Ginjal memegang peranan penting dalam tubuhmu. Tidak hanya sekadar jadi organ untuk mendetoksifikasi organ internalmu, kedua ginjalmu juga berperan dalam membantu memproduksi sel darah merah, mengatur tekanan darah, membuang kelebihan cairan dan mengontrol level dari segala mineral esensial di dalam dalam darah. Selain itu, seperti dilansir dari laman Hello Sehat, ginjal berfungsi mengendalikan keasaman dalam tubuhmu.

Betapa vitalnya peran kedua ginjalmu dalam menjaga tubuh tetap sehat dan berfungsi baik, membuatmu perlu lebih peka lagi dalam menghindari aktivitas yang berpotensi mengancam kesehatan ginjal. Nah, apa saja nih aktivitas yang sebaiknya kamu pantau, agar nggak sampai mengganggu kesehatan ginjal kamu? Simak baik-baik ulasan Hipwee kali ini yuk~

1. Kebiasaan menahan pipis mending jangan dilanjutkan deh mulai sekarang. Bahayanya itu lo, nggak sepadan!

Jangan kebiasaan nahan pipis~ via www.ba-bamail.com

Advertisement

Saat kamu menahan pipis, pipismu akan bertahan dalam waktu yang lebih lama di kandung kemih. Ini bisa memancing pertumbuhan bakteri lebih cepat. Nah, kalau ini dilakukan berulang kali, maka dapat memicu infeksi ginjal lo.

2. Duduk dalam jangka waktu terlalu lama sangat riskan mengganggu kesehatan ginjalmu. Hayo, yang biasa duduk lama hati-hati ya!

Duduk terlalu lama bisa memicu kerusakan ginjal lo via www.pexels.com

Duduk dalam jangka waktu lama, misalnya lebih dari 8 jam sehari tanpa aktif berdiri dan bergerak dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal sampai 30%. Oleh karena itu, pastikan kamu tetap aktif bergerak saat sudah terlalu banyak duduk.

3. Berolahraga secara berlebihan juga rentan ‘menyakiti’ ginjalmu. Ya, yang berlebihan memang tak ada baik sih~

Cedera ototnya itu yang perlu diwaspadai~ via www.shape.com

Berolahraga terus keras dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan rhabdomyolysis, suatu kondisi di mana otot-ototmu terluka dan isi dari serat-serat yang mati masuk ke dalam aliran darah. Ini bisa menyebabkan komplikasi serius, termasuk kegagalan ginjal lo.Ugh, serem~

4. Menggunakan terlalu banyak obat penghilang rasa sakit juga ternyata berbahaya untuk kesehatan ginjal kamu

Terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan pereda rasa sakit sangat berbahaya lo via nypost.com

Advertisement

Meski obat-obatan anti inflamasi seperti aspirin dan ibuprofen termasuk aman dengan dosis yang tepat, penggunaan berlebih secara terus menerus dapat merusak bahkah memicu kegagalan ginjal. Kondisi ini bisa diperparah lagi kalau ginjalmu sudah terganggu ya.

5. Tidak minum cukup air putih juga sangat buruk untuk kesehatan ginjal. Yuk, perbanyak konsumsi air putih mulai dari sekarang

Jangan sampai kurang minum air putih~ via steemit.com

Tetap terhidrasi dengan baik dapat membantu produk urin untuk membuang sodium dan toksin dari dalam tubuh. Makanya, kekurangan minum air putih sehari-hari dapat memicu masalah kesehatan serius, termasuk risiko batu ginjal. Duh, amit-amit jangan sampai deh ya.

6. Suka begadang bukan cuma menguras energi kamu, tapi juga meningkatkan risiko kerusakan ginjal juga lo

Begadangnya dikurang-kurangin yok via employmentoffice.com.au

Ini nih salah satu alasan kenapa istirahat cukup di malam hari itu penting banget, tak cuma untuk mental tapi juga untuk kesehatan ginjal. Jadwal tidur dan bangunmu punya andil dalam fungsi ginjal. Tisu organ ini hanya hanya diperbaharui saat tidur, jadi saat kamu kekurangan tidur kamu mengganggu proses ini dan berpotensi mengancam kesehatan ginjalmu sendiri. Selain itu, kekurangan jam tidur dapat menyebabkan atherosclerosis atau penebalan dan penyumbatan arteri. Kondisi ini bisa memicu peningkatan tekanan danran yang dapat membuat ginjalmu jadi bekerja lebih keras dan seiring waktu dapat menyebabkan gagal ginjal. Yuk, kurang-kurangin begadangnya.

7. Hobi minum minuman bersoda atau minuman kemasan sebaiknya dikurang-kurangin deh dari sekarang. Meski nikmatnya emang nggak ada yang ngalahin~

Kurang-kurangin yuk minum sodanya~ via abcnews.go.com

Menurut para ahli kesehatan, ada hubungan erat antara konsumsi diet soda dan masalah ginjal. Pada tahun 2009, sebuah studi menunjukkan bahwa lebih dari 3.000 orang yang minum 2 soda atau lebih setiap hari memiliki gangguan fungsi ginjal yang cukup signifikan.

8. Terlalu banyak makan daging juga nggak sehat lo. Yap, karena protein berlebih tak baik juga untukmu

Makan daging sehat kok asal nggak berlebihan via www.thetimes.co.uk

Mengonsumsi protein hewani secara berlebihan dapat membuat asam berlebih dalam darah hingga menyebabkan acidosis, suatu kondisi dimana ginjal-ginjalmu tidak bisa menjaga keseimbangan pH di dalam tubuh. Ini nih yang bisa menyebabkan masalah pencernaan akut dan masalah ginjal kronis. Jadi seimbangkanlah konsumsi protein harianmu dengan cukup buah dan sayuran ya, Guys!

9. Garam dan gula yang kamu konsumsi dalam makanan akan diproses di ginjal. Jadi bisa kebayang kan kalau kamu terlalu banyak mengonsumsinya?

Boleh makan begini, asal sekali-kali aja via www.demotivateur.fr

Mengonsumsi terlalu banyak produk bergaram dapat membuat ginjalmu bekerja lebih keras dalam memproses kelebihan sodium. Konsumsi gula berlebih dalam makanan juga berkontribusi pada peningkatan tekanan darah, yang dapat menyebabkan obesitas, meningkatkan risiko diabetes yang memicu kegagalan ginjal. Jadi batasi ya konsumsi makanan proses dalam kemasan yang tinggi kandungan gula dan garam.

10. Tidak mengindahkan infeksi sepele yang sedang kamu alami. Bisa jadi itu memicu infeksi lainnya lo

Jangan sepelekan sakitmu! via theromantic.com

Jangan abaikan sakit yang berlangsung lama, termasuk sakit yang dipicu oleh infeksi. Istirahat cukup, konsumsi antibiotik sesuai resep dokter dan menjaga gaya hidup tetap sehat dapat menghindarkanmu dari infeksi yang bisa menyerang ginjal.

Untuk menjaga ginjal tetap sehat sih intinya jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan seimbang bergizi, mendapat tidur cukup dan terhidrasi dengan baik. Jangan lupa seimbangkan aktivitas fisik juga kalau kamu sudah terlalu banyak duduk berjam-jam. Yuk, jaga ginjal tetap sehat agar tubuhmu tetap sehat sampai tua! Selain nggak perlu keluar banyak biaya untuk berobat, sehat itu jauh lebih nikmat kan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya