Seringkali kita dibuat stres dengan HP yang tiba-tiba macet saat membuka aplikasi. Ditutup nggak bisa, dikembalikan ke home nggak bisa, bahkan HPnya dimatikan pun nggak bisa. Padahal, aplikasi yang di-install nggak banyak kok.

Karena ternyata kebiasaan-kebiasaanmu sendirilah yang menjadi penyebab HP cepat nge-hang. Misalnya, terlalu sering browsing, buka social media, dan multitasking aplikasi berlebihan tanpa disertai kebiasaan rutin hapus cache.  Kalau hal-hal kayak gini diteruskan, nggak heran kalau HP sering eror. Nah, supaya main games sampe chattingan sama si dia lancar , cek 5 kebiasaan yang harus dikurangi dalam ulasan berikut ini yuk.

1. Kamu malas menutup aplikasi yang nggak digunakan ya? Pantesan smartphone-mu sering nge-hang

malas hapus aplikasi tak terpakai (dok. OPPO A5s)

Saking produktifnya kamu pakai HP, tanpa disadari banyak aplikasi yang digunakan dan dibiarkan saja. Kamu lanjut gunakan aplikasi lainnya dan lupa menutup aplikasi yang sudah nggak dipakai. Cara ini tentu saja bikin HPmu jadi lemot karena aplikasi itu tetap berjalan dengan sia-sia. Kinerja smartphone-mu jadi berat, maka tak heran kalau gampang nge-hang.

2. Sudah cek aplikasi-aplikasi yang kamu punya? Hapus cache biar nggak membebani ponselmu

Malas hapus cache

Cache itu apa sih? Sederhananya, cache adalah memori sementara yang menyimpan data dari sebuah aplikasi, biar nanti lebih mudah dan cepat saat dibuka untuk kali kedua. Misalnya kamu pakai Google Chrome saat browsing sesuatu. Website dan data yang kamu pakai saat itu akan tercatat di cache dan bisa dibuka tanpa perlu diketik alamat dan login lagi. Jadi lebih cepat dan efisien deh. Tapi kalau nggak pernah dihapus, data cache jadi besar dan membebani smartphonemu. Makanya jadi lemot dan ponselmu jadi cepat panas lantaran bekerjanya jadi sangat berat. Baiknya kamu rutin menghapus cache aplikasi setiap seminggu sekali biar ponselmu lega.

3. Terlalu banyak foto yang kamu simpan. Sebesar apa pun memori internalnya tetap saja lama-lama HP kelar juga

kebanyakan foto-foto via www.pexels.com

Sebesar apapun memori internal HP, sebaiknya jangan terlalu banyak foto yang kamu simpan di sana. Gunakan deh memori eksternal sebagai tempat untuk menyimpan lebih banyak data foto. Baiknya sih kalau sudah penuh banget kamu sortir foto-foto ke file laptop atau komputer ya. Pilih yang penting-penting saja ada di HP. Lagipula kalau nggak dipindah gitu pusing juga kan mengatur foto-foto di HP nanti?

Tapi untungnya di smartphone OPPO A5s ada A.I Album yang bisa untuk mengatur album foto lebih baik. A.I Album ini akan memudahkan kamu untuk menyusun foto berdasarkan wajah, nama, tempat pengambilan foto, dan bahkan event khusus dalam foto tersebut. Jadi fotomu lebih rapi sesuai kategori dan mudah juga diseleksi mana yang paling kece untuk disimpan sementara lainnya dihapus supaya nggak membebani memori.

4. Sering buka banyak aplikasi secara bersamaan juga bikin ponselmu bekerja ngos-ngosan lho

Multitasking (dok. OPPO A5s)

Mungkin penyebab yang satu ini sudah banyak diketahui orang. Kamu membuka banyak aplikasi saat bersamaan. Dari twitter, ke Facebook, terus buka Instagram, terus ke aplikasi delivery makanan. Ponselmu bekerja ekstra keras di sini. Ibaratnya kamu sendiri kalau harus mengerjakan banyak hal di waktu yang sama pasti juga kewalahan dan ngos-ngosan kan? Jadi inilah hal yang bikin ponselmu sering nge-hang. By the way, OPPO punya solusi lho untuk masalah ini. Dengan fitur Smart Bar, OPPO A5s  yang akan membantu kamu untuk multitasking dari mulai chatting, sampai buka social media secara bersamaan hanya dengan genggaman, sehingga aktifitas yang kamu terasa lebih mudah.

5. Kapasitas baterai yang nggak memadai juga mempengaruhi lho. Kalau cepat habis, ngecharge terus-terusan lama-lama bakal menyerah juga baterainya

masih pakai ponsel saat di-charge via www.pexels.com

Sebal nggak sih kalau lagi enak-enaknya nonton drakor, main game, chatting, dan scrolling media sosial eh ponselnya lowbat? Alhasil harus ngecharge dulu, dan biasanya karena terlalu sayang meninggalkan kegiatan sebelumnya, kamu pun nggak ragu buat ngecharge sambil tetap mempergunakan ponselnya. Duh, wajar saja ponselmu gampang eror.

Lain halnya kalau kamu punya smartphone dengan baterai super awet seperti OPPO A5s yang kapasitas baterai mencapai 4.320 mAh dengan fitur A.I. Battery Management yang memadai untuk berbagai aktivitas seru di smartphone. Fitur ini bisa mengatur manajamen sistem secara mandiri termasuk pendistribusian sumber daya sehingga ponselmu akan memberikan performa terbaik saat dibutuhkan. Bisa digunakan untuk internetan lebih lama, nonton video offline selama 13,5 jam, atau digunakan secara normal dalam waktu 17 jam. Nggak perlu sering-sering nge-charge ‘kan? Jadi kamu nggak perlu khawatir kehabisan baterai saat lagi seru-serunya nonton drakor atau main PUBG.

Selain memiliki fitur unggulan yang membantu kegiatan sehari-hari, OPPO A5s juga memiliki layar water drop screen layar yang luas dan nyaman, sehingga akan memberikan pengalaman visual terbaik saat streaming nonton film atau sekadar main games . Warnanya pun kece banget. Ada Glamour Red dan Classic Black yang super kekinian, yang bisa kamu pilih sesuai selera. Dengan berbagai fitur kece OPPO A5s, smartphonemu jadi smartphone #FunNeverStop yang bisa melakukan banyak kegiatan seru tanpa hambatan.

Jadi, mana kira-kira penyebab smartphone-mu sering ngehang?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya