Secuek atau seenggak peduli apa pun kamu terhadap orang lain, akan ada momen di mana kamu butuh berinteraksi. Terkadang kamu akan dihadapkan pada hal-hal sulit, entah menemui karakter orang yang memang rumit dan nggak bisa berkompromi atau karena kondisi. Nah, di saat-saat seperti ini, kamu bisa mengendalikan pikiranmu atau pun memanipulasi pikiran orang lain dengan trik psikologi yang tepat.

Coba deh pelajari dan kuasai trik psikologi sederhana ini untuk memudahkanmu mengendalikan emosi dan memudahkan komunikasimu dengan lawan bicara. Dijamin kehidupan pergaulan, pekerjaan, maupun percintaanmu bakal lebih mudah dan terkendali.

1. Hangatkan tangan saat bersalaman dan sebut nama agar orang lain terkesan denganmu

hangatkan tangan dan sebut nama lawan bicara via www.independent.co.uk

Advertisement

Saat akan berjabat tangan dengan orang lain, gosok-gosoklah dulu telapak tanganmu. Tangan yang hangat akan bikin orang lain lebih nyaman. Jangan lupa untuk selalu menyebut nama lawan bicaramu. Mereka akan merasa spesial ketika disebut namanya dan kamu pun bakal selalu diingatnya karena kesan yang baik.

2. Tatap mata lawan bicara agar dia mau terbuka sama kamu. Juga bisa dipakai untuk membongkar kebohongannya

tatap lawan bicara via www.rd.com

Tatapan mata memang bisa menyihir lawan bicara. Selain kamu akan terlihat charming di hadapannya, cara ini juga bisa membuat lawan bicaramu lebih terbuka. Apalagi kalau kamu mencurigainya berbohong, tatapan mata akan membuat mereka nggak nyaman dan akhirnya mengakui kebohongannya.

3. Ketika kamu nggak nyaman karena seseorang yang terus memerhatikanmu, perhatikan balik ke arah sepatunya

lihat balik ke arah sepatunya via www.lexicolatry.com

Saat sedang berada di transportasi umum atau di tempat publik lalu kamu menangkap ada seseorang yang memerhatikanmu terus menerus hingga bikin kamu nggak nyaman, tatap ke arah sepatunya. Cara ini bikin dia akhirnya terintimidasi dan berhenti menatapmu.

4. Lakukan sesuatu yang seru dan menegangkan saat kencan pertama. Niscaya si doi bakal terus mengingat kegiatan berkesannya ini bareng kamu

melakukan hal yang menegangkan via blooloop.com

Advertisement

Ketika kencan pertama bareng gebetan, jangan melulu ajak dia makan malam romantis. Itu sih sudah kuno. Cobalah ajak dia nonton film horor atau naik wahana yang seru. Lebih mudah bagi seseorang untuk menyukai orang lain yang tengah bersama mereka ketika adrenalinnya terpacu atau merasa ketakutan.

5. Kamu bisa membuyarkan kemarahan orang lain dengan diam mendengarkan dan duduk di sebelahnya

duduk di sebelahnya via www.pexels.com

Saat sedang menghadapi orang lain yang sedang marah, jangan melawan. Diam dan dengarkan saja, lalu perlahan duduklah di sampingnya. Cara ini juga bisa kamu terapkan pada seseorang yang nggak menyukaimu. Ketika kamu duduk di sebelahnya, maka ia nggak akan mengatakan hal-hal yang jelek tentangmu di depan banyak orang.

6. Alih-alih bilang, “Boleh minta tolong?”, akan lebih ampuh kalau kamu bilang, “aku butuh bantuanmu”

jangan cuma bilang tolong via moneyning.com

Ketika kamu butuh pertolongan dan kamu melempar kalimat minta tolong yang umum dan biasa-biasa saja, bisa jadi orang lain akan enggan membantu. Nah, cobalah katakan kalau kamu membutuhkan bantuannya, 99 % orang lain nggak akan menolak permintaanmu.

7. Coba lihat posisi kaki lawan bicara untuk mengetahui apakah dia tertarik sama kamu atau enggak

posisi telapak kaki mengarah ke kamu via www.bustle.com

Ketika kamu lagi ngobrol berhadapan dengan gebetan, coba perhatikan kakinya. Kalau kakinya mengarah ke arahmu, berarti dia punya ketertarikan sama kamu. Tapi kalau kakinya mengarah ke tempat lain, bisa dibilang pikirannya nggak fokus ke kamu.

8. Kamu yang kerja sebagai kasir atau customer service, letakkan cermin di belakangmu untuk meredakan amarah pelanggan

letakkan cermin di belakang kasir via www.thebalancesmb.com

Terutama ketika antrian pelangganmu lagi panjang, meletakkan cermin di belakangmu akan membantu. Pelanggan secara refleks akan bercermin dan nggak akan jadi emosi atau berkurang kadar amarahnya ketika melihat pantulan dirinya sendiri di cermin.

9. Cara paling baik untuk mengingat ilmu adalah membagikannya ke orang lain

berbagi ilmu via www.uoc.edu

Kalau kamu punya satu ilmu atau pengetahuan baru, nggak cukup diingat terorinya atau dipraktikkan saja. Kamu perlu membagikan atau mengajarkannya ke orang lain agar bisa memahami konsepnya dengan lebih baik. Pun lebih lengket di otak karena tubuhmu mengingat sensasi dan pengalamannya.

10. Cata nyepik biar kamu bisa dapat apa yang kamu inginkan dari orang lain

sepik-sepik yang berhasil via www.stocksy.com

Misalnya nih, kamu pengen ditraktir makan enak sama pacar. Awali dengan permintaan yang lebih besar seperti minta diajak jalan-jalan  ke luar kota. Kalau nggak dikasih, turunkan penawaran dengan minta dibelikan tas. Terakhir, mintalah untuk ditraktir makan enak yang akan terkesan lebih terjangkau dari permintaanmu yang lainnya.

11. Jangan hanya pentingkan kesan pertama, kesan terakhir juga menentukan lo!

kesan terakhir via www.thesnowboots.com

Ketika mengingat suatu pengalaman, yang akan paling diingat adalah awal atau akhir dari ingatan tersebut. Artinya, kesan terakhir juga nggak kalah penting. Makanya, sebelum berpisah dari lawan bicara, tinggalkan kesan yang baik dan sulit dilupakan.

Terapkan trik-trik psikologi di atas saat kamu berinteraksi dengan orang lain. Niscaya kamu akan dinilai lebih karismatik, disukai orang lain, bahkan kamu juga bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya