Punya banyak kantong plastik bekas supermarket atau bungkus belanjaanmu kemarin-kemarin?

Saking banyaknya, kamu sampai bingung mau di apakan?

Kantong plastik yang sudah dibeli ternyata pada akhirnya tetap dibuang dan menjadi sampah. Para pecinta lingkungan mencoba melihat ini sebagai permasalahan sekaligus peluang. Mereka berinisiatif untuk mendaurulang sampah kantong plastik itu jadi sesuatu yang berguna. Kamu sebagai anak-anak muda keren juga harus bisa, agar kamu tak menjadi salah satu penyumbang sampah yang sangat mengganggu lingkungan.

Dan kali ini, Hipwee Tips akan memberikanmu inspirasi apa saja yang bisa kamu buat dari kantong plastik, biar nggak selalu dibuang percuma!

1. Agar lebih kuat dan kencang, kantong plastik biasanya dipilin dulu menjadi sebuah tali, selanjutnya bisa dianyam, dirajut, atau teknik sambung lainnya

Memilin kantong plastik jadi tali via 1millionwomen.com.au

Merajut tali dari kantong plastik via newlifenewpurpose.wordpress.com

Advertisement

Menganyam tali dari kantong plastik via artistplacement.com

2. Kantong imut kece ini bisa digunakan untuk menyimpan ponsel dan uang. 100% berbahan keresek rajutan!

Rapi banget kayak rajutan benang kan? via thecraftgroupplus.blogspot.com

3. Kamu yang berjiwa seni jangan segan untuk berekspresi! Keresek bekas yang warnanya bagus bisa kamu sulap jadi karya semacam ini

Idenya keren sih ini via travellersteph.blogspot.com

4. Kelihatan masih agak kasar sih hasilnya, tapi tas keresek ini tetap cantik dan elegan kok kalau udah dipakai

Tas cantik dari keresek via blog.etsy.com

5. Kantong plastik juga nggak kalah cantik kalau dibuat menjadi tempat botol. Ini buktinya!

jadi lebih cantik ‘kan? via crafthubs.com

6. Nggak cuma bisa dibikin jadi tas kecil saja, mau tas yang ukurannya segede ini juga bisa

Keren juga kan modelnya? via paguro.co.uk

7. Keranjang bunga atau buah dari bambu sih udah mainstream banget, kalau yang dari keresek udah pernah punya atau nyoba bikin belum?

keranjang bunga via myrecycledbags.com

keranjang buah pun bisa via becreativehobbies.blogspot.com

8. Ini cantik! Udah pantes kalau mau dipakai kondangan ke nikahannya mantan atau acara-acara resmi lainnya

Cantik kan? via rickthompson.com

9. Nggak jauh beda sama envelope bag berbahan manik-manik, yang bahannya dari keresek doang juga nggak kalah ciamik

Mirip kayak manik-manik kan ? via skygunclose.wordpress.com

10. Boleh juga kalau kamu iseng bikin bola-bolaan dari keresek bekas, lumayan buat ngilangin stres pas lagi bosan di kost’an 🙂

Bola dari keresek via flickr.com

11. Kalau yang ini butuh banyak kereseknya, pilih yang cukup tebal juga biar nggak rusak pas diduduki

Lumayan nih kalau bisa bikin ginian via instructables.com

12. Paling keren nih! Ini bukti kalau kecantikan keresek bekas itu benar-benar nyata bergantung tangan siapa yang menyentuhnya

Lampu cantik yang dihiasi keresek bekas via crafthubs.com

13. Buat kamu yang punya adikk atau anak perempuan, coba deh bikinin baju Barbie dari keresek. Nggak kalah glamour, kok!

Baju Barbie dari keresek via youtube.com

14. Jangan lupa dibikin figura juga, pasang foto yang tersayang disana agar selalu terkenang selamanya

Pigura dari keresek via irational.org

15. Dibikin bunga juga nggak kalah keren hasilnya, mau bentuk bunga apapun bisa asal kreatif orangnya

Bunga keresek 1 via cfabbridesigns.com

Bunga keresek 2 via auntpeaches.com

16. Perpaduan warnanya keren banget, padahal cuma keset lho, guys! Dari keresek bekas pula, luar biasa memang !

Kesed dari keresek via crafthubs.com

17. Sandal lucu dari keresek ternyata sama sekali nggak tampak murahan asal desain dan sentuhannya juga elegan

Sandal keresek via craftsy.co

18. Bentuk dan warna kayak gini nggak akan malu-maluin kalau dipakai buat main. Kamu mau juga ‘kan?

Warnanya bagus via crafthubs.com

19. Tas laptop juga bisa kalau mau menggunakan bahan keresek yang sudah dipilin. Kuat banget kok, jadi nggak usah khawatir

Tas laptop dari keresek via crafthubs.com

20. Jenis-jenis tas kayak gini kuat banget menahan beban yang masuk ke dalamnya, bisa banget buat ngangkut-ngangkut barang berat

Semacam karung via crafthubs.com

21. Tempat barang-barang kecil kayak gini juga bisa dibuat dari anyaman keresek, minimalis tapi tetap manis

22. Nyangka nggak kalau ‘kan lampion putih ini cuma terbuat dari keresek?

Kalau nyala pasti keren banget! via matsutakeblog.blogspot.com

23. Buat wadah seserahan yang mau lamaran atau nikahan, lucu dan anti mainstream. Cinta lingkungan juga!

Ditutupi renda-renda gini jadi cantik via wonderfuldiy.com

24. Bisa jadi tempat sampah, bisa juga buat wadah baju kotor. Hemat dan praktis banget

Tempat sampah atau keranjang cucian via beadandcord.com

25. Yang berkacamata bisa bikin nih buat tambahan koleksi wadah kacamata kalian, biar nggak itu-itu terus

Kalau kamu ingin tahu bagaimana cara membuatnya, silahkan cek sumber-sumber berikut ini:

Gimana? Bikin ngiler semua ‘kan? Selain bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, kantong plastik bekas tadi juga bisa bikin waktumu lebih berharga dengan berkreasi! Selamat mencoba 🙂

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!