Tekanan demi tekanan mungkin kamu dapatkan saat ini. Dituntut untuk jadi orang ‘berada’ dengan pekerjaan mapan, hidup bahagia dan terus berkarya rasanya terus-terusan jadi beban pikiran. Tidak mudah untuk bersaing dengan ribuan orang berprestasi yang juga sama-sama mencari pekerjaan. Apalagi meraih jabatan yang oke dengan gaji yang menggiurkan.

Tapi mereka yang berpotensi sukses adalah mereka yang bisa menciptakan peluangnya sendiri dan memanfaatkan perubahan zaman untuk mendobrak persepsi orang kebanyakan. Di zaman yang serba milenial ini, definisi bekerja sudah tidak serta merta yang berangkat ke kantor jam 9 dan pulang jam 5.

Advertisement

Di masa sekarang, banyak sekali peluang usaha dan pekerjaan yang bisa kamu dapatkan dengan memanfaatkan passion-mu ditambah dengan bumbu ketekunan. Bahkan ada lho beberapa profesi yang dari rumah sekalipun kamu tetap bisa menghasilkan uang. Untuk itu, jangan berkecil hati ketika kamu sulit bersaing masuk perusahaan multi negara. Kali ini Hipwee sudah siapkan beberapa profesi kece masa kini yang bisa kamu tekuni dan menghasilkan pendapatan yang nggak kalah menggiurkan. Simak sampai akhir ya!

1. Suka menulis? Carilah perusahaan yang membuka lowongan content writer freelance

freelance writer via www.pexels.com

Dengan bekerja secara freelance atau tanpa keterikatan dengan suatu perusahaan, kamu masih bebas mengeksplore apapun yang ingin kamu lakukan dan kamu inginkan. Nilai positifnya, kamu tetap dapat bayaran. Jika kamu menyukai dunia tulis menulis, menjadi content writer bisa jadi merupakan pekerjaan yang sedang banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. Mereka biasanya membayar penulis untuk membuat portofolio, artikel promosi, tulisan, hingga konten sosial media secara lepas atau freelance. Sembari kamu bekerja sebagai penulis lepas, kamu juga bisa menjalankan projek tulisanmu sendiri untuk dijadikan buku. Keren ‘kan?

2. Suka sebal karena trend fesyen di toko nggak sesuai seleramu? Bikin saja clothing brand-mu sendiri di rumah

bikin clothing brand sendiri via www.pexels.com

Industri fesyen belakangan semakin menggeliat. Orang-orang nggak lagi berpatokan pada brand-brand terkenal saja, tapi mulai menggemari brand-brand lokal yang memiliki keunikan. Kamu yang punya gaya unik soal fesyen bisa mulai mengembangkan seleramu jadi bisnis yang menjanjikan. Setelah membuat desain, kamu bisa bekerja sama dengan penjahit-penjahit di sekitar rumah. Promonya bagaimana? Tenang, manfaatkan saja Instagram. Dan kamu bisa melakukan ini semua, sambil bersantai di rumah.

3. Makin banyak bidang usaha digital dan start up online, makin terbuka kesempatan jadi IT Programmer

Lagi banyak banget yang nyari nih! via www.shutterstock.com

Advertisement

Siapa bilang IT Programmer harus ngantor? Justru saat ini banyak perusahaan yang sedang mencari IT Programmer freelance. Asal kamu bisa disiplin dan tepat waktu sama deadline kamu pasti akan terus ditawari projek-projek dari berbagai perusahaan. Tipsnya yang terpenting, jangan lelah buat membuka mata dan cari peluang perusahaan mana yang mencari jenis pekerjaan sesuai. Nggak ada yang lebih menyenangkan dari mengerjakan pekerjaan yang kamu suka di rumah sambil santai-santai, tapi dibayar pula!

4. Bagi kamu yang merasa nggak punya bakat spesifik, jangan berkecil hati. Kamu bisa main jual beli saham, cuma butuh cermat aja kok

Jadi broker via www.pexels.com

Merasa nggak punya bakat menulis, foto, dan programming bukan kiamat kok. Coba deh iseng-iseng jadi broker. Keberanianmu mengambil resiko, kecerdasanmu membaca peluang, dan kecermatan yang akurat bisa menghantarkanmu pada penghasilan yang nggak bisa dibilang sedikit. Modalnya tentu kamu harus punya koneksi internet dan device atau laptop yang menunjang. Kalau soal dua hal tadi kids zaman now pastinya sudah punya dong. Agar skill-mu kian terasah, jangan bosan untuk terus belajar dari orang-orang yang lebih berpengalaman ya.

5. Kalau keempat opsi diatas masih kamu rasa sulit, ada yang paling lain. Jualan online dan pintar-pintar memanfaatkan sosial media untuk promosi

Belajar bikin online shop via pexels.com

Jangan ragu-ragu untuk jadi bos dalam usaha yang kamu bangun sendiri. Kamu bisa mulai menjual sesuatu yang kamu sukai, setidaknya kamu nggak perlu mempelajari jenis-jenis barang atau mencermati harga karna secara alami kamu sudah mengetahuinya. Misalnya kamu yang hobi fashion, kamu bisa berjualan pakaian, aksesoris, bahkan tas dan dompet. Kalau kamu hobi naik gunung dan camping kamu bisa jadi supplier peralatan mendaki mulai dari sepatu hingga tenda-tendanya.

Nggak perlu modal banyak kok, ada sistem dropshipping di mana kamu bisa mempromosikan barang orang lain untuk kamu jual dengan harga baru. Jadi kamu bisa ambil untung dari itu. Nggak ada resiko barang nggak laku, dan nggak perlu modal jutaan buat memulainya. Jangan tanya soal pendapatan, kalau tokomu sudah terkenal dan beken, puluhan juta bisa mengalir ke rekeningmu tiap bulan.

Jadi, sukses memang nggak melulu soal gengsi dan jabatan tinggi. Dengan usaha yang gigih kamu pun bisa mendobrak definisi kebanyakan orang yang menilai sukses hanya soal uang, jabatan, dan ngantor pakai dasi. Nggak perlu gengsi hanya sekedar jadi pekerja lepas tanpa status karyawan. Mulai sekarang, taklukkan gengsimu #RaihSuksesmu dengan caramu sendiri. Semangat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya