paparkan fakta-faktanya…

1. Tidur di jam yang sama secara konsisten ternyata banyak manfaatnya, dari bikin sehat sampai mempertajam ingatan

Tidur di jam yang sama via fullcirclefoods.com

Penelitian membuktikan bahwa tidur diperlukan untuk konsolidasi memori, caranya dengan meningkatkan aktivitas memori yang terjadi selama tidur berlangsung. Tidur yang cukup akan membantumu mendapatkan spektrum penuh siklus nokturnal yang sangat penting untuk mengoptimalkan otak dan tubuh ketika bangun nanti. Hasilnya akan makin baik ketika kamu bisa membuat jadwal tidur dan bangun di jam yang sama.

2. Kepalkan tangan kanan saat ingin mengingat sesuatu, dan cukup kepalkan tangan kiri ketika suatu saat kamu ingin memanggil ingatan itu

Asik kan kepal-kepalan tangan sama doi via kawankumagz.com

Advertisement

Buat kamu yang susah menghafalkan nama orang, tips ini akan sangat membantumu. Metode ini ditemukan oleh Ruth Propper dalam penelitiannya di Montclair State University, New Jersey.

“Kepalkan tangan kanan ketika kamu sedang berusaha mengingat sesuatu. Dan kepalkan tangan kiri kalau kamu ingin mengingatnya lagi. Untuk kamu yang kidal gunakan tangan sebaliknya, ya!”

Ketika kamu mengepalkan tangan maka artinya kamu sedang mengaktifkan sisi otak yang menangani fungsi untuk mengingat. Untuk kamu yang tidak kidal, otak kanan berguna untuk mengontrol dan sebaliknya untuk kamu yang kidal.

3. Ciumlah bau mawar setiap bangun di pagi hari, kalau nggak pengen ingatanmu hilang-hilang lagi

Wanginya mawar emang dahsyat via huffingtonpost.com

Para peneliti meyakini bau merupakan alat untuk memanggil ingatan yang paling kuat, terutama untuk memanggil sebuah kenangan yang sangat dalam. Hal ini karena bau ditangkap oleh indera hidung dan langsung ditujukan ke pusat memori. Metode ini sangat bagus dan disarankan untuk ujian.

“Gunakan bau-bau wewangian seperti mawar saat kamu sedang belajar untuk ujian. Atau gunakan benda-benda sesederhana lip balm, yang penting baunya khas untukmu.”

Akan makin baik kalau kamu mencium bau-bau wangi setiap bangun tidur karena otakmu bisa jadi database yang lebih terorganisir.

4.  Minum kopi nggak cuma buat gengsi masa kini, karena manfaatnya bisa makin menajamkan ingatanmu lagi

Srupuuuut via huffingtonpost.ca

Kopi ternyata bukan hanya gaya hidup lho, guys! Kopi benar-benar dapat meningkatkan memorimu. Sebuah studi menyimpulkan bahwa kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan retensi memorimu.

“Minum secangkir kopi tiap pagi tanpa banyak tambahan krim dan gula.”

5. Jangan lupa menyempatkan sarapan, makin baik kalau menunya mengandung elur olahan

sarapan bergizi via besthomechef.com.au

Menurut Larry McCleary M.D, penulis The Brain Trust Program, telur adalah menu sarapan yang ideal. Telur mengandung vitamin B yang membantu sel saraf membakar glukosa. Telur juga mengandung antioksidan melindungi kerusakan neuron. Selain itu juga mengandung asam lemak omega-3 yang menjaga sel saraf tetap dalam kecepatan optimal.

6. Ini kelihatan remeh-temeh banget sih, tapi penelitian menunjukkan bahwa melihat foto kucing kecil lucu berdampak pada ingatan

kucing unyu 🙂 via youtube.com

Nggak cuma bikin hangat dan gemes tapi juga membantumu untuk lebih berkonsentrasi, lho! Peneliti dari Universitas Hiroshima Jepang melakukan penelitian mengenai ini dan ternyata hasilnya benar-benar efektif, ingatan para sampel meningkat dengan rata-rata 44%.

7. Goyangkan mata kapanpun saat kamu ingat untuk melakukannya, sederhana tapi besar gunanya

Yoga mata dulu mba via glamasia.com

Goyangkan matamu dari satu sisi ke sisi yang lain, baik secara horizontal maupun vertikal, selama 30 detik untuk meningkatkan konsentrasi. Hal ini dilakukan karena sisi kiri dan kanan otak melakukan fungsi yang berbeda, dan menggotangkannya dapat meningkatkan komunikasi dan kinerja mental keduanya. Berdasarkan Jurnal Brain and Cognition, gerakan horisontal mata dapat mengingat lebih banyak kata.

8. Kamu mungkin nggak percaya, tapi makan permen karet bisa meningkatkan ingatan memang benar adanya

ngunyah permen karet via mnn.com

Studi dari para psikolog di UK membuktikan kalau memakan permen karet bisa meningkatkan kualitas ingatanmu. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan kualitas ingatan orang yang sedang memakan permen karet dan yang tidak memakannya selama tes beralangsung. Dan hasilnya menakjubkan, orang yang makan permen karet ingatan jangka panjang maupun pendeknya lebih baik dari yang tidak memakannya.

Ternyata ini karena aktivitas di otak terutama bagian hippocampus meningkat saat kamu sedang mengunyah. Ada juga yang mengungkap ini berkaitan dengan insulin yang diproduksi selama mengunyah.

9. Mainkan permainan otak selama 20 menit tiap harinya, hati senang ingatanpun makin nambah kualitasnya

Coba pecahin yang ini via youtube.com

Bermain game yang bisa mengasah otak terbukti bisa menajamkan berbagai macam keterampilan, dan masih banyak manfaat lainnya. Hal ini diungkap oleh Dr. Michael Merzenich, Profesor Emeritus daro University of California.

Kamu bisa menemukan berbagai macam game asah otak ini di android maupun di website. Mainkan permainan selama 20 menit per hari.

10. Banyakin nonton komedi atau ngeliatin muka temanmu yang lucu biar kamu lebih sering tertawa, karena ini manfaatnya luar biasa

ketawa-ketiwi via tirbunnews.com

Tertawa dapat menurunkan kadar kortisol, yaitu zat yang jika jumlahnya berlebih dapat merusak hippocampus. Bagian hippocampus bagian otak yang berkaitan dengan memori jangka pendek. Karena itulah, tertawa memberikan dampak sebaliknya yaitu meningkatkan ingatan jangka panjang.

Mana nih yang mau kamu coba duluan? Bagus juga lho kalau dipraktikkan pas mau ujian :))

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!