Munculnya berbagai macam jajanan baru membuat kita kadang bingung harus memilih karena nggak ingin melewatkannya sama sekali. Mulai dari yang berbahan dasar buah, susu, tepung hingga kacang-kacangan pun menggoda mata untuk bisa mencobanya.

Berbeda dengan jajanan lain, jajanan khas tanah Sunda punya ciri khusus. Sebagian besar dari jajanan ini berbahan dasar aci. Aci adalah tepung tapioka atau tepung dari pati singkong, begitulah orang Sunda kerap menyebutnya. Sedangkan di Jawa, aci ini biasa disebut tepung kanji atau tepung pati. Teksturnya yang kenyal dan bikin gemas di mulut ini digemari oleh hampir semua orang.

Nah, mulai sekarang, kamu nggak perlu lagi jajan di luar untuk menikmati jajanan aci-acian ini. Ternyata bikin sendiri juga lebih seru. Yuk, bikin jajanan bareng Hipwee Tips!

1. Cilok, jajanan favorit semua orang, bentuknya mirip bakso namun berbahan dasar aci

cilok via santeaja.com

Jajanan ala Sunda yang satu ini paling banyak dijual oleh gerobak-gerobak yang mangkal di pinggir jalan. Ternyata pembuatannya cukup mudah. Yuk, intip resepnya!

Advertisement

Bahan membuat cilok:

  • 500 gr tepung aci
  • 250 gr tepung terigu
  • Air panas secukupnya
  • Garam, gula, merica secukupnya
  • Irisan daun bawang
  • Gajih sapi atau abon atau sosis untuk isian

Bahan membuat sambel kacang:

  • 50 gr kacang tanah yang sudah digoreng
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabe merah keriting

Cara membuatnya:

  1. Campur tepung terigu, garam, gula, dan merica dengan air panas sampai basahnya merata.
  2. Masukkan tepung kanji dan daun bawang, aduk rata hingga kalis.
  3. Siapkan air untuk merebus yang sudah diberi garam dan sedikit minyak.
  4. Bentuk adonan menjadi bulatan (bisa diisi gajih, abon atau sosis) dan masukkan ke dalam air mendidih. Rebus hingga mengapung dan berwarna mengkilat, angkat lalu tiriskan.
  5. Cara membuat sambal kacangnya, cukup haluskan semua bahan, lalu masak hingga mengental.

Sajikan selagi hangat, ya!

2. Kamu nggak perlu lagi mengantri lama demi jajanan ini. Batagor yang renyah dan enak bisa kamu bikin sendiri

batagor ikan via 3.bp.blogspot.com

Penjual batagor bisa ditemukan dimanapun, ada yang keliling ada juga yang punya kedai sendiri. Tapi biasanya, batagor yang dijual ini rasa ataupun teksturnya kurang nendang. Makanya, bikin sendiri adalah solusinya.

Bahan batagor:

  • 250 gr daging ikan tengiri, cuci bersih dan haluskan.
  • 1 sdm minyak goreng
  • 100 gr tepung aci
  • 1 butir telur
  • 50 ml santan encer
  • 2 sdm merica halus
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdm kecap manis
  • 15 lembar kulit pangsit
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu kacang:

  • 100 gr kacang tanah yang sudah digoreng
  • 6 buah cabai merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kecap manis
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • Air panas dan minyak secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Tumis bawang putih, kecap manis, merica halus, garam dan gula pasir yang telah dihaluskan.
  2. Masukkan bumbu yang sudah di tumis di atas lalu campur dengan ikan tengiri yang sudah dihaluskan sampai rata.
  3. Masukkan telur, minyak goreng, santan encer dan tepung aci. Aduk hingga tercampur rata.
  4. Siapkan kulit pangsit, isi dengan adonan lalu lipat, rekatkan dengan telur.
  5. Goreng dalam minyak panas hingga matang.
  6. Untuk bumbunya, campur semua bahan lalu tumis hingga mengental

Sajikan batagor dengan siraman bumbu dan telur rebus.

3. Nah, jajanan yang ini kamu pasti suka. Cireng dengan variasi isi, sekali makan bikin nggak bisa berhenti

cireng isi via resepcaramemasak.info

Siapa sih yang nggak suka cireng? Cireng original saja enak, apalagi cireng dengan variasi isi? Wah, bisa kalap!

Bahan yang dibutuhkan:

  • 300 gr tepung aci
  • 150 gr tepung terigu
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • Keju secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Air mendidih secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Campur tepung aci, tepung terigu, merica bubuk, gula pasir, garam dan bawang putih, aduk rata
  2. Tuang air panas sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung, uleni hingga kalis.
  3. Ambil adonan lalu isi dengan keju, bentuk sesuai selera.
  4. Panaskan minyak diatas api sedang lalu goreng cireng hingga matang.

Cireng isi bisa disajikan dengan saus atau sambal kacang.

4. Kerupuk aci saja bisa dibikin jajanan gurih dan lezat begini. Yup, Seblak, yang belakangan ini lagi banyak digandrungi

seblak basah via blog.weyap.com

Seblak tergolong jajanan baru yang kini sudah punya penggemar di mana-mana. Sebenarnya, seblak adalah kerupuk aci yang kemudian dimasak dengan bumbu sehingga rasanya menjadi lebih menarik. Cara memasaknya, ada seblaak kering dan ada juuga seblak basah. Sekarang Hipwee mengajak kamu untuk bikin seblak basah, ya!

Bahan yang diperlukan:

  • 200 gr kerupuk aci kuning mentah
  • 3 butir telur ayam
  • 5 butir bakso sapi, iris tipis
  • 2 buah sosis sapi, iris tipis
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • Garam secukupnya
  • Sedikit gula pasir
  • Air dan minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :

  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm kencur
  • 15 buah cabe rawit merah
  • 2 sendok teh air asam jawa
  • 1 buah tomat merah

Cara membuatnya:

  1. Rebus kerupuk dalam air yang mendidih sampai lunak, setelah matang angkat lalu rendam dalam air dingin, tiriskan.
  2. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, tuang setengah gelas air lalu masukkan kerupuk yang sudah direbus, aduk rata.
  3. Masak terus hingga kuah sedikit menyusut lalu masukkan telur kocok, baso, sosis dan irisan daun bawang.
  4. Tambahkan gula dan garam, aduk rata.

Sebaiknya makan seblak secukupnya, kebanyakan kasus terlalu makan seblak bisa bikin perut eneg.

5. Ada juga aci yang digulung pakai tusuk lidi lalu dicelup telur, namanya Cilung Telur. Bikinnya? Gampang, kok!

cilung telur via santapsedap.com

Nah, aci yang satu ini mirip cireng, hanya digulung pakai tusuk lidi dan dicelup telur lalu digoreng. Penasaran?

Bahan yang diperlukan:

  • 3 butir telur ayam
  • 2 sendok makan tepung aci
  • Garam dan merica halus secukupnya
  • Air dan minyak goreng secukupnya
  • Tusuk sate

Cara membuatnya:

  1. Larutkan tepung aci ke dalam air pada sebuah wadah, sisihkan.
  2. Kocok telur, garam dan merica, sisihkan.
  3. Panaskan minyak dengan api takaran sedang. Masukkan 1 sendok larutan aci lalu segera masukkan juga 1 sendok kocokan telur, aduk agar menyatu. Setelah itu gulung dengan tusuk sate (lakukan dengan cepat dan benar agar adonan cilung telur menjadi rapi).

Jangan lupa sajikan bersama saus sambal agar rasanya terasa lebih nikmat!

6. Satu lagi favorit semua orang, Cimol! Bentuknya mirip cilok, bedanya Cimol itu digoreng

Biasanya cimol banyak dijumpai di pedangan gerobak yang uga menjajakan cilok dan cireng. Tiga jajanan ini memang sepaket. Kamu pasti kerap menjumpai cimol yang ‘aci doang’, jadi ketika sudah nggak hangat lagi, rasanya alot dan nggak enak. Makanya, bikin sendiri aja!

Bahan yang diperlukan:

  • 100 gr tepung aci
  • 10 sdm tepung beras
  • 8 sdm tepung terigu
  • Minyak ikan secukupnya
  • Garam dan merica secukupnya
  • Air panas secukupnya

Cara membuatnya:

  • Campur tepung aci, tepung beras, tepung terigu, minyak ikan, garam dan merica hingga merata.
  • Masukan sedikit demi sedikit air panas hingga bahan adonan tadi berbentuk kenyal dan pulen, aduk menggunakan sendok atau spatula hingga merata.
  • Bentuk adonan menjadi bulatan sebesar kelereng atau sesuai selera lalu goreng hingga mengembang dan matang.

Cimol bisa disajikan dengan bubuk cabai ataupun bumbu kacang.

7. Aci Tempe alias Cipek juga ada, lho. Tempe yang dibuat dari campuran kedelai dan aci

Berbeda dengan kebanyakan tempe pada umumnya, Cipek memasukkan aci ke dalam adonan kedelai dan ragi sehingga tekstur dan rasanya lebih padat.

Bahan yang diperlukan:

  • 600 gr kedelai yang sudah diberi ragi
  • 400 gr tepung aci
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt baking powder
  • Segelas air

Cara membuatnya:

  1. Untuk tempenya, campur kedelai dan aci sampai rata, bungkus pakai plastik yang sudah dilubangi dulu ditusuk-tusuk pakai garpu atau bisa juga menggunakan daun pisang, padatkan. Lalu diamkan selama 2 hari.
  2. Setelah tempe jadi, campurkan ke dalam bumbu yang sudah dihaluskan. Goreng hingga matangnya merata.

Bisa bedain nggak dengan tempe biasa? Lebih gurih, bukan?

8. Cibay atau Aci Ngabarabay, jajanan aci yang dibungkus dengan kulit lumpia dan isian ayam

Jajanan khas Tasikmalaya ini juga biasa disebut Cireng Lebay atau Aci Ngambay. Gorengan enak yang berisi daging ayam ini menjadi populer di kalangan masyarakat Sunda, namun belum banyak tersebar di daerah Jawa.

Bahan yang diperlukan:

  • 250 gr tepung aci
  • 150 gr daging ayam direbus matang lalu suwir-suwir
  • 800 ml air
  • 4 batang daun bawang diiris kecil
  • 2 siung bawang putih dihaluskan
  • 4 butir bawang merah dihaluskan
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 20 lembar kulit lumpia
  • 6 buah cabe rawit merah dicincang kasar
  • bumbu tabur cabe secukupnya
  • 2 sdm tepung terigu dilarutkan dengan sedikit air untuk adonan perekat
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuatnya:

  1. Campur dan aduk rata tepung aci, garam, merica dan kaldu bubuk dalam panci. Masukkan air, bawang putih, bawang merah, daun bawang, dan suwiran ayam, kemudian aduk hingga rata dan nggak ada yang menggumpal. Masak di atas api kecil sambil terus diaduk-aduk hingga adonan berwarna bening dan kental, matikan api.
  2. Ambil 1 lembar kulit lumpia, tuang 1 sendok makan adonan aci tadi, lalu taburi dengan cabe rawit cincang secukupnya. Lipat berbentuk kotak atau sesuai selera dan lem menggunakan adonan terigu sebagai perekat. Lakukan hingga adonan habis.
  3. Panaskan minyak, goreng hingga matang dan berwarna kekuningan, lalu angkat dan tiriskan.

Sajikan Cibay selagi panas dengan taburan bumbu tabur cabe untuk mendapatkan sensasi yang lebih pedas.

9. Cipuk atau Aci Jeung Kerupuk juga laris diserbu penggemar. Rasanya jelas berbeda dengan kerupuk biasanya

cipuk enak! via femiliana29.blogspot.com

Cipuk ini merupakan kerupuk aci, bahan yang digunakan untuk membuat seblak yang dihancurkan lalau dicampur dengan adonan aci dan dibuat kerupuk kembali. Hmm, penasaran bukan?

Bahan yang diperlukan:

  • 200 gr kerupuk mentah
  • 250 gr tepung aci
  • 10 bawang merah, haluskan
  • 1 sdt garam halus
  • ½ sdt merica bubuk
  • Air panas secukupnya, untuk merendam

Cara membuatnya:

  1. Hancurkan dulu kerupuk mentah, jangan terlalu hancur lalu rendam dengan air yang sudah disiapkan selama 5 menit. Angkat, cuci bersih lalu tiriskan.
  2. Campur tepung aci dan air, aduk rata. Tambahkan bawang merah, garam, dan merica, aduk lagi sampai rata. Masukan kerupuk yang tadi sudah direndam.
  3. Bentuk adonan menjadi silinder, padatkan sampai airnya surut. Kukus kurang lebih 30 menit, tunggu sampai dingin.
  4. Setelah dingin, potong-potong Cipuk sesuai selera, lalu goreng.

Biasanya, Cipuk ini disajikan dengan bumbu rujak.

10. Nggak ketinggalan, siomay asli bandung ini cara pembuatannya nggak beda jauh dengan batagor. Hanya saja siomay direbus. Yuk, intip!

Kebanyakan penjual siomay juga menjual batagor, ya karena dua jajanan ini punya bahan-bahan yang mirip.

Bahan yang diperlukan:

  • 500 gr tepung terigu
  • 250 gr tepung aci
  • 2 sdt garam
  • 250 gr ikan tengiri
  • Air secukupnya
  • 3 siung bawang putih

Bahan saus kacang:

  • 250 gr kacang tanah
  • 100 gr gula merah
  • 5 cabai merah
  • 4 cabai keriting
  • Garam secukupnya
  • 2 buah Jeruk limau
  • Air secukupnya

Cara membuatnya:

  • Campurkan tepung terigu, tepung aci, air, dan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk adonan sampai kalis.
  • Bulatkan adonan sesuai dengan selera lalu masukkan daging ikan tenggiri secukupnya ke dalam bulatan adonan.
  • Masukkan bulatan adonan ke dalam air yang sudah mendidih, angkat dan tiriskan.
  • Untuk saus kacang, haluskan semua bumbu lalu goreng hingga mengental.

Nah, kamu bisa sajikan siomay ini dengan campuran kubis, kentang rebus, tahu, pare, dan disiram dengan saus kacang.

Gimana? Masih mau jajan di luar sementara bikin sendiri juga mudah dan murah?

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!