8 Jenis Ikan Asin yang Cocok Jadi Lauk Makanmu. Gampang Diolah, Asinnya juga Nggak Terlalu

Ikan asin

Nggak seperti ikan segar, ikan asin dianggap kurang menarik dan sering dinomorduakan. Padahal cita rasa khasnya cocok dipadukan dengan beberapa masakan tertentu. Ketahanannya juga lebih lama, belum lagi harga ikan asin yang lumayan terjangkau di pasaran. Di samping rasanya yang khas, manfaat ikan asin juga perlu kamu pertimbangkan. Mulai dari mencegah anemia hingga membantu proses pembentukan tulang karena kaya zat besi.

Advertisement

Ikan asin merupakan produk setengah jadi yang diawetkan dengan teknik pengasinan. Proses inilah yang membuat ikan asin bisa tahan lama, bahkan hingga bertahun-tahun. Ada banyak jenis ikan asin yang populer di pasaran, berikut beberapa di antaranya yangย  enak dijadikan lauk makan, apalagi disandingkan dengan sayur asam dan sambal terasi. Uh, mantap pasti!

1. Meski kecil bentuknya, namun rasa ikan asin teri Medan layak bersaing dengan jenis ikan asin lainnya

ikan asin teri Medan | credit: Tokopedia via www.tokopedia.com

Ikan asin kecil ini punya dua jenis yang berbeda, yakni yang rasanya asin dan nggak terlalu asin. Untuk yang nggak terlalu asin bisa diolah bersama gulai daun singkong atau tumisan sayur. Sedang untuk yang asin, enaknya dicampur dengan nasi goreng atau dibuat sambal. Jika dibandingkan dengan ikan asin lainnya, harga ikan asin teri Medan ini memang agak lebih mahal, sekitar 95 sampai 100 ribu per kilonya.

2. Ikan asin jambal roti merupakan salah satu primadona masyarakat Indonesia karena tebal dagingnya

ikan asin jambal roti | credit: Happy Fresh via www.happyfresh.id

Harga ikan asin jambal memang relatif mahal, tapi sebanding kok dengan tekstur dan rasanya. Ikan asin ini hanya dibuat dengan bahan yang berkualitas dan terbatas, yakni ikan manyung dan kadukang. Untuk olahan, ikan asin jambal roti paling cocok kalau dijadikan tumisan pedas yang dicampur dengan potongan cabai dan pete. Atau tinggal digoreng dan dinikmati saja dengan sambal kesukaan.

Advertisement

3. Berbeda dengan ikan asin lainnya, ikan asin peda justru lebih enak kalau digoreng dan dimakan langsung

ikan asin peda | credit: Lazada via www.lazada.co.id

Kalau suka pedas, ikan asin goreng ini bisa dinikmati bersama sambal matah atau tumisan cabai cabai dan bawang. Soal harga, ikan asin ini jauh lebih murah daripada ikan jambal maupun teri Medan, cuma 65 ribu per kilo saja.

4. Karena tekstur daging ikan asin sepat cenderung kering dan tipis, rasa asinnya jadi lebih dominan

ikan asin sepat | credit: Lazada via www.lazada.co.id

Jenis ikan asin ini cocok dijadikan pelengkap sayur asam, lodeh, atau disantap bersama dengan sambal dan lalapan. Sebelum dimasak, baiknya ikan sepat dibersihkan dengan air atau direndam dulu biar nggak keasinan rasanya. Saat membeli pun kamu harus berhati-hati biar nggak keliru dengan ikan asin kepala batu karena bentuknya hampir mirip.

5. Ikan asin kapas sangat cocok dicampur dengan sayuran berkuah seperti lodeh maupun sayur asam

ikan asin kapas | credit: ridoprayogo via shopee.co.id

Karena bentuk dan kulitnya cenderung tipis, rasa ikan kapas jadi nggak terlalu asin. Makanya cocok untuk dimasukkan ke dalam olahan sayur asem. Atau, jika kamu pengin menikmati ikan asin tipis ini dengan tekstur yang lebih renyah, bisa diolah dengan resep ikan asin lombok ijo saja. Dijamin nikmat apalagi dimakan bersama nasi hangat.

Advertisement

6. Ikan asin gabus banyak disukai karena kulitnya relatif bersih dan nggak bersisik

ikan asin gabus | credit: Lazada via www.lazada.co.id

Sebelum diasinkan, ikan asin ini dibelah dan dibersihkan dulu sisik, insang, maupun isi perutnya. Karena proses pembuatannya yang lebih merepotkan, harga ikan asin gabus pun cenderung lebih mahal. Tapi sepadan kok dengan rasanya.

7. Bedanya dengan teri Medan, ikan asin teri jengki ini ukurannya lebih besar. Kalau soal rasa sih jangan ditanya, sama-sama enak kok~

ikan asin teri jengki | credit: The Spruce Eat via www.thespruceeats.com

Buatmu yang sering makan nasi angkringan mungkin familier dengan jenis ikan asin ini. Pasalnya ikan ini kerap diolah jadi sambal teri untuk nasi kucing. Selain itu, teri jengki juga sering dijadikan campuran untuk membuat kering tempe dan kacang. Sebelum makan, biasanya orang-orang akan membersihkan isi perutnya terlebih dulu. Tapi kalau kamu malas bisa beli di tukang jual ikan asin yang memang sudah dibelah perutnya.

8. Meski namanya ikan asin bulu ayam, bukan berarti ini terbuat dari bulu ayam, ya! Dinamai begitu hanya karena bentuknya mirip saja

ikan asin bulu ayam | credit: dul.aziz via shopee.co.id

Jika dilihat sekilas, ikan asin ini mirip dengan ikan teri jengki, tapi ukurannya lebih kecil dan pucat warnanya. Untuk cara pengolahan, paling enak kalau dimasak balado atau sambal cabai hijau. Rasa asin, pedas, dan gurihnya akan membuat selera makan bertambah. Apalagi kalau disantap dengan nasi hangat dan lalapan.

Mengingat cara membuat ikan asin sendiri butuh waktu, jangan kaget kalau ada beberapa jenis ikan asin yang mahal harganya. Tapi keawetannya bisa kamu jadikan andalan untuk bisa dimasak kapan saja. Duh, jadi pengin makan ikan asin dicocol sambal terasi untuk lauk nasi hangat nih~

Gelombang resesi mulai menghampiri, bagaimana kalian mempersiapkan diri menghadapinya? Isi survei berikut ini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE