Perkara masak memasak memang hal yang susah-susah gampang. Kelihatan repot dan tricky, proses memasak memang butuh banyak pengetahuan yang sekilas sepele namun sangat mempengaruhi hasil.

Ketika hasil masakanmu gagal padahal usahamu sudah habis-habisan wajar kalau kamu kesal. Namun ketika berhasil, tentu ada rasa bangga sekaligus puas yang kamu dapatkan. Nah biar acara masak-memasakmu tak lagi terkesan sulit dan ribet, ada baiknya kamu praktekkan trik-trik berikut ini di dapurmu sendiri.

1. Perpanjang kesegaran buah pisang dengan membungkus ujungnya menggunakan plastik.

Bungkus ujung tangkai pisang dengan plastik untuk memperlambat proses pematangan. via lifehacker.com

Kadang kamu suka bete sendiri ketika membeli pisang. Buah penuh gizi ini biasanya dijual langsung dalam jumlah banyak, atau lebih murah bila dibeli satu sisir sekalian. Namun pisang sering sekali cepat masak dan apabila sudah terlalu matang akan menghitam serta berubah lembek. Tapi susah juga kan memakan sesisir pisang dalam waktu singkat?

Jaga kesegaran pisangmu dengan memisahkannya satu-satu dari sisirnya. Lalu bungkus setiap ujung tangkainya erat-erat dengan plastik atau cling wrap. Tujuannya agar gas etilen dalam buah tidak cepat keluar dan mengakibatkan proses pematangan.

2. Bekukan daun mint atau potongan buah lemon dalam cetakan es agar ketika dimasukkan ke minuman tidak hanya dingin tapi juga beraroma dan segar.

Advertisement

Aksi ganda, dingin sekaligus wangi dan segar

Biar es batumu punya fungsi ganda–mendinginkan sekaligus memberi cita rasa unik pada minumanmu–masukkan daun mint ke dalam cetakan es lalu isi dengan air. Lambat laun setelah esnya mencair daun mint akan memberikan aroma dan rasa menyegarkan yang tergabung dalam minumanmu.

Kamu juga bisa mengganti daun mint dengan bahan-bahan lain seperti potongan lemon (atau jeruk nipis) atau potongan strawberry. Pilih cetakan es yang lebih besar agar buah-buahan tersebut muat. Atau gunakan cetakan cupcake/muffin untuk mendapatkan es batu yang lebih besar.

3. Cara sederhana untuk tahu apakah es yang kamu minum dibuat dengan air rebus: air yang direbus akan menghasilkan batu es yang jernih!

Jernih berarti direbus. Keruh berarti air biasa

Sudah sejak lama nih jadi perdebatan, soal es yang dibuat dengan air matang atau bukan. Ternyata nggak susah kok guys buat membedakannya. Es yang dibuat dengan air yang direbus warnanya bening. Sementara air yang tidak direbus warnanya keruh.

Tapi air mineral juga termasuk air yang tidak direbus lho! Jadi wajar aja kalau beberapa es berwarna keruh masih aman dikonsumsi (asal kamu tahu benar sumber air yang dipakai membuatnya).

4. Jadikan kotak bekas bungkus permen pedas sebagai tempat untuk menyimpan bumbu!

Jangan buang bungkus permen mint-mu

Kamu tentu tahu beberapa permen mint atau pelega tenggorokan dibungkus dalam kemasan khusus. Biasanya permen macam ini dikemas dalam kotak-kotak kecil yang didesain agar mudah mengeluarkan permennya.

Jangan buang begitu saja bungkus-bungkus tersebut. Cuci, bersihkan dan keringkan, lalu pakai sebagai wadah bumbu-bumbu dapur. Kemasan ini kedap udara namun dirancang agar mudah bagi kita untuk mengeluarkan isinya. Jadi nggak perlu lagi deh beli tempat bumbu mahal-mahal.

5. Kamu juga bisa punya ice pack murah meriah hanya dengan bermodalkan spons cuci dan kantong ziplock.

Ice pack buatan sendiri yang bisa dipakai ulang via livesimply.me

Ice pack bermanfaat sekali bagi kita. Gunanya mempertahankan suhu dingin saat menyimpan makanan di termos atau coolbox ketika sedang dalam perjalanan atau acara lain. Kalau belum punya, kamu bisa membuat ice pack-mu sendiri lho.

Masukkan spons cuci yg masih baru ke dalam piring berisi air. Biarkan hingga spons itu penuh menyerap air lalu masukkan dalam kantong plastik ziploc yang bersegel. Tutup plastik dan masukkan ke dalam freezer. Kalau sudah beku, masukkan deh sebagai ice pack di termos atau coolbox, makanan dan minumanmu akan tetap dingin. Air yang mencair akan kembali terserap oleh spons jadi kamu hanya perlu membekukannya lagi untuk dipakai kembali.

6. Ini dia cara cepat, ringkas mudah untuk memotong banyak bahan-bahan kecil dalam satu kali iris.

Satu kali iris saja via www.buzzfeed.com

Memotong bahan-bahan kecil seperti tomat atau anggur satu persatu akan memakan waktu lebih lama. Hemat waktumu dengan trik jenius ini.

Siapkan dua tutup wadah seperti pada gambar. Letakkan bahan-bahan yang akan dipotong di atas salah satu tutup tersebut. Kemudian tindih bagian atasnya dengan tutup satunya lagi. Tekan sedikit tutup bagian atas dengan salah satu tanganmu dan iris di antara sela-sela jepitan kedua tutup tersebut seperti pada gambar. Voila! Beres dalam satu kali potong deh!

7. Selamat tinggal tangan bau bawang berhari-hari, karena sekarang ada cara mudah untuk mengupas bawang putih!

Geprek, kocok, pisahkan

Mengupas bawang putih bisa jadi salah satu kegiatan memasak yang bikin kamu ogah-ogahan. Habis gimana, baunya di tangan suka awet nempel semalaman. Belum lagi kalau bawangnya tercuil-cuil oleh kuku. Makanya mulai sekarang coba cara praktis ini.

Kumpulkan bawang putih yang perlu kamu kupas di atas talenan. Geprek dengan piring atau pisau lebar. Masukkan ke dalam wadah berpenutup dan kocok-kocok hingga kulitnya lepas semua. Tinggal dipisahin deh!

8. Nggak perlu nangis lagi kalau sedang motong bawang bombay, lakukan saja cara-cara ampuh berikut ini.

Nggak perlu nangis bombay lagi

Bahkan orang paling gagah berani di dunia ini juga pasti bakal mewek kalau sedang merajang bawang bombay. Wajar kalau istilah nangis bombay juga populer buat menyebut orang-orang yang nangis di mata doang, tapi nggak di hati.

Sudahi tangisanmu dengan memasukkan bawang bombay yang hendak kamu potong-potong ke dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit sebelum dirajang. Namun harus segera dimasak saat itu juga ya!

Merajang sambil mengunyah juga bisa membuatmu gak nangis lho, sebanyak apapun bawang bombay yang kamu iris. Cobalah untuk mengunyah permen karet ketika kamu sedang kebagian tugas mengiris bawang.

9. Kalau tanganmu sudah terlanjur bau bahan masakan, hilangkan dengan sekejap menggunakan air lemon, soda kue atau stainless steel.

Biar tanganmu gak bau, pake ini aja via www.collective-evolution.com

Namanya juga memasak, pasti ada saja bau makanan yang nempel di kedua tanganmu. Entah itu bau bawang putih, bau amis dan lain-lainnya. Kadang dicuci pakai sabun saja masih tetap membandel baunya.

Coba usapkan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis ke tanganmu. Kalau tidak, balurkan soda kue saja untuk mengusir bau yang tak kunjung hilang di tangan. Kamu juga bisa menggunakan baja-anti-karat atau stainless steel karena reaksi kimia yang dihasilkan memang mampu menolak bau dari bahan masakan.

10. Dengan bantuan paku pinus, telur rebusmu bisa matang sempurna dan mudah dikupas lho!

Agar telurmu masak sempurna dan mudah dikupas!

Ingin telur rebusmu bulat sempurna dan mudah dikupas? Caranya nggak sulit ternyata. Tusuk ujung telur yang lebih lebar dengan paku pines yang bersih. Lalu masukkan perlahan dalam air mendidih.

Rebus selama 1 menit dalam air mendidih lalu matikan api dan tutup pancinya. Biarkan telurnya di dalam panci agar matang sempurna selama 10 menit. Setelah itu keluarkan telur dari dalam panci dan masukkan ke dalam baskom berisi air es. Kupas kulit mulai dari ujung telur yang lebih lebar.

11. Gunakan baking soda sebagai alternatif cara lain agar telur rebus mudah dikupas!

Baking soda juga mempermudah mengupas telur via noshon.it

Atau kamu juga bisa mencoba menyampurkan 1/2 sendok teh baking soda ke air rebusan telur lalu rebus seperti biasa. Kemudian lihat betapa mudahnya kamu mengupas telur-telur rebus itu.

12. Pastikan kesegaran telur yang kamu santap dengan mencemplungkannya ke dalam air. Kalau mengapung berarti sudah jelek lho.

Tenggelam bagus, mengapung jelek via www.radacutlery.com

Kadang kita nggak tahu telur yang kita simpan selama ini masih layak dimasak atau enggak. Ketahuannya sering sudah terlambat. Saat dipecahkan dalam wajan atau dimasukkan dalam adonan, baru ketahuan kalau telurnya sudah bau. Beberapa malah udah jadi setengah ayam, hiiiy!!

Kamu nggak perlu deg-degan lagi, celupkan saja telur yang mau dipakai dalam gelas tinggi berisi air. Kalau telurnya tenggelam berarti masih bagus, kalau melayang (di antara mengapung dan tenggelam) berarti masih lumayan tapi harus segera dipakai. Nah kalau udah mengapung, mending kamu ikhlaskan saja deh telur itu.

13. Selamatkan panci yang gosong dengan ramuan baking soda, garam dan air!

Sisa gosong juga bisa dilenyapkan via allourfingersinthepie.blogspot.com

14. Letakkan bahan makanan yang akan kamu goreng di atas serbet yang menyerap kelembaban, agar saat digoreng tidak akan meletus-letus.

Gorengan meletus-letus karena ada air via en.wikipedia.org

Menggoreng kerap menjadi salah satu metode memasak yang paling menakutkan untuk pemula. Apalagi kalau menggoreng ikan dan seafood, hampir bisa dipastikan minyaknya sering meletus-letus kemana-mana.

Sebenarnya penyebabnya hanya kandungan air berlebih dalam bahan yang digoreng. Jadi cobalah untuk mengurangi tingkat kelembabannya dengan meletakkan bahan tersebut di atas serbet/kertas. Kamu juga bisa mengetes apakah minyak goreng yang kamu panaskan sudah siap dengan memasukkan selembar roti ke dalamnya. Langkah ini juga bisa mengurangi tingkat keasaman pada minyak.

15. Gunakan sendok kayu untuk mencegah air rebusan yang meluap dari dalam panci!

Cegah luapan dengan sendok kayu via www.yuppiechef.com

Kamu pernah dong mengalami kejadian saat rebusan makananmu meluap tumpah keluar panci ketika ditinggal sebentar. Tak perlu khawatir lagi, letakkan saja sendok besar atau spatula kayu melintang di atas bibir panci untuk mencegah luapannya! Nggak percaya? Cobain deh!

Nah gimana, masih alergi masak sendiri? Atau udah nggak sabar untuk mempraktekan 15 trik yang bisa membawa keajaiban di dapurmu ini? Yuk yang semangat belajar masaknya, karena jago masak is the new sexy!