Hampir semua cewek pasti menginginkan bentuk tubuh yang ideal — langsing dan memiliki lekukan pinggang yang indah. Tapi sayangnya, tidak semua cewek memiliki niat yang besar untuk melakukan diet dan olahraga rutin untuk mendapatkan bentuk tubuh tersebut. Kebanyakan, niatnya terbentur di rasa malas dan hasrat makan yang tidak terkontrol.

Eits, tenang! Kali ini Hipwee punya beberapa tips untuk kamu tetap bisa mendapatkan bentuk tubuh ideal walaupun terhalang rasa malas berdiet. Bahkan, tips ini bisa kamu lakukan sehari-hari tanpa merasakan sedang berdiet, lho. Apa saja tipsnya? Simak artikel berikut, yuk!

1. Aktivitasmu pasti padat. Jika tak sempat ke gym, pastikan saja kamu banyak naik tangga, bersih-bersih kamar, dan cuci baju pakai tangan.

Manfaatkan tangga di kampusmu

Manfaatkan tangga di kampusmu via elizabethjuliana.wordpress.com

Advertisement

Olahraga sangat penting untuk dilakukan secara rutin. Tidak hanya supaya tubuhmu tetap bugar, berolahraga juga mampu membuat bentuk tubuhmu terlihat lebih ideal. Untuk itu, nggak heran kalau olahraga seringkali disarankan bagi kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan atau diet.

Mencari waktu untuk berolahraga memang sulit, apalagi di tengah-tengah kesibukanmu yang mungkin cukup padat. Nah, daripada kamu tidak berolahraga sama sekali, lebih baik manfaatkan saja kegiatan harianmu sebagai olahraga yang rutin.

Misalnya, walaupun kampusmu memiliki lift, usahakan untuk tetap menggunakan tangga jika hanya naik 1 atau 2 lantai saja. Lalu, rutinlah menyapu kamarmu setiap pagi saat akan berangkat kuliah dan sore hari saat baru saja pulang beraktivitas. Kalau kamu sedikit lebih rajin, cucilah bajumu sendiri tanpa harus menggunakan jasa laundry. Cara ini cukup efektif, lho, untuk membakar kalori dan membuat tubuhmu lebih bugar setiap harinya.

2. Ganti makanan instanmu dengan sereal. Sama-sama instan, tetapi lebih bergizi.

Sereal juga makanan instan, kok

Sereal juga makanan instan, kok via www.sehatplus.com

Advertisement

Diet hampir selalu identik dengan makanan yang sehat dan dengan gizi yang seimbang. Makanan seperti ini cukup sulit untuk kamu dapatkan di warung makan ataupun restoran, sehingga seringnya kamu harus memasaknya sendiri. Untuk kamu yang tidak hobi memasak, membuat makanan sehat sendiri cukup merepotkan dan akhirnya lebih memilih untuk menyantap makanan instan saja.

Makanan instan tidak dilarang untuk kamu yang sedang diet. Hanya saja, asupannya benar-benar harus dikurangi; paling tidak hanya 2 kali saja menyantapnya dalam satu minggu. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih sereal sebagai makanan instanmu. Selain lebih bergizi, sereal juga mengandung banyak serat yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Jadi, kamu tidak perlu makan banyak-banyak deh supaya merasa kenyang.

3. Apapun makanannya, kunyah dan nikmatilah secara perlahan.

Jangan rakus dan terburu-buru

Jangan rakus dan terburu-buru via

Salah satu cara makan yang baik adalah dengan menikmati dan mengunyahnya secara perlahan. Makan dengan cara seperti ini tidak hanya membuat sistem pencernaanmu berfungsi dengan baik, tetapi juga dapat membantumu dalam menurunkan berat badan.

Saat kamu mengunyah makanan dengan cepat, serat serta kandungan gizi lain yang terdapat pada makanan tidak terserap dengan baik oleh tubuh. Hasilnya, makanan tersebut hanya menumpuk di dalam tubuhmu dan berubah menjadi lemak. Lain halnya jika kamu mengunyah makanan secara perlahan. Serat dan kandungan gizi makanan dapat terserap dengan baik oleh tubuhmu, sehingga makanan yang kamu makan tidak sia-sia dan yang terpenting adalah membuatmu cepat merasa kenyang. Akhirnya, kamu pun tidak ingin menambah porsi makan, deh. Berat badanmu aman.

4. Makan di warung atau memesan makanan antar itu sah-sah saja, asal kamu pesan menu dengan sayuran.

Perbanyak menu sayur

Perbanyak menu sayur via 20-juuichigatsu.blogspot.com

Memasak makanan sehat bagi yang rajin berdiet saja rasanya sudah berat, apalagi untuk kamu yang malas. Alhasil, kamu lebih sering mengurungkan niat berdiet dan memilih untuk makan di warung atau bahkan memesan makanan saja lewat telepon.

Eh, menyantap makanan di warung atau yang menggunakan jasa pesan-antar tidak diharamkan, lho dalam berdiet. Bagi kamu yang malas repot memasak, menyantap makanan warung seperti ini bisa diakali supaya tetap sehat dan berguna bagi dietmu. Caranya, kurangi porsi nasi dan daging di piringmu. Lalu, pilihlah menu sayur yang banyak dan beragam untuk mengisi kekosongan piringmu. Selain harganya nanti akan lebih murah, kamu pun sudah menyantap makanan sehat tanpa perlu repot-repot membuatnya sendiri di rumah.

5. Malas jajan minuman keluar rumah? Minum saja air putih yang banyak.

Minum air putih saja

Minum air putih saja via www.sehatplus.com

Siang hari dengan waktu yang luang paling enak memang diisi dengan malas-malasan sambil menyeruput minuman dingin yang segar. Tapi apa daya, untuk keluar rumah saja rasanya berat sekali karena cuaca yang terik dan panas. Akhirnya, kamu pun lebih membiarkan kerongkonganmu kering begitu saja.

Nah, daripada membiarkan kerongkonganmu kering, lebih baik kamu manfaatkan saja momen malasmu ini sebagai salah satu cara untuk berdiet. Minumlah air putih sebanyak-banyaknya untuk menyegarkan tubuhmu. Air putih ini berkhasiat untuk memperbaiki metabolisme tubuhmu, sehingga sistem pencernaan dan aliran darah juga menjadi lebih lancar. Jika kurang segar, kamu bisa menambahkan es batu sesuka hatimu. Atau kalau kamu mau lebih sehat lagi, coba saja membuat dan meminum infused water yang sedang tren itu.

6. Saat nonton TV atau DVD, jangan hanya tidur seperti kentang. Lakukan beberapa gerakan sederhana supaya tubuhmu bugar.

Gerakan yang sederhana sudah cukup

Gerakan yang sederhana sudah cukup via hellowellnessmedia.s3.amazonaws.com

Menonton TV atau DVD memang paling nikmat dilakukan sambil bermalas-malasan dan tiduran saja tanpa melakukan apa-apa. Apalagi kalau ditambah dengan camilan. Kalau tidak ada konsekuensinya, rasanya seumur hidup kamu ingin melakukan itu saja.

Sayangnya, menonton TV atau DVD sambil tidur-tiduran dan ngemil dalam waktu yang lama, dapat membuat tubuhmu melebar, lho. Nggak mau ‘kan kalau lemakmu ada di mana-mana hanya karena nonton TV sambil malas-malasan? Oleh karena itu, saat sedang menonton, coba deh untuk melakukan beberapa gerakan senam sederhana. Tanpa perlu repot-repot berdiri apalagi ke gym, tubuhmu sudah bisa lebih rileks, bugar, dan lemak pun juga terbakar.

7. Nyalakan musik saat mandi atau ganti baju, lalu goyangkan tubuhmu mengikuti irama lagu. Putar setidaknya 2 lagu.

Goyangkan badan sesuai musik

Goyangkan badan sesuai musik via ithinkyoulllikethissong.tumblr.com

Selain menyapu kamar, cuci baju, dan senam saat menonton TV, ada olahraga sederhana lain yang bisa kamu lakukan di rumah, yaitu menari. Tenang saja, kamu tidak perlu punya keahlian khusus dan kelenturan tubuh kok untuk melakukan olahraga ini. Bahkan, ibumu yang jauh lebih tua saja bisa melakukannya dengan baik.

Caranya, nyalakan musik dengan ritme cepat dan riang saat sedang mandi atau berganti baju. Goyang-goyangkan tubuhmu mengikuti irama musik yang kamu putar saat itu. Gerakannya pun sesukamu saja, yang penting kamu melakukannya dengan semangat sehingga otot-otot tubuhmu pun terasa tertarik. Putar setidaknya 2 lagu untuk mendapat hasil yang maksimal. Mudah ‘kan? Dan yang terpenting, kamu pun tidak merasa keberatan melakukannya.

8. Jangan berhenti ngemil, cukup perhatikan apa cemilanmu. Jika makan buah setiap hari mahal sekali, makan saja kacang atau energy bar!

Ganti camilanmu dengan yang lebih sehat

Ganti camilanmu dengan yang lebih sehat via parade.condenast.com

Di dunia ini, siapa sih yang tidak suka mengemil? Mengemil adalah kegiatan yang paling pas untuk dilakukan saat sedang bersantai, menonton film, bahkan membaca buku. Tapi sayangnya, terlalu banyak mengemil sering membuat kita merasa ‘berdosa’ karena memberi kontribusi kalori lebih dalam tubuh. Padahal, jika dilakukan dengan tepat, ngemil justru akan membantu mengurangi berat badanmu, lho.

Supaya hobi mengemilmu menjadi lebih efektif dalam proses diet yang sedang kamu lakukan, gantilah camilan yang kamu makan dengan yang lebih sehat. Buah-buahan, oats, dan energy bar bisa menjadi pilihan yang tepat. Tetapi kalau ingin yang lebih nikmat dan memiliki rasa, kamu bisa mencoba dark chocolateyogurt, dan kacang almond, kok, sebagai camilan sehatmu.

9. Matikan AC ruang tidurmu. Biarkan keringat keluar dari tubuhmu.

Matikan AC

Matikan AC via family.fimela.com

Sebagai negara tropis, iklim di Indonesia memang menjadi lebih panas dan lembab dibandingkan dengan negara non-tropis. Oleh karena itu, tidak heran jika AC sudah menjadi salah satu barang wajib yang ada di rumah dan kamarmu. Namun, terlalu lama dan sering berada di ruangan ber-AC itu tidak sehat, lho. Kulitmu akan cepat kering dan tubuhmu pun tidak mengeluarkan keringat sebagai hasil dari proses ekskresi. Padahal, keluarnya keringat dari dalam tubuhmu itu menandakan bahwa ada lemak yang telah berhasil dibakar.

Supaya pembakaran lemakmu menjadi lebih maksimal, coba deh kamu matikan AC saat sedang beraktivitas atau bahkan tidur di dalam kamarmu. Anggap saja kamu sedang berada di dalam ruangan sauna. Biarkan lemak terbakar dengan baik di dalam tubuhmu dan akhirnya keluar dalam bentuk keringat. Kalau dilakukan secara rutin setiap hari, cara ini akan cukup efektif lho untuk menurunkan bobot tubuhmu.

10. Milikilah waktu tidur yang Cukup. Kamu mungkin tak suka diet atau olahraga, tapi kamu pasti suka tidur, bukan? 😛

Tidur yang cukup

Tidur yang cukup via huffingtonpost.com

Sebagai orang yang suka bermalas-malasan, tidur adalah sebuah rutinitas yang paling menyenangkan. Untuk itu, coba manfaatkan rutinitas menyenangkan ini sebagai salah satu cara berdietmu, yuk!

Setiap harinya, orang dewasa butuh waktu 8 jam untuk tidur dan beristirahat. Pastikan setiap harinya, 8 jam ini terpenuhi dengan baik untuk beristirahat tanpa terganggu dengan berbagai urusan. Dengan tidur yang cukup, kulitmu dapat beregenerasi dengan baik, metabolisme tubuhmu juga menjadi lancar, dan yang terpenting adalah sistem pencernaanmu dapat bekerja dengan maksimal, sehingga sari makanan yang kamu telan hari itu dapat diserap oleh tubuh dan tidak ada lagi lemak yang menumpuk.

Jadi, kata siapa diet itu repot? Cukup dengan 10 cara sederhana di atas, kamu yang malas juga bisa berdiet dengan cukup maksimal. Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya