Zaman sekarang ini, hampir semua orang punya laptop khususnya mereka yang usia produktif. Penggunaan laptop dinilai lebih praktis dan efisien dibandingkan komputer. Dari segi performa, laptop juga nggak kalah unggulnya, selalu mengikutin tren dan perkembangan teknologi.

Sama seperti gadget lain, laptop juga nggak jarang mengalami berbagai macam permasalahan, terutama pada layarnya. Meski termasuk masalah serius, kamu nggak perlu panik dulu. Apalagi buatmu yang masih belum mengerti, jangan lantas pasrah dan hanya membiarkan laptop terbengkalai nggak dipakai.

Nah, Hipwee Tips kali ini bakal bahas solusi dari permasalahan laptop yang biasa terjadi. Sebelum akhirnya kamu bawa ke tukang servis, siapa tahu bisa kamu betulkan sendiri. Yuk, pelajari!

1. Laptop menyala dengan benar tapi muncul garis-garis vertikal atau horizontal yang bergerak kacau mengecoh penglihatanmu di layar? Kamu cukup menguji memori internalnya secara manual

duh, ganggu! via mygaming.co.za

  • Uji laptop dengan output gambar pada monitor eksternal. Jika kamu melihat masalah yang sama pada layar eksternal, kemungkinan besar ini adalah VGA card atau kartu grafisnya rusak. Maka kamu harus menggantinya.
  • Jika masalahnya hanya muncul di layar laptop, bisa jadi akibat koneksi yang buruk antara kabel video dan motherboard atau layar LCD. Bisa juga karena kabel video gagal atau layar LCD gagal. Kencangkan kaitan kabel-kabel tadi atau segera bawa ke tukang servis laptop.

2. Laptop menyala dengan benar, tetapi setelah beberapa saat lampu layar mati. Gambar masih muncul di layar tetapi samar atau sangat gelap

Advertisement

layar samar via www.technobuffalo.eu

Kemungkinan besar masalahnya adalah inverter layar atau lampu layar backlight (CCFL) yang rusak. Gantilah dengan yang baru.

3. Laptop menyala, lampu LED juga menyala, pendinginan kipas bekerja tapi layar blank atau hitam dan kosong sama sekali. Begini cara membetulkannya…

layar kosong via www.youtube.com

  • Masalah ini bisa jadi karena kegagalan memori. Kamu bisa mencoba mengganti modul memori untuk memastikan kontak yang baik dengan slot. Caranya, lepas modul memori satu per satu, uji laptop dengan hanya satu modul memori yang terpasang. Cobalah mengganti modul memori lain dengan modul baru.
  • Jika mengganti modul memori nggak membantu, cobalah bongkar laptop, lalu lepas hard drive, DVD drive, modem, kartu wireless, keyboard, dan lainnya, uji lagi. Jika layar masih nggak menyala, konsultasikan ke tukang servis, ya.

4. Laptop menyala tanpa menunjukkan gambar apapun pada layar. Setelah beberapa detik laptop mati dengan sendirinya. Kemudian menyala dan mati lagi. Hal ini terus terjadi sampai laptop kamu matikan secara total

nyala lalu mati lagi via www.digitaltrends.com

Kemungkinan besar karena kerusakan motherboard. Cobalah untuk mengganti memori seperti masalah nomor 3. Jika nggak membantu, berarti terjadi kerusakan parah pada motherboard. Dalam kebanyakan kasus, sangat sulit mengganti motherboard, mending kamu beli laptop baru.

5. Laptop menyala dan berjalan dengan benar, tetapi setelah beberapa saat langsung hang atau mati tanpa peringatan apapun. Ketika itu terjadi, laptop terasa panas di bagian bawah, kipas pendingin juga bekerja lebih keras dari biasanya

layar nge-hang via www.youtube.com

Kemungkinan besar karena masalah prosesor yang panas akibat modul pendingin tersumbat oleh debu sehingga laptop nggak bisa ‘bernafas’ dengan baik. Solusinya, bersihkan kipas pendingin dan heatsink-nya.

6. Saat laptop menyala, terdengar suara ‘beep’ berulang-ulang. Laptop akan berjalan normal kembali jika menekan salah satu tombol keyboard

Kemungkinan besar karena ada tombol yang terjebak pada keyboard. Segera perbaiki atau ganti keyboard, ya!

7. Laptop menyala dan semuanya bekerja dengan baik, tapi membuat suara bising dan berderak yang mengganggu

coba bersihkan kipasnya via pipolionheart.com

Kebanyakan kasus kebisingan berasal dari kipas pendingin atau hard drive laptop. Lepaskan hard drive dari laptop dan nyalakan laptop. Tunggu sampai hangat dan kipas mulai berputar.

  • Jika suara bising muncul ketika kipas pendingin mulai berjalan, maka masalahnya adalah pada kipas pendingin. Bersihkan atau ganti kipasnya.
  • Jika laptop membuat suara bahkan saat kipas belum berputar, bisa jadi berasal dari hard drive. Back up semua data pribadi dari hard drive sesegera mungkin, kerusakan total dapat terjadi setiap saat. Pasang kembali hard drive.

8. Baterai laptop nggak terisi dengan benar saat konektor daya diocolokkan

lepas baterainya via www.dailymotion.com

  • Kemungkinan pertama, kerusakan baterai. Jika baterai benar-benar nggak terisi sedikitpun, coba gunakan dulu baterai tanpa diisi daya. Jika nggak membantu, keluarkan baterai dan coba jalankan laptop hanya dari AC adaptor. Jika laptop berjalan dengan baik dari adaptor AC tetapi nggak mengisi baterai sama sekali, coba mengganti baterai dulu.
  • Lepas konektor daya DC. Jika pengisian baterai berhenti setelah kamu mengatur posisi ujung adaptor AC di dalam konektor, berarti DC jack bermasalah.

9. Laptop menyala dan berjalan dengan baik, tapi beberapa tombol keyboard nggak bekerja sama sekali atau karakter yang banyak salah ketik

keyboard typo via www.techwalla.com

Kemungkinan besar beberapa tombol keyboard rusak. Keyboard laptop nggak dapat diperbaiki, kamu harus menggantinya.

10. Satu atau beberapa tombol keyboard hilang dari laptop, otomatis laptop nggak bisa bekerja saat digunakan untuk mengetik

keyboardnya ilang atau lepas via www.youtube.com

Jika tombol hilang dari keyboard, masih mungkin untuk memperbaikinya tanpa mengganti seluruh keyboard asalkan engsel tombol nggak rusak. Tapi jika ada banyak tombol yang hilang, akan lebih baik kalau kamu menggantinya sekaligus.

11. Pernah dengar istilah ‘LCD-nya kena’? Ini terjadi jika layar retak atau terdapat garis berwarna hitam di dalam layar

LCD nya kena via www.technosamrat.com

Solusi dari permasalahan ini adalah penggantian LCD yang baru.

12. Laptop ketumpahan sesuatu atau biasanya benda cair dan laptop berhenti bekerja

waduh, ketumpahan via id.pinterest.com

Tumpahan cairan nggak terduga bisa jadi berbahaya. Segera matikan laptop, keluarkan baterai dan jangan menggunakannya sampai semua bagian internal diperiksa dari kerusakan cair. Bawalah ke tukang servis untuk menanyakan keadaannya.

13. Laptop mati total. Adaptor AC terpasang ke laptop, tapi nggak ada lampu yang menyala sama sekali. Saat menekan tombol power, nggak ada reaksi yang terjadi

mati total via thenextweb.com

  • Bisa jadi AC adaptor rusak dan baterai habis sepenuhnya. Pertama-tama, uji AC adaptor. Jika memang mati, ganti adaptor.
  • DC jack terlepas dari motherboard atau bahkan rusak sehingga laptop nggak memperoleh daya listrik dari adaptor AC. Maka, jack DC harus diganti.
  • Motherboard laptop rusak. Jika itu terjadi, kemungkinan besar laptop nggak layak diperbaiki, alias beli laptop baru.

Nah, silakan lakukan cara-cara yang sudah dijelaskan tadi jika kamu memang sudah terbiasa mengutak-atik leptop sendiri. Tapi jika kamu sama sekali nggak terbiasa melakukannya, bawalah ke tukang servis laptop yang terpercaya. Meski nggak bisa membetulkannya sendiri, setidaknya kamu tahu permasalahan dan kondisi laptopmu, ‘kan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya