Setelah bertahun-tahun pacaran atau menjomblo sekian lama, akhirnya ada seseorang yang membuatmu yakin untuk meminangnya menjadi pasangan halal yang mendampingi dalam setiap langkah kehidupan.

Setelah rasa mantap itu ada — lamaran adalah langkah selanjutnya yang harus kamu lakoni agar benar-benar bisa hidup bersamanya. Jangan mengira proses lamar-melamar ini hal yang mudah lho. Selain deg-degan kemungkinan tidak diterimanya juga besar.

Daripada sekadar bilang,

Will you marry me?

Kenapa tidak mencoba ide-ide lamaran unik yang Hipwee paparkan di sini?

1. Tanpa perlu banyak properti, kamu bisa manfaatkan koran dan anggota keluarga yang berjajar pinggir jalan untuk memintanya menjadi teman hidup selamanya.

Advertisement

Lamar dengan koran yang berjajar di bangku taman via www.theknot.com

Melamar adalah momen yang akan dikenang  wanita hingga kapanpun. Maka, gak ada salahnya kamu lakukan prosesi lamaran pribadi yang mengesankan. Salah satu caranya adalah melamarnya di pinggir jalan. Kamu hanya butuh beberapa koran bekas yang ditulis kalimat marriage proposal. Kamu bisa pilih lokasi yang biasa dia lewati saat berangkat kerja. Lalu kamu ajak anggota keluarga atau teman untuk duduk di tepi jalan sambil membaca koran.

Nah, saat dia lewat, kamu bisa membuatnya terkejut dan lanjut melamarnya di depan anggota keluarga. Dengan cara ini, dijamin dia tak akan melupakan momen lamaranmu sepanjang hidupnya.

2. Memberi kado ulang tahun berupa cincin lamaran pasti akan membuatnya berbunga-bunga. Kalau begini prosesi berlututmu tak akan sia-sia

Lamar dia saat hari ulang tahun via www.youtube.com

Ulang tahun adalah momen paling penting yang selalu diingat setiap orang, tak terkecuali dengan wanita yang kamu cinta. Nah, daripada bingung menentukan waktu lamaran, gak ada salahnya kamu manfaatkan momen ulang tahun untuk memintanya menjadi istrimu.

Mungkin kamu bisa memanfaatkan pesta ulang tahun yang dia gelar atau kamu ajak dia makan malam bersama. Setelah memberikan ucapan ulang tahun, kamu mengeluarkan cincin lamaran dan mintalah padanya untuk menjadi pendampingmu selamanya. Dengan cara romantis ini, dijamin hatinya pasti akan meleleh dan berbunga-bunga. Dan hari ulang tahun ini akan dia kenang selamanya.

3. Punya banyak teman? Inilah saatnya memanfaatkan meraka untuk menyatakan lamaran dengan flash mob di ruang terbuka.

Melamar dengan flash mob via www.youtube.com

Lamaran adalah hal penting menuju pernikahan, maka gak ada salahnya kamu coba lakukan dengan cara-cara yang unik dan romantis agar selalu teringat. Salah satunya dengan memanfaatkan teman-temanmu untuk melakuan flash mob – tiba-tiba datang ke jalan dan melakukan gerakan tarian- .

Pertama-tama kamu ajak wanitamu jalan-jalan ke ruang terbuka. Lalu buatlah skenario agar teman-temanmu -atau bayaran- tiba-tiba datang dan melakukan flash mob di depanmu. Pada gerakan akhir, kamu bisa ikut gerakan lalu tawarkan cincin padanya. Dengan cara ini, dia pasti akan terpana dan merasa terharu dengan apa yang kamu lakukan. Dia juga tak akan menolak kamu memasangkan cincin di jemari manisnya.

4. Awali niat sucimu di tempat pertama kali kalian bertemu. Agar cinta kalian akan menjadi selalu baru.

Lamar dia di tempat pertama kalian berjumpa via howheasked.com

Mungkin hubungan kalian sudah terjalin bertahun-tahun, maka lamaran adalah hal yang paling dinanti-nanti olehnya. Jika kamu ingin melamarnya dengan cara yang romantis, maka kamu bisa melakukannya di tempat pertama kalian berjumpa.

Mungkin kalian pertama berjumpa di sebuah taman dekat kampus atau stadion olahraga. Ajaklah dia berjalan-jalan dan nostalgia ke sana. Sembari bercerita banyak hal agar tak ketahuan, kamu bisa mengakhiri percakapan dengan bertekuk lutut dan memberikan cincin lamaran yang sudah kamu siapkan. Lalu mintalah dia menerimanya dan menjadi pendampingmu selamanya. Gak jarang dia pasti akan menitikkan air mata saking bahagia.

5. Tak melulu harus lamaran di restoran yang mahal, pemandangan di puncak gunung juga bisa jadi latar indah untuk prosesi lamaran.

Melamar di puncak gunung via howheasked.com

Romantis adalah “makanan” bagi para wanita. Jika kamu ingin dia menerima lamaranmu, maka cobalah lakukan dengan cara-cara yang membuat dia berbunga-bnga. Mungkin selama ini kamu mengenalnya sebagai wanita tomboy yang suka kegiatan outdoor. Tanpa harus menyuruhnya menggunakan dress dan makan malam di restoran mahal, kamu bisa melamarnya waktu kalian mendaki gunung bersama.

Jika pendakian sudah sampai puncak, kamu bisa keluarkan cincin lamaran dan pinanglah dia untuk menjadi istrimu kelak. Bagi wanita, tindakan romantis ini pasti tak akan membuatnya ragu untuk menerima. Maka dia akan merasa terharu saking bahagianya.

6. Jika buku adalah hal yang paling dia cinta, selipkan saja cincin lamaran di dalamnya. Dia pasti akan terkesima.

Lamar dia dengan cincn yang kamu sematkan di buku via www.trendhunter.com

Jika kekasihmu adalah seorang pecinta buku, maka kamu bisa menggunakan buku sebagai media untuk melamarnya. Kamu bisa membuat lubang di dalam buku dan meletakkan cincin di dalamnya. Lalu, kamu ajak dia ketemuan dan berikan buku itu padanya. Agar tak ketahuan, jadikanlah buku itu sebagai kado ulangtahun atau kado wisudanya. Kemudian biarkan dia membukanya di depanmu. Setelah itu, katakanlah bahwa cincin itu tanda kamu ingin dia menjadi istrimu. Nah dengan tempat cincin seperti ini, gak jarang dia pasti akan merasa bahagai dan tak menolak untuk menjadi pandampingmu selamanya.

7. Kalau kamu punya nyali, coba lamar dia di atas panggung konser. Kehadiran artis kesayangan akan membuat hatinya lumer

Melamar saat kamu sedang konser via howheasked.com

Tanpa perlu banyak uang, kamu bisa menggunakan momen manggung untuk melamar. Mungkin kamu anak band yang sedang mengadakan konser, nah manfaatkanlah waktu akhir menyanyi untuk meminta sang pujaan hati jadi istri.

Awalnya, di depan para penonton, kamu panggil namanya lewat microfon. Dan undanglah dia ke panggung. Lalu kamu berikan cincin lamran dan tawarkan sebuah pernikahan. Dengan adegan seperti ini, dia pasti akan serasa jadi putri. Karena dihadapan ratusan penonton yang hadir, kamu berani melakukan hal romantis ini.

8. Kepandaianmu menyelam bisa kamu manfaatkan untuk mengambil hatinya. Tuliskan saja permohonanmu di papan yang kamu bawa ke dasar sana

Melamar di dalam air via blog.theheartbandits.com

Melamar tak melulu dilakukan di restoran, kamu juga bisa melakukannya di dalam air. Kamu bisa mengajakanya berenang bersama di laut dalam, lalu tawarkan cincin padanya. Atau jika kamu tak bisa menyelam, sewalah orang yang pandai berenang dan manfaatkan akuarium raksasa di kotamu. Lalu, tuliskan kalimat marriage proposal  pada sebuah spanduk. Kemudian tawarkan cincin lamaran padanya. Nah, dengan cara ini, dia pasti akan senang karena kamu sudah banyak berjuang.

9. Jika kamu tak pandai berkata-kata romantis, tuliskan saja marriage proposal mu menjadi mural tembok yang puitis.

Melamar lewat grafiti via www.theknot.com

Tak pandai berkata-kata bukan lagi halangan untuk bersikap romantis pada sang pujaan. Sekarang kamu bisa memanfaatkan tembok sebagai media untuk bicara. Tulislah kalimat-kalimat marriage proposal di tembok rumah dengan menggunakan tinta semprot atau jasa mural. Nah, jika sudah siap, kamu ajak dia jalan-jalan untuk melihat mural yang telah kamu buat. Dengan latar seperti ini, siapkan cincin lamaran, dan mintalah pujaan hati menjadi teman hidupmu selamanya.
Kamu bisa siapkan tinta semprot sebagai alat untuk menjawab lewat tembok. Nah, dijamian dia akan senyam-senyum berbunga karena kamu bisa bersikap romantis dengan cara yang berbeda.

10. Tak melulu harus minta bantuan orang, hewan kesayanganmu juga bisa kamu jadikan alat untuk menyatakan cinta.

Manfaatkan kucingmu untuk melamarnya via howheasked.com

Selain mural, kamu juga bisa menggunakan hewan peliharaan untuk menyatakan niat sucimu itu. Mungkin kamu punya anjing atau kucing. Nah, kamu pasang label berisi kalimat manis ala marriage proposal pada leher hewan peliharanmu. Lalu, saat kamu ingin melamar panggil saja kucing/anjingmu. Pasti pujaan hatimu akan terkejut. Lalu keluarkan cincin lamaran dan tawarilah dia untuk menikah. Tanpa banyak kata, dia pasti akan terpesona dan tak ragu bilang iya.

Lamaran adalah momen paling menentukan apakan cintamu akan lanjut ke pernikahan atau tidak. Kadang kamu akan memintanya secara pribadi terlebih dulu sebelum melamar bersama orangtua. Nah, jika kamu ingin dia yakin menjawab “iya”, maka tawarkan momen lamaran yang romantis dan terkenang. 10 cara ini bisa kamu lakukan.

Semoga berhasil ya.