Bicara soal kecantikan, perawatan kulit dan pola hidup sehat sudah pasti harus diterapkan. Namun, kesibukan yang cukup menyita waktu bikin kamu kurang peduli menjaga hal itu. Ujung-ujungnya, terjadi masalah-masalah kulit yang membuat jengah dan menyebabkan kadar percaya diri berkurang. Semisal tanda-tanda penuaan yang ternyata lebih cepat muncul dari usia.

Agar kamu bisa antisipasi hal itu dari sekarang, nggak ada salahnya coba ketahui apa saja ciri-ciri kalau wajah ternyata menua lebih cepat. Mulai dari kulit menjadi sangat kering, hingga munculnya bercak-bercak cokelat pada wajah. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

1. Adanya bintik-bintik cokelat seperti bekas terkena sinar matahari

bercak-bercak cokelat via focdownloads.blogspot.co.id

Advertisement

Sering beraktivitas di luar dan kerap terkena sinar matahari bisa mengurangi kecantikan kulit. Tanpa disadari akan muncul bintik-bintik seperti bekas terkena sinar matahari. Wajahmu yang sebelumnya mulus membuat penampilan sedikit berkurang, alhasil kamu harus berusaha keras mengakali bintik-bintik itu saat berpergian supaya nggak terlihat jelas.

2. Kulit kamu nggak cuma kering, tapi sangat kering

kulit kering via www.liveabout.com

Bisa dibilang sewaktu remaja kulitmu berminyak, padahal seiring bertambahnya usia kulitmu akan menjadi kering, bahkan sangat kering. Jika kamu sudah memiliki kulit yang sangat kering dari sekarang, kemungkinan besar itu merupakan salah satu pertanda kalau wajahmu memang telah menua lebih cepat dari usia. Oleh karena itu, kulit sangat kering yang disebabkan terkena sinar matahari, merokok, dan stres harus kamu rawat dengan rutin poleskan pelembab sebelum beraktivitas.

3. Adanya garis-garis halus di sekitar mata dan mata mulai telihat bengkak serta gelap

mata bengkak dan gelap via www.foreo.com

Cara lain untuk mengetahui kalau kulitmu sudah menua atau belum yaitu dari keberaan garis-garis halus di sekitar mata. Selain itu, mata kamu akan terlihat bengkak dan gelap lantaran kulit sangat halus di sekitar mata rawan perubahan. Mata akan mulai terlihat lebih tua dengan kelopak mata berat, bengkak, dan gelap di bagian bawahnya. Untuk mengatasinya, kamu bisa coba kurangi konsumsi garam, alkohol, dan cukup tidur.

4. Sering gunakan ponsel sampai lupa waktu? Jangan heran kalau bakal muncul bintik-bintik cokelat yang berasal dari radiasi ponsel

bisa karena radiasi ponsel via www.skincare.com

Advertisement

Siapa bilang kalau bintik-bintik cokelat hanya berasal dari sinar matahari? Karena ternyata bintik-bintik cokelat juga disebabkan cahaya inframerah dan energi tinggi dari ponsel. Bahkan, gelombang tertentu dari cahaya biru yang dipancarkan juga dari lampu dalam ruangan pun menimbulkan bintik-bintik cokelat ini. Maka dari itu, kamu bisa gunakan krim kecantikan kulit yang mengandung antioksidan untuk menguranginya.

5. Kulit berkeriput dan teksturnya tipis tak hanya terjadi pada wajah, tapi juga kulit bagian lain

mulai berkeriput via www.homeremediesweb.com

Selain pada wajah, kulit pada bagian tubuh lainnya juga akan berkeriput. Hal ini bisa disebabkan dari pola makan kamu yang nggak sehat dan kurangnya istirahat cukup. Di sisi lain, kamu juga harus perhatikan tekstur kulit yang tipis seperti kakek-nenek. Tekstur kulit tipis ini terjadi akibat kadar kalsium yang menurun saat kulit matang dan pH kulit naik. Perubahan pH ini bisa menggerogoti kolagen, sehingga kulit akan tipis jika memang sudah menua.

6. Kamu sering terlihat lelah, meski aktivitas yang dijalankan nggak banyak

sering kelelahan via www.standard.co.uk

Menurut penelitian, seseorang yang terlihat lelah, terutama kalau aktivitas yang dilakukan nggak padat merupakan salah satu tanda kalau kulitnya sudah menua lebih cepat dari usia. Menurut dermatologist Whitney Bowe, MD, seperti dilansir dari Reader’s Digest kelelahan seperti ini terjadi karena gula yang memengaruhi kulit melalui berbagai jalur di tubuh, seperti insulin dan peradangan yang menyengat. Selain itu, glikasi, ikatan gula ke molekul lain, membuat protein menjadi kaku, rusak, dan rentan terhadap radikal bebas.

7. Kulit yang kusam dan terjadi terus-menerus juga menjadi salah satu tanda kulitmu sudah lebih dahulu mengalami penuaan

kulit kusam dalam waktu lama via www.glamour.com

Kulit kusam memang sudah kamu alami, tapi kalau terjadi dalam waktu lama, maka kamu perlu waspada. Karena kulit kusam yang berlangsung secara terus-menerus merupakan ciri kalau kulitmu sudah lebih dahulu mengalami penuaan. Sehingga, butuh waktu lama untuk mencerahkannya lagi. Untuk mengatasinya, kamu harus sering konsumsi makanan-makanan sehat yang kaya antioksidan dan nggak boleh melewatkan cuci muka.

8. Pipi yang ‘menurun’ adalah ciri yang gampang sekali kamu temukan kalau kulit menua

pipi terlihat ‘menurun’ via www.boydbeauty.com

Selain berkerut, pipimu yang terlihat ‘merosot’ atau ‘menurun’ ini juga akan mengisi hari-harimu kalau kulit telah menua dari usia. Kamu boleh saja ketika remaja gemas dengan pipi yang chubby, tapi saat sudah menurun, maka volume pipi yang chubby itu seakan-akan kosong, sehingga bentuknya menurun.

9. Adanya bintik-bintik kecil yang warnanya sama dengan warna kulit ini bukan jerawat atau komedo, tapi tanda penuaan

bintik-bintik kecil via www.medicalnewstoday.com

Bintik kecil satu ini bukan jerawat atau komedo, melainkan bintik kecil yang disebabkan kerusakan akibat terkena sinar matahari atau produk wajah yang keras. Hal ini terbentuk sebagai hasil dari ketidakmampuan kulit lokal untuk terkelupas secara alami. Untuk itu, kamu bisa pakai produk yang ada eksfoliasi dan pergantian sel yang lembut dan jangan lupa gunakan tabir surya setiap saat.

10. Kalau lagi terluka, kulit kamu akan sulit disembuhkan dan butuh waktu yang lama

luka susah sembuhnya via www.island-derm.com

Menurut Perpustakaan Nasional A.S., kulit yang menua lebih rentan terhadap cedera dan bisa sampai empat kali lebih lambat untuk disembuhkan. Kulit yang lebih tipis dan lebih rapuh tanpa banyak lapisan lemak pelindung dapat membuat kamu sangat berisiko. Selain itu, pembuluh darah rapuh di bawah kulit bisa pecah lebih mudah. Dengan demikian, saat lagi terluka maka kulit kamu butuh waktu lama untuk disembuhkan.

Terapkan pola hidup sehat dari sekarang nggak ada salahnya. Selain kesehatanmu terjaga, kecantikan kulit pun demikian. Kulit akan tetap cerah dan terpelihara selalu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya