Kegiatan masak di dapur merupakan kegiatan sehari-hari yang penting banget deh. Kita nggak mungkin kan selamanya mengandalkan makanan yang beli dari luar terus menerus? Memasak bisa jadi kegiatan yang mengasyikan buat dipelajari. Layaknya sebuah seni dan kreasi, memasak juga butuh pembiasaan dan latihan berulang-ulang.

Ada beberapa trik-trik memasak di dapur yang sepele namun belum kita ketahui kebenarannya. Trik ini sekaligus bisa membantumu makin jago masak dan menghasilkan kreasi a la chef. Hipwee Tips bakal kasih bocoran kitchen tricks yang biasa dipraktekan koki professional. Simak sampai habis ya!

1. Buat cari tahu telur yang akan kamu masak masih layak atau sudah busuk, coba rendam di air dan lihat hasilnya

Kalau telurnya udah ngambang, baiknya dibuang aja deh via fabulesslyfrugal.com

2. Memisahkan kuning telur dari putih telur itu gampang banget, pakai botol plastik deh!

Dekatkan mulut botol ke kuning telur, tekan badan botolnya untuk menyedot kuning telur, dan pinahkan kuning telur ke tempat lain via www.youtube.com

3. Buat kamu yang suka dengan buah pisang, kamu bisa membungkus ujung tandannya dengan plastik. Pisang pun bisa tahan 3-4 hari loh

Pisang memang nggak bisa tahan lama dengan disimpan di kulkas, tapi kalau gini bisa tahan lho via thekrazycouponlady.com

4. Kalau punya microwave, akan lebih mudah bikin kentang crispy. Cukup taburkan tepung, lada dan garam di atasnya, kentang crispy tanpa minyak pun jadi

Kentang tetap krispi meski tanpa minyak via www.beachbodyondemand.com

5. Ketika merebus sayuran, kita sering bingung memasukkan sayuran di saat air masih dingin atau mendidih. Sayuran yang tumbuh di bawah tanah baiknya dimasak dengan air dingin, sedangkan yang tumbuh di atas tanah butuh air panas

Nggak perlu menunggu mendidih buat memasukkan kentang ketika akan merebusnya via brightside.me

6. Mengupas bawang itu bisa jauh lebih praktris dan mudah dengan memasukkannya ke dalam wadah. Lalu mengguncang-guncangkannya dengan keras

Masukkan wadah, kocok dengan kuat via www.livestrong.com

7. Nah apalagi urusan mengupas kentang rebus, kuncinya adalah disayat sebelum direbus. Ketika matang, tinggal tarik kedua sisi sayatannya

Sayat di bagian tengahnya, nggak usah terlalu dalam. Setelah matang, tinggal tarik kulitnya via thekrazycouponlady.com

8. Mengupas telur rebus kadang susah banget dan hasilnya nggak sempurna. Coba deh siram air dingin dulu, atau masukkan telur matangnya dalam gelas dan kocok-kocok

Biar telur rebus setelah dikupas tetep mulus via www.youtube.com

9. Suka galau kalau bikin telur setengah matang nggak sih?! Ternyata tinggal pakai aplikasi stopwatch di ponsel kamu dan masak sesuai kematangan yang kamu inginkan

Hitung mundur waktu setelah memasukkan telur ke air mendidih ya, tinggal dipilih ingin seberapa matang via www.chaostrophic.com

10. Buat yang masih belajar masak, kadang waktu akan menggoreng sulit menentukan apakah minyak sudah panas atau belum. Gampang, coba aja celupin sendok kayu ke minyaknya

Kalau sudah keluar gelembung di sekitar material kayu, minyak sudah siap goreng via id.pinterest.com

Advertisement

Langsung praktikan di dapurmu masing-masing ya dan aktivitas masakmu makin ciamik layaknya pro. Menghidangkan masakan runit pun jadi lebih cepat dan praktis. Semoga tips dan trik dapur ini bisa membantumu ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya