Suka dengan foto-foto produk yang terhampar di atas meja, lantai atau suatu bidang datar dengan penataan yang apik dan artistik? Yup, sejak kemunculan platform Instagram yang hits di jagat maya, foto produk atau benda favorit di bidang datar atau biasa disebut flatlay photo mendadak jadi sesuatu yang digemari dan super kekinian. Bahkan banyak akun-akun Instagram yang mendedikasikan linimasa mereka khusus untuk memajang foto-foto bergaya flatlay tersebut.

Sebenarnya kamu pun bisa lho membuat foto flatlay, tanpa harus punya barang-barang mahal atau bermerek. Asal piawai menata barang, menggunakan filter yang pas dan memadukan warna yang sesuai, dijamin deh foto flatlay kamu bakal memanjakan setiap mata yang melihat. Buat yang penasaran, gimana tips dan trik agar foto flatlay kamu bisa jadi kece dan menarik, yuk simak baik-baik ulasan Hipwee Tips kali ini!

1. Foto flatlay di bidang datar tentu menonjolkan latar belakang yang nyaman dilihat. Kamu bisa memanfaatkan kertas polos putih, alas foto bermotif kayu atau marmer agar hasil foto flatlay-mu jadi terlihat apik dan ‘bersih’

Kelihatan chic dengan alas marmer via www.pinterest.com

Advertisement

Kamu bisa berinvestasi pada alas-alas foto yang bisa menjadi aset penting foto-foto kecemu. Selain alas foto, kamu juga bisa manfaatkan handuk, sweater atau karpet bulu sebagai alas fotomu.

2. Memanfaatkan koleksi bunga dan dedaunan imitasi bisa menjadikan foto flatlay-mu lebih manis dan semarak. Pastikan kamu memilih bunga dan daun imitasi berkualitas bagus

Tanpa bunga, mungkin foto ini akan terlihat biasa saja via www.pinterest.co.uk

Pilih bunga atau dedaunan yang warnanya universal, misalnya putih, merah muda, merah, kuning, ultraviolet atau biru. Bunga atau daun yang berkualitas bagus juga akan berpengaruh pada hasil fotomu, lho.

3. Bunga atau daun kering juga bisa lho dimanfaatkan untuk foto flatlay dengan tema rustic, vintage atau monokrom. Kesannya akan lebih artsy dan unik!

Kesannya dark dan rustic via www.pinterest.co.uk

Kamu bisa mengeringkan bunga atau daun dengan cara dijemur atau dikeringkan secara alami. Pilih bunga atau daun yang bisa tetap terlihat kece saat kering, misalnya edelweis atau baby’s breath.

4. Gunakan benda-benda pribadi favoritmu untuk memberikan sentuhan personal yang unik. Bisa dengan memasukkan kacamata favorit, jam tangan kulit atau sweater berwarna netral yang kamu miliki

Sweater pun bisa jadi properti yang membuat foto jadi lebih menarik via www.pinterest.co.uk

Advertisement

Nggak melulu harus bermerk, asal klasik dan bisa mendukung fotomu, benda-benda pribadimu bisa kamu manfaatkan. Jam tangan kulit, kacamata berbahan metal, dompet kulit atau aksesori emas atau perak biasanya nggak pernah gagal mempercantik foto.

5. Majalah juga bisa lho dijadikan properti foto yang mempercantik foto-foto flatlay kamu. Pastikan saja sampul atau halaman majalah yang kamu gunakan memiliki warna senada dengan produk yang kamu foto

Majalah bisa dimanfaatkan jadi aksen yang apik via www.pinterest.co.uk

Kalau punya koleksi majalah lama, nggak ada salahnya nih dimanfaatkan. Pastikan komposisi fotonya pas dan nggak terlalu ramai ya!

6. Siapkan konsep foto flatlay dengan matang. Mematangkan konsep bisa membuat fotomu lebih mudah dipahami dan artistik lho!

Feed Instagramnya @taramilktea sungguh membuat eyegasm! via www.instagram.com

Daripada grasak grusuk pas kamu sudah siap foto, mending sehari sebelumnya buat dulu konsep fotonya matang-matang, jadi pas hari H tinggal dieksekusi.

7. Kesalahan terbesar saat seseorang mencoba foto flatlay adalah dengan enggan menggunakan sinar matahari sebagai pencahayaan alami. Padahal nggak ada lho yang mengalahkan sumber cahaya yang satu ini!

Kalau basic-nya sudah okay, tak perlu banyak diedit lagi! via www.pinterest.co.uk

Meskipun kamu bisa memanfaatkan bantuan lighting, tetap nggak ada yang bisa mengalahkan kemampuan pencahyaan alami, guys. Foto jadi kelihatan lebih bersih dan cerah alami, percaya deh.

8. Meski menggunakan kamera poket biasa atau ponsel, kamu pun bisa kok menjepret foto flatlay yang apik. Kuncinya adalah mengambil foto dengan posisi benar-benar lurus di atas dan mendapat cukup cahaya

Foto yang ‘lurus’ bikin hasilnya jadi rapi via www.pinterest.co.uk

Jangan malas bangun pagi, karena kalau sudah siang biasanya sinar mataharinya cenderung terlalu terik dan mudah berbayang. Plus, manfaatkan fitur grid di kamera poket atau ponselmu agar hasil fotonya jadi lurus dan pas di tengah, nggak miring kanan kiri.

9. Saat memilih filter untuk foto flatlay, pastikan kamu memilih filter yang sesuai dengan konsep fotomu. Misalnya nih jangan menggunakan filter foto vintage kalau konsep fotomu playful dan warna warni

Filter yang apik bikin foto jadi lebih kece via www.pinterest.co.uk

Jangan berlebihan saat menyunting foto karena bisa jadi hasilnya kurang alami dan malah jadi nggak bagus.

10. Produk sudah oke, properti sudah kece…tapi kok kenapa ya hasilnya masih nggak memuaskan? Bisa jadi obyek fotomu nggak seimbang. Terlalu banyak, warnanya tabrakan atau terlalu sedikit obyek

Kalau selalu gagal foto ‘berantakan’, coba jejer rapi saja deh via momfinity.blogspot.co.id

Perlu banyak latihan sampai kamu bisa benar-benar mahir memposisikan produk dalam proporsi yang seimbang. Yang penting ingat untuk nggak terlalu maruk saat memasukan obyek foto dalam satu frame.

11. Terakhir, agar hasil fotomu bersih dan nggak blur, kamu bisa manfaatkan fitur timer dan makro saat mengambil foto

Foto dengan timer dan bantuan fitur makro pada kamera poket akan buat hasil lebih tajam via www.pinterest.co.uk

Timer akan membantu foto lebih stabil dan nggak goyang saat menjepret. Fitur makro akan membuat hasil gambar jadi lebih jernih atau tajam, apalagi kalau kamu hanya mengandalkan kamera ponsel atau poket.

Membuat foto flatlay memang susah-susah gampang tapi kalau kamu banyak latihan, lama-lama pasti bisa mahir kok. Intinya sih buat foto ‘sebersih’ dan seterang mungkin tanpa terlalu banyak editan. Semakin jernih dan nyaman dilihat, maka foto flatlay kamu semakin sukses dan bikin eyegasm, hehe. Teknik ini juga bisa kamu terapkan kalau kamu  kamu mau foto produk-produk online shop kamu lho. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya