Bersyukurlah kita karena sudah dianugerahi tubuh yang mampu bekerja dengan mekanisme sendiri yang begitu luar biasa. Saking luar biasanya, kadang banyak hal di tubuh kita yang sulit untuk dikontrol, seperti misalnya bersin atau cegukan. Nah, padahal ternyata ada lho trik-trik tertentu yang bisa kamu lakukan untuk mengakali kondisi tubuh kita. Trik tersebut bisa kamu lakukan untuk menghindari situasi-situasi canggung yang seringkali terjadi di luar kendali.

Berikut Hipwee telah merangkum trik-trik rahasia yang bisa membuatmu mampu mengontrol kondisi tubuh. Bisa dicoba nih, siapa tahu suatu saat nanti dibutuhkan, hehe. Yuk simak sampai habis!

1.   Terpaksa harus bohong tapi takut ketahuan? Bisa diakali dengan memencet hidungmu, lho!

Pencet hidung biar nggak ketahuan bohong! via brightside.me

Advertisement

Terkadang dalam situasi-situasi tertentu, kamu terpaksa harus bohong atau nggak bisa berkata jujur demi menjaga perasaan seseorang. Nah, biar nggak ketahuan gugupnya, ternyata kamu bisa akali dengan mencubit ujung hidung dan menutupnya dengan jari-jarimu. Lalu tutup telingamu dan buang napas dengan cepat. Kamu akan merasakan tekanan di dalam telinga berubah. Hilang deh gugupnya!

2. Ketika kaki kesemutan, gelengkan kepalamu untung menghilangkannya. Trik simpel ini bisa mengurangi rasa nggak nyamannya~

Kaki kesemutan nggak enak banget~ via brightside.me

Saat kaki sedang kesemutan, apa yang biasa kamu lakukan untuk mengatasinya? Biasanya mungkin kamu cuma diamkan saja ‘kan sampai rasa kesemutan tersebut hilang dengan sendirinya? Nah, lain kali saat kaki kesemutan, coba deh goyang-goyangkan kepala agar otot-otot jadi rileks dan sensasi kesemutan jadi bisa hilang lebih cepat 🙂

3.  Aktifkan kemampuan daya ingat super dengan memanfaatkan tanaman rosemary. Bisa bantu kamu belajar dengan lebih efektif nih!

Yuk cobain nih nanti sebelum ujian! via brightside.me

Saat kamu ingin bersungguh-sungguh mempelajari sesuatu, cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memaksimalkan potensi tersembunyi dari daya ingatmu. Ternyata triknya simpel banget, lho. Saat malam hari atau saat kamu akan berencana belajar, berbaringlah dan cium aroma rosemary. Trik mudah ini bisa membantumu untuk mengingat info penting dengan lebih cepat dan efektif.

4.  Lagi ngerasa moody? Bisa diakali dengan gigitin pensil lho ternyata! Pantes aja jaman sekolah dulu di kelas suka nggak sadar pensil suka digerogoti mulu 😀

Senyum dong! via brightside.me

Advertisement

Rahasianya sederhana. Dengan menahan pensil di mulut, otot-otot yang terlibat untuk membuatmu tersenyum jadi bekerja. Rangsangan yang berkaitan dengan senyum tersebut akan dikirim ke otak melalui saraf dan akan membuat tubuh memproduksi endorfin. Endorfin bisa bikin kamu lebih rilek dan riang.

5. Susah bangun tidur di pagi hari? Gampang, tahan nafas aja dijamin langsung bangun seketika!

Awas, jangan kelamaan tahan nafasnya! via brightside.me

Ketika kamu menahan nafas, ritme detak jantuk akan bertambah cepat, lalu tubuhmu akan mengirim perintah supaya kamu bangun dan bergerak aktif. Eh, tapi jangan keseringan pakai teknik ini ya, pasalnya bangun mendadak seperti ini nggak baik buat kerja jantung karena bisa mengakibatkan stres serius pada organ tersebut. Gunakan di saat darurat saja, hehe.

6. Ketika kamu lari dan merasa kram di sisi kanan perutmu, coba hembuskan nafas saat kamu melangkahkan kaki kirimu

Sakit perut akibat capek berlari bisa diakali nih via brightside.me

Aturan yang sama bisa kamu terapkan ketika sisi kirimu ya sakit. Cukup hembuskan nafas saat kamu melangkahkan kaki kananmu dan pijat ringan area yang sakit. Saat kamu berlari, darah bertugas mengalir untuk menggerakan otot. Nah, tanpa pemanasan yang cukup, penyebaran darah jadi nggak merata dan malah mengalir terlalu banyak ke hati dan limpa sehingga mulai mendorong area diafragma. Ini nih yang bikin perut suka kram pas kecapekan lari.

7. Untuk mengatasi cegukan, kamu bisa trik menempelkan es batu ke lidahmu. Konon ini bisa bantu menghentikan cegukanmu lho!

Ada banyak cara menghentikan cegukan via brightside.me

Setiap orang sebenarnya punya resep ampuh sendiri-sendiri untuk menghentikan cegukannya dan kalau trik menempelkan es batu ke lidah nggak mempan di kamu, bisa coba trik lain nih. Misalnya dengan menarik ujung lidah, menelan potongan gula batu atau menutup telinga dengan telapak tangan dan minum segelas air dalam sekali tarikan nafas. Atau kalau trik dikagetin teman itu bisa mempan di kamu, ya pakai trik itu juga bisa asal nggak sampai membahayakan ya. Ngagetin pas lagi nyeberang jalan ramai, misalnya 😉

8. Tahukah kamu, menghisap jempol bisa dilakukan saat kamu sedang mengkhawatirkan sesuatu lho. Iya, menghisap jempol seperti yang para bayi lakukan itu!

Saat cemas, menghisap jempol bisa menguranginya via brightside.me

Reaksi ini bisa dijelaskan oleh stimulasi saraf vagus yang akan membuat detak jantungmu melembat dan mengurangi tekanan darah. Jika kamu berada di situasi yang membuatmu cemas dan kebetulan kamu sedang di area publik, cukup tekan jari-jarimu ke dalam kepalan tangan dengan posisi jempol berdiri, lalu tiup. Sesimpel itu saja kok.

9. Untuk pendengaran yang lebih baik, menutup telinga ternyata adalah trik yang bisa kamu coba!

Menekan tragus adalah rahasia kupingmu bisa mendengar dengan lebih baik via brightside.me

Ketika kamu sedang berada di kelab atau konser musik dan musiknya terlalu keras sehingga kamu nggak bisa mendengar suara temanmu bicara, cara ini bisa kamu lakukan, lho!

Caranya mudah, tekan tragus — tonjolan yang berada persis di luar area telinga yang berada di ujung pipi, lalu sorongkan telinga satunya untuk mendengarkan temanmu bicara. Trik rahasia ini selalu dipraktikkan para penyanyi saat sedang konser, tapi seringnya sih buat orang awam malah terlihat seperti sedang memperbaiki earphone mereka.

10. Di dalam hidupmu, kamu pasti akan menemui situasi saat kamu nggak boleh sampai kelepasan bersin. Trik untuk mencegahnya ternyata cukup simpel kok!

Tekan area batang hidung buat menyetop bersin! via brightside.me

Cara menahan bersin rupayanya sangat simpel, yaitu hanya dengan menekan bagian batang hidung dengan jemarimu. Saat kamu memencet area kulit di batang hidungmu (nose bridge), otakmu menerima sinyal alarm dan memerintahkan tubuhmu untuk menghentikan berbagai proses termasuk refleks bersin. Sebaliknya, kalau kamu ingin bersin tapi nggak bisa, kamu tinggal menoleh ke arah cahaya yang sangat terang.

Kalau sudah tahu triknya, sudah nggak bingung lagi kan cara mengontrol tubuhmu di saat-saat tertentu. Coba aja praktikkan dulu, siapa tahu manjur dan bisa kamu coba di lain waktu di kondisi terdesak, hehe. Semoga artikel kali ini bermanfaat ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya