Meski sama sekali nggak hobi main komputer atau utak-utik perangkat lunak di laptopmu, suatu saat permasalahan software begini pasti akan kamu temui. Kemampuan mengetik dan printing saja nggak cukup kamu jadikan patokan kalau kamu belum menguasai penggunaan aplikasi perangkat lunak yang satu ini lo. Kadang kala kamu membutuhkan kemampuan untuk membuat variasi file, baik itu mengompres, mengubah data pdf, hingga menggabung dan memisahkannya.

Nggak usah khawatir, kali ini Hipwee Tips akan memberikanmu sebuah jalan pintas biar kamu bisa menguasai sedikit kemampuan olah data PDF yang bakal dibutuhkan banget khususnya saat melamar kerja. Simak uraian berikut ya!

1. Edit tulisan di file PDF tanpa perlu mengunduh aplikasi penunjang lain. Bisa kok!

Coba dulu dicek! via www.hipwee.com

Advertisement

File PDF yang biasanya kamu dapatkan melalui unduhan di internet sebenarnya bisa kamu ubah dan edit sendiri lo. Syaratnya, kamu harus memiliki aplikasi Microsoft Word dan Acrobat Reader yang mumpuni, bukan versi lama yang sudah hampir kadaluarsa. Tinggal klik kanan-open with-Microsoft Word pada file PDF yang ingin kamu edit. Jangan lupa klik tombol enable editing jika muncul peringatan ya. Kalau masih juga nggak bisa, kemungkinan pemilik file PDF yang kamu unduh memang menguncinya dengan password tertentu, tujuannya agar karya tulisan mereka tidak diplagiasi. Jika kamu punya banyak waktu luang dan sisa kuota untuk mengunduh aplikasi, kamu bisa unduh Foxit Reader demi keleluasaan mengedit file PDF dan mengutak-atiknya.

2. Mengompres atau memperkecil ukuran file PDF bisa dengan atau tanpa aplikasi lo. Caranya juga tergolong mudah

Nah, ada opsinya kan? via www.hipwee.com

PDF sejatinya bisa dikompres melalui apikasi atau via online. Tinggal klik saja “PDF Compres” di laman pencarian seperti Google atau Bing, kemudian klik situs yang menurutmu terpercaya. Tinggal unggah filemu dan biarkan situs pengompres yang bekerja. Rata-rata mereka memberikan banyak pilihan seberapa kecil kamu ingin mengompres filemu. Karena basisnya dari situs internet, jika kamu pakai cara ini kamu harus pastikan koneksi internetmu baik, ya.

Namun jika kamu memiliki Microsoft Word terbaru mulai tahun 2013, kamu tidak perlu mengunduh aplikasi tertentu atau melakukan kompres online untuk memperkecil ukuran file. Buka file PDF dari Microsoft Word (caranya ada di uraian poin 1 di atas), lalu klik save-pilih save as type: PDF-tandai kolom Optimize for: Minimus Size (Publishing Online)-save.

3. Menggabungkan dan memisahkan file PDF. Bisa berguna banget nih buat skripsi dan melengkapi persyaratan lamar kerja

Tenang, nggak serumit yang kamu bayangkan. via www.softpedia.com

Advertisement

Nggak seperti Microsoft Word, menggabung dan memisahkan file PDF memang perlu sedikit perjuangan. Jika tulisan di file Word mudah disalin dan tempel, file PDF perlu aplikasi khusus buat melakukannya. Kamu bisa mengunduh aplikasi 7 PDF Split & Merge di sini. Install, lalu buka saja laman aplikasi tersebut tanpa perlu tersambung ke jaringan internet. Masukkan file PDF yang hendak kamu pisahkan atau gabungkan dengan menekan tombol Add. Lalu operasikan petunjuknya sesuai dengan yang kamu inginkan, apakah kamu akan memisahkan atau menggabungkannya, sudah sangat mudah dan lengkap tombolnya.

Tentu selain mengunduh aplikasi kamu juga bisa memisahkan dan menggabungkan PDF secara online. Tinggal masuk ke laman pencarian dan klik situs yang menurutmu terpercaya. Simpel kan?

4. Mengubah file foto atau gambar kedalam format PDF dan mengubah PDF jadi gambar. Simpel banget kok

Tinggal tarik dan unggah filenya ke sini. via jpg2pdf.com

Membutuhkan aplikasi khusus untuk mengubah file gambar baik JPG, JPEG, maupun PNG ke dalam format PDF. Lagi-lagi aplikasi Foxit Reader mungkin akan sangat membantumu. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk cukup klik kanan di file yang ingin kamu ubah. Baik itu dari PDF ke format gambar maupun dari format gambar ke PDF. Adapun secara online, banyak banget situs yang menyediakan layanan untuk ubah format PDF kok. Sebut saja PDF Converter, I Love PDF, dan lain-lain.

Sebenarnya nggak terlalu memusingkan kan? Kamu hanya perlu memastikan kalau kamu memiliki jaringan internet untuk kepentingan unduh aplikasi maupun melakukan format PDF secara online. Jangan sampai hal sesimpel ini membuatmu malas dan mengurungkan niat untuk melamar kerja. Ribet itu cuma mindset. Semangat ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya