Kesibukan yang padat seringkali membuatmu menyepelekan masalah kulit. Apalagi untuk kamu yang sehari-hari melakukan perjalanan dibawah sinar matahari dan serangan polusi. Sudah tahu polusi berdampak buruk untuk kulit, kamu masih juga sering lupa merawat dan membersihkan kulit setiap hari. Nggak heran deh kalau kulitmu jadi kering, kuram, dan bahkan timbul bintik hitam. Kalau sudah begini, jadi malas keluar rumah karena nggak percaya diri nggak sih?

Hipwee pun setuju kalau ada yang bilang, merawat kulit itu bisa dilakukan dengan cara yang paling sepele sekalipun. Nggak perlu keluar budget berlebih hanya untuk menjadikan kulitmu sehat dan bebas dari pengaruh buruk lingkungan seperti polusi. Percayalah, cara-cara simpel ini justru bisa permanen alias bertahan lama. Untuk kamu yang tiap hari kerja gila-gilaan, perawatan-perawatan dasar ini jangan kamu lewatkan ya!

1. Jangan sepelekan konsumsi air putih dan hindari minuman berpengawet

Air putih via www.pexels.com

Advertisement

Rajin minum air putih akan membuat kulitmu jauh lebih bersih, kenyal dan bebas kekeringan!

Karena sebagian besar komposisi tubuhmu berisi air, minum air putih minimal 8 gelas sehari adalah sebuah kewajiban. Belum lagi aktivitasmu yang padat dan menguras tenaga akan membuat tubuhmu mengalami kelelahan. Ditambah pula paparan debu dan sinar matahari, serta efek buruk lingkungan yang lain akan semakin membuat kulitmu kusam dan kering. Di sinilah peran air putih sebagai media detoks racun dan menetralisir penyakit-penyakit di tubuhmu. Jadi biar kulitmu jauh dari dehidrasi, tetap kenyal, dan lebih bersih, minum air putih 8 gelas sehari jangan lupa ya.

2. Bawa selalu face spray, tisu basah dan sabun pencuci muka ketika kamu berangkat kerja

JAGA KEBERSIHAN! via www.boldsky.com

Face spray berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit wajahmu. Saat suhu terasa dingin di ruangan ber-AC, kamu bisa memanfaatkan cairan penyemprot muka ini sebagai pengunci kelembaban. Nah, untuk menjaga kebersihan kulit wajahmu, kamu juga wajib membawa tisu basah atau sabun pencuci muka. Jangan sampai, kulit wajahmu menjadi kusam karena malas membersihkannya, ya!

3. Oh iya, jangan lupa gunakan body lotion dengan kandungan SPF tinggi, ya

Lotion tinggi SPF via www.beautyandgroomingtips.com

Advertisement

Sinar matahari, debu dan polusi mengharuskanmu menjaga kulit tubuh dengan seksama. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, kulit adalah investasi berharga yang wajib kamu rawat kesehatannya. Untuk itu, gunakanlah body lotion setiap habis mandi dan akan keluar rumah. Hal ini berguna untuk melindungi pengaruh buruk lingkungan, jadi jangan sepelekan!

Vaseline Healthy White Sun+Pollution Protection adalah salah satunya. Body lotion terobosan baru dengan kandungan SPF 24 PA++ dan PFF ini mampu melawan pengaruh buruk polusi dan sinar matahari secara maksimal hingga lapisan kulit terdalam. Jika rutin dikenakan, body lotion ini juga akan mencerahkan kulitmu secara naturalBye-bye kulit keriput dan penuaan dini~~

4. Scrubbing seminggu dua kali juga nggak kalah penting! Untuk mengangkat kulit-kulit yang sudah mati

Scrubbing via pixabay.com

Mengangkat sel kulit mati dari kulitmu adalah hal wajib selanjutnya. Bayangkan kalau kamu malas scrubbing, ada berapa banyak daki, debu dan kotoran lain yang menempel serta nggak ikut terangkat oleh sabun mandi? Untuk itu, scrubbing agaknya wajib kamu lakukan supaya kulitmu yang “sibuk” dan saban hari diserang oleh zat-zat jahat dari luar itu tetap bersih dan sehat!

5. Kenakan masker, sarung tangan dan jaket kalau kamu keluar rumah di siang hari yang terik

Agak ribet nggak apa-apa! via www.netdoctor.co.uk

Demi menjaga kulitmu tetap cerah tanpa bintik hitam, nggak ada salahnya mengenakan masker, sarung tangan dan jaket. Agak ribet, tapi ini ampuh membuat kulitmu selalu sehat dan awet muda. Daripada menyesal di kemudian hari karena terlalu cuek sama kulit, lebih baik agak ribet sedikit bukan?

6. Jangan lupa, konsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C dan A!

Makan yang sehat! via www.pexels.com

Vitamin C dan A berperan penting untuk menyehatkan kulit dari dalam. Bahkan kamu nggak perlu minum suplemen macam-macam kalau sudah rutin mengonsumsi sayur dan buah yang kaya vitamin C dan A. Buah dan sayur yang bisa kamu makan antara lain, jeruk, apel merah, manggis, sayur bayam dan tomat.

Sesibuk apa pun kamu, jangan pernah lupa bahwa kulitmu adalah aset berharga. Jangan lupa juga bahwa kesibukanmu yang gila itu bisa berbahaya bila nggak diimbangi dengan rasa cinta pada diri sendiri. Nggak harus perawatan mahal-mahal kok. Dengan perawatan paling sederhana yang bisa kamu lakukan 5-10 menit di rumah pun, kamu bisa mewujudkan “cinta pada diri sendiri” itu. Jangan biarkan kulitmu mengadapi serangan dari jahatnya polusi dan radiasi matahari tanpa senjata. Temukan senjata kulitmu di sini yuk~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya