5 Olahraga Aman untuk Penderita Skoliosis. Efektif Ringankan Tulang Belakangmu yang Nyeri

Olahraga untuk penderita skoliosis

Beberapa dari kamu mungkin sudah mengetahui apa itu skoliosis. Gangguan tulang belakang ini menyebabkan punggung terlihat belok menyamping dan nggak simetris. Kelengkungan abnormal ini bisa terjadi karena kelainan sejak lahir, kelainan pembentukan tulang, atau terjadi karena kebiasaan atau kecelakaan. Penderita skoliosis ini nggak boleh sembarangan bergerak.

Advertisement

Tapi bukan berarti skolioser ini sama sekali nggak boleh bergerak, ada beberapa jenis olahraga tertentu yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh skoliosis.

1. Melakukan peregangan ringan yang fokus pada punggung untuk mengurangi ketegangan dan mengembalikan rentang gerak

Peregangan bisa melatih kelenturan tubuh yang mana bermanfaat juga untuk skoliosis. Lakukan gerakan secara rileks dengan membungkukkan badan ke depan, belakang, samping kanan dan kiri. Tangan mengikuti arah badan ditekuk. Jika ke samping kiri, tangan kiri diangkat dan diletakkan di atas kepala, sedangkan tangan yang kanan bebas, begitu pun sebaliknya. Tahan setiap pose selama 10 detik kemudian ulangi sebanyak 5 kali.

2. Berenang dianggap cukup baik untuk penderita skoliosis. Tapi hindari gaya kupu kupu yang gerakan tangan dan punggungnya terlalu ekstrim

berenang via www.sciencemag.org

Berenang adalah salah satu olahraga yang telah direkomendasikan selama bertahun-tahun untuk membantu pasien skoliosis. Berenang akan membantu memperkuat tulang belakang dan membantu otot tubuh lebih seimbang serta simetris. Nggak hanya menguatkan otot punggung, tekanan air saat berenang juga membantu menambah ketahanan jantung dan paru-paru. Baiknya lakukan gaya bebas dan hindari gaya kupu-kupu.

Advertisement
3. Gerakan dalam yoga bisa memperbaiki postur tubuh, salah satunya bagi penderita skoliosis

Ada beberapa gerakan yang dipraktikkan dalam yoga yang diperbolehkan bagi penderita skoliosis, tergantung dari kondisi kemiringan punggung. Dengan melakukan pose-pose yoga yang fokus ke tulang belakang, ruas-ruas tulang belakang yang berdekatan dan bengkok dapat diregangkan perlahan. Meskipun terasa sakit pada beberapa percobaan awal, punggung akan terasa lebih enak jika dilakukan secara rutin.

4. Otot punggungmu juga bisa diperkuat dengan bersepeda. Usahakan sepeda statis atau yang dilakukan di lintasan lurus

sepeda statis via www.shape.com

Bersepeda memiliki efek positif pada kepadatan dan kekuatan tulang, menguatkan otot dan melatih jantung serta paru-paru. Dengan bersepeda, tulang belakang akan diperkuat dan dilindungi terhadap stres eksternal yang dapat membantu mengurangi kemungkinan sakit punggung dan masalah lainnya. Akan lebih baik jika kamu menerapkan sepeda statis dan menghindari bersepeda di lintasan yang menanjak agar nggak memberi tekanan lebih pada tulang belakang.

5. Taici yang menggunakan gerakan pelan, lembut, dan lemah gemulai juga aman untuk penderita skoliosis

Advertisement

taici via www.nbcnews.com

Taici merupakan olahraga tradisional Cina dengan gerakan lambat, pernafasan yang dalam dan pemusatan pikiran dengan unsur meditasi. Gerakan yang lembut, gemulai, tenang, lambat dan beraturan ini akan memberikan dampak emosi yang tenang. Olahraga ini berpusat di pinggang dan dialirkan ke seluruh tubuh yang bisa bikin otot-otot perut kuat dan pinggang menjadi lentur.

Setiap kondisi orang adalah unik, termasuk kamu para skolioser. Makanya, berkonsultasilah secara langsung dengan dokter agar kamu paham tentang kondisimu, termasuk jenis olahraga apa yang sesuai untukmu. Semoga membantu!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

CLOSE