Dulu, kita harus ke konter-konter kosmetik di mall hanya untuk membeli lipstik atau eyeliner. Tapi sekarang, hanya lewat internet saja kita bisa mendapatkan produk makeup apapun yang kita mau. Jadilah, semakin banyak dari kita yang sadar makeup. Mungkin kamu termasuk salah satunya.

Tapi mungkin juga, kamu belum menganggap dirimu terlalu ahli dalam bidang perkosmetikan. Boro-boro beli ini-itu, mau mulai aja bingung dari mana. “Aku nggak tahu harus nanya siapa. Padahal aku juga gak tau apa-apa.”

Jangan khawatir, Hipwee sudah merangkum beberapa cara supaya kamu bisa memakai makeup dasar seperti seorang profesional. Beberapa trik ini bisa segera kamu praktikkan!

1. Kamu tidak akan kesulitan menggambar eyeline yang lurus. Ikuti rahasianya di sini!

Nggak perlu pakai penggaris biar bisa lurus via www.thegloss.com

Saat pemakaian eyeliner kembali booming beberapa tahun terakhir, banyak cewek yang iseng-iseng mau bikin garis di atas mata. Permasalahan yang dihadapi pun sama, garis-nya nggak lurus. Hal itu pun bikin mereka dongkol dan males pake eyeliner lagi. Tapi sekarang, kamu nggak perlu males lagi, karena triknya adalah…. dengan menggunakan selotip putih yang ditempelkan di bagian samping matamu, searah dengan garis yang kamu inginkan. Lalu, kamu bisa gambar sesuka hatimu tanpa khawatir nggak lurus lagi. Mudah ‘kan?

2. Cara pake eyecurler, alat ajaib pelentik bulu mata, yang benar

Advertisement

Eye curler via jdenismx.tumblr.com

Eyecurler memiliki nama beken sebagai pengeriting bulu mata, yang bikin bulu mata lentik itu tuh. Nah, setahumu cara makenya gimana?

“Tinggal dijepit bulu matanya. Gampang kan.”

Kalau jawabanmu gitu, berarti kamu selama ini kurang afdol mengikuti pelajaran melentikkan alis ini. Cara yang benar adalah:

  • Jepit bulu matamu. Lalu putar eyecurler ke arah atas, dan tunggu beberapa saat.
  • Setelah itu putar ke arah bawah lagi, dan lepas.

Agar bulu matamu bisa lentik lebih lama, jangan lupa pakai maskara ya!

3. Cara agar bulu mata lentik sekaligus bikin eyeline dalam waktu bersamaan. Bisa lho ternyata!

hasil dalam sekejap bagai sulap. via buzzfeed.com

Kamu bangun kesiangan dan harus siap dalam waktu 30 menit? Nggak mungkin bisa sempet pakai makeup!

Eitsss, kamu salah. Kamu bisa banget ber-makeup dalam waktu yang cukup pendek itu. Ada tips untuk menghemat waktu nih, kamu bisa melentikkan bulu mata sekaligus pakai eyeliner? Caranya amat amat sangatlah mudah.

  • Ambil eyecurler-mu.
  • Ambil eyeliner dalam bentuk pensil.
  • Lalu gambar di bagian atas eyecurler yang akan bersentuhan langsung dengan ujung bulu matamu.
  • Setelah itu, jepit bulu matamu dan diamkan beberapa saat.
  • Lepas, dan hasil bisa langsung dilihat.

Sekali dayung, 2-3 pulau terlampaui. Wah, hebat!

4. Cara memasang bulu mata palsu yang baik dan benar sesuai syariat ala profesional

Begitulah tata cara yang disarankan via www.pinterest.com

Untuk menonjolkan keindahan mata, kamu boleh lho mencoba untuk memakai bulu mata palsu. Benda ini pun sekarang mudah di dapat di mana saja. Tersedia dari harga yang terjangkau hingga harga yang mahal anti badai. Kamu harus tahu nih cara yang benar untuk memasang bulu mata palsu ini.

  • Awalnya, kamu harus mengukur panjangnya bulu mata, apakah sesuai dengan besarnya matamu. Kalau dirasa kepanjangan, bisa kamu potong.
  • Poleskan maskara di bulu mata atasmu.
  • Jepit dengan eyecurler supaya lentik.
  • Beri lem di bulu mata palsu, lalu pasang secara perlahan di atas bulu mata aslimu.

Taraaaa! Matamu jadi semakin cantik sekarang.

5. Pakai maskara di bawah mata kadang membuatmu membenci diri sendiri. Tapi sekarang, nggak lagi!

Sendok plastik pun menyimpan manfaat lain via www.thegloss.com

Maskara adalah salah satu item makeup yang penting. Benda ini berfungsi untuk menebalkan bulu matamu dan terlihat lebih panjang. Nah, bulu mata bagian bawahmu tidak boleh absen dari polesan maskara, lho. Problematika yang sering dialami ketika memakai di bawah mata adalah, tinta maskaranya belepotan sampe mengenai
kantung mata. Bikin bete, kan.

Cara untuk menanggulangi hal ini sudah ditemukan. Bagaimanakah caranya?

  • Ambil sendok plastik yang biasanya sepaket dengan nasi bungkus, yang sudah kamu cuci tentunya.
  • Tempel di bawah kantung mata saat akan mengoleskan maskara di bulu mata bawah.

Voila~ tidak ada yang belepotan ‘kan sekarang?

6. Mau alis natural alami yang enak dipandang? Cara ini bisa kamu terapkan!

Alis alami dengan kearifan lokal via www.buzzfeed.com

Beberapa tahun terakhir, kejayaan alis sedang ada dipuncaknya. Sejauh mata memandang, hampir sebaagian besar cewek memiliki “alis”. Ada alis yang paripurna ala syahrini dan Nashar, ada juga yang setebal ulat bulu. Buat kamu yang pingin punya alis natural, bisa mencoba mengikuti cara membuat alis alami step-by-step. Tinggal menyesuaikan dengan bentuk alis dan siapkan kuas untuk meratakan warnanya. Simple, cepat, dengan hasil natural.

7. Eyeshadow natural yang menyatu dengan alam

Warna alami seperti bumi via www.thegloss.com

Sesekali kamu pasti ingin tampil lebih daripada biasanya. Mungkin saja tiba-tiba kamu pingin pakai eyeshadow untuk menonjolkan daerah mata. Untuk pemakaian eyeshadow natural, kamu bisa mengikuti cara seperti yang ada di atas. Siapkan sebuah palet eyeshadow kecil yang memiliki beberapa warna berbeda.

  • Poleskan warna yang muda di mata daerah dekat hidung.
  • Lalu poleskan dengan warna gelap, setelah itu ratakan menggunakan kuas eyeshadow-mu.

Eyeshadow naturalmu siap untuk dipamerkan nih.

8. Biar Gincu gak nempel di gigi, lakukanlah trik berikut ini


Gincu adalah barang wajib yang harus sedia di tas makeup kapan dan di mana saja. Terkadang, terjadi kesalahan kecil yang fatal yang bisa melukai harga diri seorang wanita karena lipstik. Teoatnya, secuil lipstik yang menempel di gigi. Malu banget kan?

Agar kesalahan itu tidak terulang lagi, ada hal yang harus kamu lalukan setelah memoleskan lipstik di pseluruh permukaan bibirmu. Yaitu:

  • masukkan sebagian dari jari telunjukmu ke dalam mulut
  • lalu tarik keluar selagi mulutmu dalam keadaan tertutup.

Ini bisa menghindari bagian kecil lipstik yang akan menempel di gigi. Gigimu tidak akan ternodai lagi, girls!

9. Lipstik nude natural gak mesti bikin penampilanmu pucat seperti Suzanna

Bibir natural tanpa kelihatan seperti orang sakit-sakitan via www.lorensworld.com

Jangan segan-segan untuk mewarnai bibirmu. Biar nggak pake lipgloss terus. Hehehe. Kalau kamu masih belum PD pake lipstik dengan warna yang terlalu mencolok, pake liptik berwarna nude aja. Carilah warna nude dengan warna yang natural seperti warna bibirmu. Hal ini biar bibirmu nggak keliatan pucat. Jadi terlihat makin OK ‘kan warna bibir kamu?

10. Lipstik yang tahan lama. Takkan terhapuskan oleh air dan badai!

Gincu anti air anti angin via thebeautydepartment.com

Aktifitasmu yang sibuk dan memakan waktu seharian, kadang nggak sejalan dengan ketahanan makeup kamu. Berangkat pagi, biasanya siang hari udah luntur. Jadi kamu harus touch up dandananmu lagi.Telah ditemukan sebuah solusi agar lipstikmu, bisa tahan lebih lama hanya degan menggunakan bedak tabur.

Ikuti langkah di bawah ini ya.

  • Oles lipstik di seluruh permukaan bibirmu.
  • Ambil tissue taruh di antara bibir atas dan bawah, lalu tutup mulutmu.
  • Lalu ambil kuas yang telah kamu campur dengan bedak tabur. Ratakan di seluruh permukaan bibirmu.
  • Langkah terakhir, oleskan kembali lipstik di bibir yang baru saja kamu oles bedak tabur. Selesai!

Lipstikmu sekarang bisa bertahan lebih lama daripada sebelumnya.

Setelah selesai baca, mana nih life hack yang pingin segera kamu eksperimenkan di wajah kamu?