6 Resep Ikan Tongkol yang Unik dan Belum Banyak Orang Tahu, Sederhana dan Bisa Dicoba Sesukamu

Ikan tongkol

Orang Indonesia khususnya, pasti nggak asing lagi dengan yang namanya ikan tongkol. Ikan tongkol termasuk jenis ikan laut yang lumayan familier. Ciri-ciri ikan tongkol nggak jauh beda dengan ikan tuna maupun ikan kembung karena masih satu kerabat. Hanya saja warna ikan tongkol lebih gelap, bentuk ikan tongkol juga langsing dan padat. Karakteristik ikan tongkol ini kerap membuat orang keliru membedakannya dengan ikan cakalang. Tak hanya dagingnya yang tebal dan gurih, kandungan gizi ikan tongkol juga kaya. Ikan tongkol mengandung tinggi protein juga mineral seperti selenium dan kalium karena ikan tongkol hidup di air asin. Karenanya, manfaat ikan tongkol buat kesehatan nggak bisa diragukan lagi.

Advertisement

Masalahnya, masih banyak orang yang bingung ikan tongkol dimasak apa, apalagi untuk ikan tongkol besar yang kayaknya sayang kalau cuma digoreng aja. Tenang, di sini kamu akan diajak untuk berkreasi dengan menggunakan bahan dasar ikan tongkol. Karena ikan tongkol goreng atau ikan tongkol bakar saja terlalu biasa. Ini dia resep ikan tongkol yang belum banyak dicoba!

1. Jika kamu terbiasa makan nugget ayam atau daging sapi, kali ini cobalah konsumsi nugget ikan tongkol. Lebih kaya protein dan mudah bikinnya!

nugget | credit: Evie Nusa A.S. via cookpad.com

Bahan-bahan:

  • 1 kg ikan tongkol segar
  • 2 butir telur
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 3 batang seledri, iris halus
  • 5 sdm tepung tapioka
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 3 sdm tepung roti
Advertisement

Bumbu halus:

  • 7 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 1/2 sdm merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 2 cm jahe
  • 1/2 sdt gula pasir
Advertisement

Cara mengolahnya:

  1. Bersihkan ikan tongkol dari tulang dan kulitnya, blender hingga halus.
  2. Masukkan irisan daun bawang, seledri dan bumbu halus ke dalam adonan ikan, aduk rata. Lalu masukan telur dan tepung tapioka, aduk lagi hingga rata.
  3. Tuang adonan ikan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega, kukus kurang lebih 30 menit. Lalu angkat.
  4. Potong nugget sesuai selera, masukan ke dalam telur, lalu baluri dengan tepung roti hingga rata. Goreng hingga kering.

Kamu bisa menyimpan nugget ikan tongkol ini ke dalam freezer dan dimasak sewaktu-waktu, ya!

2. Alih-alih masak ikan tongkol bumbu kuning yang agak ribet, ikan laut yang kaya akan omega 3 ini juga lezat dimasak tongkol bumbu sarden. Nah, favorit anak kos banget nih!

tongkol bumbu sarden | credit: Mami Kenzie via cookpad.com

Bahan-bahan:

  • 250 gr ikan tongkol pindang (yang sudah dijual potongan)
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 4 cabai merah keriting
  • 3 cabai rawit merah
  • 1/2 ruas lengkuas
  • 1 lembar daun salam
  • 1 buah tomat
  • 3 sdm saus tomat
  • Belimbing wuluh secukupnya
  • Daun kemangi secukupnya
  • Air secukupnya
  • Garam, gula pasir, dan minyak goreng

Cara mengolahnya:

  1. Goreng pindang tongkol sebentar (jangan terlalu kering) lalu sisihkan.
  2. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, masukkan cabai merah, rawit merah, lengkuas, daun salam, tomat, belimbing wuluh yang diiris, dan daun kemangi. Beri sedikit air lalu masukkan ikan tongkol.
  3. Masukkan saus tomat, garam, dan gula pasir. Masak hingga kuah meletup-letup. Angkat dan sajikan.

3. Nasi uduk atau nasi goreng sih sudah sering, nasi bakar tongkol nih yang jarang dicoba. Bikin ah!

nasi bakar ikan tongkol | credit: Dessy Fitria Hermawan via cookpad.com

Bahan-bahan:

  • 1 kg beras, cuci bersih
  • 3 lembar daun pandan, simpulkan
  • 4 lembar daun salam, remas-remas
  • 1.300 ml air
  • 1 bungkus santan instan ukuran 65 ml
  • 3/4 sdm garam
  • Secukupnya daun pisang dan tusuk gigi

Bahan isian:

  • 3 buah pindang tongkol, suwir-suwir
  • 1 ikat daun kemangi
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan

Bumbu halus:

  • 5 butir bawang merah
  • siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 2 buah cabai merah
  • 8 buah cabai rawit
  • 2 butir kemiri
  • Secukupnya garam, gula pasir dan kaldu bubuk

Cara mengolahnya:

  1. Masukkan semua bahan nasi gurih, masak dengan magic com hingga matang. Kurang lebih 30 menit.
  2. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas hingga harum. Lalu masukkan suwiran pindang tongkol, tambahkan sedikit air, aduk rata. Setelah air menyusut masukkan daun kemangi dan masak hingga kering.
  3. Ambil selembar daun pisang, isi dengan nasi lalu beri isian tongkol. Gulung lalu semat ujungnya dengan tusuk gigi. Lakukan hingga nasi habis.
  4. Bakar nasi di atas teflon hingga matang dan berbau harum.

4. Kamu yang lagi diet, pas banget nih makan bakso ikan tongkol. Tenang, nggak bakal bikin badanmu melar, deh!

bakso ikan tongkol | Ana Sashi via cookpad.com

Bahan-bahan:

  • 300 gr ikan tongkol, buang durinya
  • 1 sdt merica bubuk
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/2 sdm garam
  • 1 sdt kaldu bubuk rasa sapi
  • 6 sdm tepung tapioka
  • 3 sdm tepung terigu
  • Secukupnya air es untuk memblender

Cara mengolahnya:

  1. Campurkan ikan tongkol dengan bawang putih, merica, garam dan kaldu bubuk, haluskan dengan blender.
  2. Setelah halus, campurkan dengan tepung tapioka dan tepung terigu, aduk rata.
  3. Panaskan air untuk merebus, beri 1 sdt garam dan 1 sdm mentega agar baksonya nggak amis. Buatlah bulatan bakso dengan ukuran sesuai selera, masukkan ke dalam air mendidih dan tunggu sampai matang.

Nah, kamu bisa menyajikan bakso ini dengan kuah dan saus atau bisa juga disimpan dan dimasak lagi.

5. Dengan menu ikan tongkol suwir pedas, kamu nggak perlu repot lagi membersihkan duri ikan yang menyebalkan itu

ikan tongkol suwir pedas | credit: Susi Agung via cookpad.com

Bahan-bahan:

  • 10 potong pindang tongkol, suwir-suwir
  • 10 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 6 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • Garam, gula pasir, dan minyak goreng

Cara mengolahnya:

  1. Goreng ikan tongkol (jangan terlalu kering), angkat dan tiriskan.
  2. Haluskan bumbu kecuali daun salam dan daun jeruk.
  3. Tumis bumbu halus, daun salam dan daun jeruk sampai harum. Tambahkan sedikit air, lalu tambahkan garam dan gula, aduk rata, masukkan tongkol, aduk lagi hingga air menyusut dan nggak gosong. Angkat dan tiriskan.

6. Atau, biar lebih tahan lama, olah saja jadi abon ikan tongkol. Mau dimakan kapan pun bisa~

abon ikan tongkol | credit: Fitri Yulianti via cookpad.com

Bahan-bahan:

  • 1 ekor tongkol ukuran agak besar
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • Secukupnya garam, gula pasir dan lada
  • 5 siung bawang putih, iris dan goreng untuk taburan

Cara mengolahnya:

  1. Ikan tongkol yang akan dibuat dendeng diiris dengan bentuk memanjang kecil-kecil, balur dengan sedikit garam, kukus sampai matang. Lalu suwir-suwir dengan garpu.
  2. Tumis bawang putih sampai wangi, masukkan tongkol suwir, goreng hingga kering. Bumbui dengan garam, gula pasir dan lada. Masak lagi hingga tingkat kekeringan yang sesuai selera.
  3. Angkat dan taburi dengan bawang putih goreng.

Ikan tongkol punya banyak manfaat untuk kesehatan, mengandung protein tinggi dan omega 3 yang baik untuk jantung. Daripada kamu makan ikan tawar atau ikan kalengan, resep ikan tongkol ini worth it banget untuk kamu coba sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE