Hal paling menganggu saat puasa adalah, kurangnya niat kita untuk bersabar dan menahan lapar. Bukan cuma lemas karena kelelahan saja, tapi lingkungan kerja atau kuliah yang seringkali mempengaruhinya. Kamu mungkin sudah sahur atau minum susu setiap malam, tapi kok masih susah buat kekenyangan? Hmmmm, coba cek lagi deh kandungan gizi yang ada di setiap menu berbuka atau sahurmu!

Nah, supaya kamu nggak repot mencari ke mana-mana, berikut Hipwee Tips sajikan menu sahur dan berbuka yang sederhana, tapi bisa bikin kenyangmu itu tahan lama. Kira-kira apa saja, ya?

1. Sahur sehat dengan smoothie jeruk dan bayam, kaya protein dan juga omega 3 yang sangat baik buat kesehatan

Jeruk campur bayam, gimana rasanya ya?

Jeruk campur bayam, gimana rasanya ya? via earthacooks.com

Advertisement

Mungkin kamu belum pernah mencoba menggabungkan sahur dan buah jadi satu menjadi smoothie. Tenang, rasanya enak abis dan nggak aneh-aneh, kamu pasti doyan. Nggak cuma segar dan enak, tapi juga menyehatkan dan memberikan kamu tenaga untuk berpuasa.

Bahan yang kamu butuhkan :
1 1/2 cangkir yoghurt
1 cangkir bayam (baby spinach)
2 cangkir jus jeruk
1/2 sdm jahe segar
2 sdm biji chia (opsional)

Cara membuat:
1. Gunakan blender untuk menghaluskan campuran bayam, yoghurt, jahe, dan jus jeruk.
2. Tuangkan dalam gelas
3. Taburkan biji chia di atas gelas
4. Sajikan

Kalau sekiranya masih lapar, kamu tetap boleh melahap nasi dan lauk saat sahur, kok.

2. Makanan berminyak emang sebaiknya dihindari, tapi frittata yang pakai minyak zaitun ini boleh dicicipi

Frittata

Frittata via bonappetit.com

Advertisement

Buat kamu yang suka gorengan, pasti kamu akan merasa sedih saat membaca artikel-artikel kesehatan karena hampir semuanya melarang kita untuk memakan gorengan selama puasa. Padahal bisa kamu akali lho dengan menggunakan minyak zaitun, coba deh resep frittata ini!

Nggak susah, kok. Siapkan dulu bahan-bahan ini :
1-2 sdt olive oil
1 bwang kecil, cincang
1 1/2 cangkir jamur baby bell dipotong
1 1/2 cangkir summer squash
8 telur ukuran besar
1/4 cangkir daun cilantro
1 cangkir keju mozarella diparut
1/4 sdt garam
1/4 sdt black pepper

Cara membuat:
1. Panaskan oven 400 F
2. Panaskan 1 sdt minyak dalam penggorengan yang cukup dimasukkan dalam oven
3. Masukkan bawang, tumis hingga lembut,
4. Tambahkan jamur dan labu, masak selama 2-3 menit atau hingga airnya cukup mengering
5. Campurkan telur dnegan daun cilantro dan 3/4 keju mozarella. Bumbui dengan garam dan black pepper.
6. Jika lengket kamu bisa menambahkan 1 sdt minyak lagi. Tuangkan campuran telur di atas sayuran, aduk.
7. Tutup penggorengan dengan penutup, kecilkan api dan masak selama 8 menit
8. Masukkan dalam oven dan panggang selama 5 menit.
9. Buat topping dari sisa keju (boleh dioven lagi)

3. Kurang lengkap rasanya kalau buka puasa tanpa kolak, coba bikin dari labu kuning dan pisang ambon yuk!

Kolak labu kuning dan pisang

Kolak labu kuning dan pisang via naismacreation.wordpress.com

Kolak memang sudah seperti makanan wajib di bulan puasa karena rasanya nggak akan lengkap kalau nggak ada kolak. Walaupun nggak setiap hari juga sih harus ada kolak. BTW, sudah pernah coba kolak labu kuning? Kalau belum kamu wajib banget nyoba! Enak abis!

Bahan:
labu kuning 250 gr
pisang ambon 1/2 sisir
kolang kaling (pilihan)
gula merah 500 gr
santan 1 liter
air 250 ml
garam 1/4 sdt

Cara membuat:
1. Panaskan air sampai mendidih, larutkan gulam merah, saring
2. Masak air gula , masukkan labu, pisang, dan kolang-kaling
3. Tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk
4. Matikan api dan sajikan

4. Biar nggak cepet laper, wajib makan karbohidrat kompleks! Cobain resep nasi merah yuk biar nggak mainstream

www.loveindonesia.com


Nasi merah bakar via loveindonesia.com

Beras merah dapat dijadikan sebagai pengganti beras putih dan kabar baiknya lagi beras merah memiliki kandungan serat serta lebih rendah gula dibandingkan dengan nasi putih. Tubuhmu juga akan merasa kenyang lebih lama (bisa sampai 6 jam) serta mampu mengontrol kadar gula agar lebih stabil.

Yang kamu butuhkan adalah :
2 sdm minyak zaitun atau minyak sayur
1 sdt minyak wijen
50 gram bawang bombay, cincang
3 siung bawang putih, cincang
3 buah cabai merah iris tipis
200 gram dada ayam, rebus lalu potong dadu
50 gram jamur merang, potong-potong
100 gram wortel, cincang halus
2 sdt garam, 1 sdt merica bubuk, 1/2 sdm kecap manis
500 gram nasi beras merah
2 batang daun bawang, iris tipis
daun pisang dan lidi

Cara membuat:
1. Panaskan minyak zaitun dan minyak wijen. Tumis bawang bombay, bawang putih dan cabai merah hingga harum.
2. Masukkan daging ayam, jamur merang dan wortel, aduk rata. Tambahkan garam, merica bubuk serta kecap manis.
3. Masukkan nasi beras merah dan daun bawang, aduk rata lalu angkat.
4. Bagi nasi menjadi 4 bagian, bungkus dengan daun pisang, sematkan dengan lidi di ujung-ujungnya lalu bakar hingga harum.

5. Sayuran wajib ada, jangan cuma tumis polosan, coba deh resep tumis kacang polong sosis yang kekinian

tumis kacang polong dan sosis

tumis kacang polong dan sosis via mujiyono5174.blogspot.com

Tubuhmu butuh protein yang disediakan oleh kacang-kacangan, kombinasi antara kacang-kacangan dengan sayuran sehat dan makanan kekinian seperti sosis sangat cocok untuk meningkatkan nafsu makanmu. Kacang-kacangan yang kaya protein akan membantu tubuh untuk melakukan penyesuaian tubuh saat mengonsumsi makanan berat lainnya.

Bahan-bahan yang akan kamu butuhkan :

100 gr kacang polong  ( direbus sampai matang dan empuk )
10 buah sosis sapi ( iris tipis )
1 sdm saus sambal
1 sdm saus tomat
3 siung bawang putih ( haluskan )
5 butir bawang merah ( haluskan )
garam secukupnya
gula pasir secukupnya
penyedap rasa secukupnya
minyak untuk menumis sedikit saja
Cara membuat:

1. Tumis bumbu yang dihaluskan
2. Masukkan sosis dan goreng sampai matang
3.Masukkan kacang polong
4. Masukkan saus tomat dan saus sambal
5. Tambahkan garam, gula pasir dan penyedap rasa

6. Aduk sampai tercampur rata dan matang
7. Tumis kacang polong sosis siap disajikan

Untuk lauk sebaiknya kamu mencari lauk yang mengandung protein dan lemak, membentuk jaringan, serta menjaga sistem kekebalan tubuh. Hindari makanan berminyak karena akan membuat sel darah merah menggumpal, aliran oksigen berkurang 20% hingga akhirnya kamu mengantuk.

Makanan pedas dan asam juga sebaiknya dihindari saat sahur karena dapat merangsang asam lambung. Teh dan kopi pun sama, karena metabolismenya akan berjalan cepat sehingga kamu akan mudah haus saat siang.  Saat berbuka cukup minum air putih, sedikit makanan manis, baru setelah 1/2 – 1 jam kemudian makan” besar”, hindari minum es karena akan membuat perutmu cepat kenyang dan juga menurunkan daya tahan tubuh.

Semoga lancar puasanya, ya 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya