10 Kudapan Aman Buat Penderita Maag, Biar Tetap Sehat dan Jarang Kumat

Snack orang maag

Rasanya punya penyakit maag itu nggak ada enak-enaknya. Makan salah, nggak makan juga salah, jadinya serba salah deh. Bete, ‘kan? Ngemil juga gitu, nggak boleh asal masuk mulut aja. Harus benar-benar diperhatikan.

Advertisement

Apalagi kalau sudah kronis. Perut rasanya kayak diplintir-plintir sekaigus perih gimana gitu. 🙁

Hipwee Tips pun setuju kalau punya penyakit maag itu nggak boleh sembarangan makan, biar gejalanya reda dan nggak semakin menjalar. Nah, biar cepat sembuh bahkan hilang sama sekali, berikut adalah daftar cemilan yang aman dan pastinya sehat buatmu penderita maag. Apa saja ya kira-kira?

1. Kalau sarapan nasi bikin perutmu mual dan nggak nyaman, makan bubur bisa jadi pilihan

Bubur dengan lauk bergizi dan ringan seperti telur| Photo by hirotomo  CC BY-SA 2.0, via Wikimedia Commons via commons.wikimedia.org

Punya penyakit maag bukan berarti nggak sarapan, justru kamu harus tetap jaga pola makan biar lambungmu bekerja normal. Pilih bubur sebagai menu sarapanmu, karena makanan lunak ini mencegah dan meringankan rasa sakit di perut.

Advertisement

Supaya lebih berasa, kamu bisa tambahkan telur rebus dan kecap asin. Makan kerupuk diperbolehkan tapi hanya sedikit saja. Sebaiknya hindari makanan yang sulit dicerna seperti daging ayam atau jerohan, apalagi untuk sarapan. Oiya, buat kamu yang nggak terbiasa sarapan, anggap saja sarapan itu nyemil.

2. Sari kacang hijau juga bagus buat asupan karbohidrat, hitung-hitung pengganti makanan berat

Sari kacang hijau baik untuk gangguan lambung | Image by PDPics via pixabay.com

Kacang hijau merupakan salah satu makanan yang memelihara kinerja lambung, termasuk mengatasi gangguan asam lambung. Makanan ini punya kemampuan untuk membentuk lapisan-lapisan di dalam lambung yang berfungsi untuk mencegah naiknya asam lambung.

Udah gitu, kacang hijau juga punya peran sebagai asupan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Biar nggak repot ngunyah, sari kacang hijau bisa jadi solusi jitu!

Advertisement

3. Oatmeal atau seral pun jadi cemilan sehat ala anak kost, yang hemat di ongkos

Praktis dan hemat di kantong | Photo by Lex Sirikiat via unsplash.com

Kalau kamu nggak mau ribet, coba deh bikin oatmeal. Selain praktis, makanan instan ini bisa meredakan asam lambungmu yang lagi naik akibat telat makan. Oatmeal punya kandungan serat yang tinggi, tapi rendah lemak dan sodium.

Cocok banget kan buat ganjel perut kamu, anak kost yang budgetnya pas-pasan. Biar lebih bergizi, tambahkan potongan buah seperti pisang, semangka, atau melon juga bisa.

4. Nggak cuma jadi tren buat menu diet, kentang tumbuk (mashed potato) juga cocok buat cemilan penderita maag

Mashed potato bikin kenyang yang tahan lama | Photo by eskymaks via depositphotos.com

Kentang sangat baik untuk menetralkan asam lambung karena kentang bersifat basa. Kentang mengandung karbohidrat yang mampu memberikan rasa kenyang yang cukup lama, sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi setiap pagi.

Mashed potato jadi salah satu pilihan cemilan nikmat untuk penderita maag, selain itu cara membuatnya juga mudah.

5. Pilih salad sayuran yang nggak banyak serat, biar kerja lambung nggak tambah berat

Photo by Mgg Vitchakorn via unsplash.com

Bagi penderita maag, kamu perlu pintar memilih sayuran yang nggak mengandung banyak serat. Karena terlalu banyak serat justru membuat kerja lambung makin berat. Sebagai pilihan, kamu bisa mengkonsumsi sayuran-sayuran seperti brokoli, kol, wortel, timun dan labu.

Sayuran-sayuran ini mengandung antioksidan dan bahan-bahan penting, sehingga berfungsi untuk menurunkan asam lambung.

6. Daripada biskuit cokelat, lebih baik ganti dengan biksuit jahe yang sehat dan kaya manfaat

Photo by Julie MARTINS via unsplash.com

Rasa panas dan tajam dari jahe membantu mengeluarkan racun-racun dari tubuh, lho! Nggak heran, jahe jadi salah satu obat tradisional buat menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk maag. Daripada makan jahe secara langsung, mending kamu konsumsi biskuit jahe yang kini banyak tersedia di toko-toko cemilan.

7. Di antara banyak pilihan buah, pisang dan pepaya yang banyak berperan untuk mengobati maag

Snack sehat | Photo by Louis Hansel @shotsoflouis via unsplash.com

Pisang dan pepaya mengandung kalium yang berfungsi menyeimbangkan ph atau derajat keasaman dalam lambung. Selain itu juga mengandung potasium yang mampu menormalkan tekanan darah akibat stres. Baiknya kamu mengkonsumsi pisang atau pepaya ini di sela-sela waktu makan, karena memberikan efek rasa kenyang lebih lama.

8. Es kelapa muda, siap segarkan harimu kapan saja

Bisa meredakan maag | Photo by Derek Story via unsplash.com

Selain pengganti ion tubuh yang menyegarkan, air kelapa juga punya manfaat untuk menjaga kadar keasaman dalam lambung. Jika kamu adalah penderita maag yang punya segudang aktivitas, nggak perlu cemas, minum es kelapa muda bisa bikin energi kamu balik lagi.

9. Cemilan imut puding lidah buaya, bikin maag jadi nggak berasa

Jeli kaya serat, plus kalau ada lidah buayanya | Photo by Girl with red hat via unsplash.com

Buat kamu yang belum tahu, lidah buaya punya kandungan antiseptik, antibiotik dan pereda rasa sakit. Buat kegiatan, coba deh bikin puding yang dicampur daging lidah buaya untuk stok cemilanmu. Kalau perutmu perih gara-gara maag yang kambuh, puding lidah buaya ini bisa jadi obat yang manjur.

10. Daripada maag kambuh karena kekenyangan, kunyah permen karet biar mulutmu  kerjaan

Bisa jadi alternatif ngemil | Photo by Karina Miranda via unsplash.com

Aktivitas mengunyah bisa merangsang produksiair liur yang bersifat basa. Otomatis jika kamu mengunyah permen karet sebagai cemilan ringan, dijamin maag kamu nggak kambuh deh. Kebanyakan orang mengira bahwa mengunyah permen karet akan memicu naiknya asam lambung, tapi justru teori ini berkebalikan. Jadi nggak perlu takut mengunyah permen karet sementara mulut kamu gemas pengin ngemil, ya!

Jadi, meski kamu punya pantangan untuk makanan tertentu jangan takut untuk mengkonsumsi aneka menu di atas, ya. Dijamin aman dan sehat buat penderita maag, kok. Good luck!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

CLOSE