Bagi para pegiat kecantikan yang suka dengan dunia per-makeup-an, tentu nggak asing lagi dengan nama Tasya Farasya. Dara cantik keturunan Arab ini dikenal sebagai MUA dan beauty vlogger hits dengan gaya komunikasinya yang ceplas-ceplos. Selain eksis di dunia kecantikan, rupanya Tasya Farasya juga nggak lupa untuk menjaga kesehatan. Terbukti dengan antusiasmenya untuk menjawab sesi QnA para follower-nya yang berkaitan dengan dunia perdietan. Lantas dia sharing mengenai beberapa hal yang harus diperhatikan saat diet, mengingat dirinya sudah khatam dengan urusan berat badan.

Nah, jika pertanyaan seputar perdietan menjadi keresahanmu juga, coba deh kamu perhatikan trik-trik yang disarankan oleh Tasya Farasya berikut. Nggak berat kok, siapa tahu cocok!

1. Kamu mesti paham dulu apa itu diet. Jika sudah paham, tentukan diet mana yang sanggup kamu lakukan seumur hidup. Kalau nggak yakin, nggak usah deh!

Jangan salah paham dulu via corenaturopathics.com.au

Advertisement

Kebanyakan orang memandang diet sebagai suatu upaya menurunkan berat badan. Padahal, diet nggak hanya mengacu pada penurunan berat badan, melainkan lebih berfokus pada pengaturan pola makan, baik porsi maupun kandungan gizinya. Jadi, nggak hanya orang yang ingin mengurangi berat badan saja yang bisa diet, mereka yang ingin gemuk juga bisa diet.

Nah, dari sekian banyak jenis diet yang ada di dunia ini, baiknya kamu tentukan salah satunya saja untuk bisa diterapkan dan dijalani seumur hidup. Sesuaikan dengan kemampuan dan jangan berekspektasi terlalu tinggi. Dalam hal ini kamu harus visioner, di mana diet yang kamu lakukan nggak hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan saja, tapi juga sebagai gaya hidup. Jadi, jika kamu sudah yakin dan mantap untuk menerapkan satu jenis diet tertentu, maka lakukan. Tapi jika kamu nggak yakin bakal kuat menjalaninya, mending nggak usah aja, ya!

2. Makan saat lapar, berhenti jika kenyang. Asal makan makanan yang sehat dan tercukupi nutrisinya, nggak sembarangan

Makan sewajarnya, tapi pilih-pilih juga. via www.rd.com

Jangan pernah melakukan hal bodoh seperti mogok makan demi bisa turun berat badan. Meski kamu sebenarnya nggak lapar atau nggak nafsu makan, adalah fatal jika sampai perutmu kosong seharian. Mungkin berat badanmu akan terjun bebas, tapi jangan salahkan jika kamu berpotensi mengidap anoreksia atau bulimia. Jadi, makanlah sewajarnya saja, jangan terlalu menyiksa. Utamakan sarapan dan makan siang dengan mengonsumsi makanan berserat yang kaya nutrisi seimbang. Musuh utamamu adalah karbohidrat kompleks seperti nasi putih, roti putih, segala macam mi, makanan manis, ataupun junk food. Jauh-jauh dari mereka, ya!

3. Jadikan olahraga sebagai aktivitas rutin yang menyenangkan, jangan anggap sebagai beban

Advertisement


Selain mengonsumsi makanan sehat yang sarat nutrisi, olahraga adalah syarat untuk memperoleh berat badan yang seimbang. Kabar baiknya, olahraga adalah harga mati, nggak bisa disubstitusi. Jika kamu masih saja malas-malasan bergerak, maka jangan harap kamu bakal mendapatkan berat badan idaman, apalagi jaminan kesehatan di masa depan. Nah, menurut Tasya, buatmu yang ingin membakar lemak dengan cepat, jangan takut untuk latihan beban karena bakal membakar lemak lebih banyak daripada olahraga jenis lainnya, misalnya kardio. Hal ini dikarenakan metabolisme tubuh sedang bagus-bagusnya selama 72 jam ke depan setelah latihan.

Terlepas dari jenis olahraga apa yang kamu pilih nantinya, jadikan olahraga sebagai aktivitas yang menyenangkan. Sehingga kamu akan melakukannya dengan kelegaan hati, fun, dan pada akhirnya berat badanmu pun bakal menyesuaikan tanpa kamu sadari.

4. Konsisten adalah kunci. Jangan terlalu berekspektasi, jalani saja pola hidupmu yang baru dengan sepenuh hati

Nih, hasil sabar dan konsisten via www.instagram.com

Biasanya, mereka yang terlalu semangat dengan program diet di awal, bakal nge-down dan malas-malasan begitu hasilnya nggak sesuai yang diinginkan. Padahal, diet itu perlu dilakukan dengan konsisten. Itulah kenapa kamu ditekankan untuk yakin akan menjalani pola makan yang dipilih seumur hidup. Namun jika pada akhirnya kamu gagal di tengah jalan, jangan stres dan menyalahkan diri sendiri. Santai saja, lakukan lagi sebisamu. Intinya setiap proses perlu ada peningkatannya, jangan lalu jadi mundur atau bahkan jadi kacau sama sekali. Kamu juga dituntut untuk sabar, karena segala sesuatu itu nggak ada yang instan. Jika kamu telaten, suatu hari nanti kamu bakal tercengang melihat hasilnya.

Diet itu nggak semudah kelihatannya, tapi juga nggak seribet yang dibayangkan. Niat memang penting, tapi mampu menjalaninya dengan konsisten lebih penting. Jangan overthink, jangan lebay, jangan baper dan jangan drama. Jalani saja dengan sabar hingga tubuhmu bisa menyesuaikan pola makan dan aktivitas yang baru. Jika kamu mau terapkan dengan sungguh-sungguh pola hidup yang sehat seperti ini, jangan heran jika tubuhmu bakal segar, kencang, pencernaan lancar, menstruasi lancar (bagi cewek), nggak pernah sakit-sakitan, dan tentunya happy sepanjang hari, seperti yang sudah diterapkan oleh Tasya Farasya. Bagaimana kamu?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya