Semakin tinggi gaya hidupmu, semakin banyak deh uang yang keluar dari kantong. Akibatnya, kadang kamu merasa perlu uang tambahan supaya hidup bisa tetap nyaman. Supaya kerjaan lancar, tugas-tugas tetap dikerjakan, dan nongkrong tetap jalan.

Tapi kadang kamu bingung, gimana caranya ya cari uang tambahan? Mau kerja part time, mungkin kamu takut waktumu banyak tersita. Apalagi kalau buka usaha sendiri.

Nggak usah bingung lagi, karena kamu bisa mengambil inspirasi dari ide-ide di bawah ini. Nah, gimana ya cari uang tambahan yang cepat tapi gak butuh banyak modal? Yuk sontek caranya!

1. Bongkar isi lemari, pisahkan baju dan sepatu yang sudah 3 bulan nggak pernah kamu pakai. Tambahkan tas dan buku bekasmu, dan kamu sudah siap punya garage sale online!

Garage sale.. tapi online via www.instagram.com

Kamu nggak perlu punya lapak besar untuk menjual barang-barang bekasmu. Sepatu, baju, tas dan buku-bukumu pasti laku kok dijual online satu-satu. Kamu pun juga nggak perlu punya banyak kontak atau terkenal sebagai pemilik lapak online. Sekarang, kamu tinggal pilih e-commerce saja, daftarkan barangmu, buka lapakmu, dan jual barangmu di sana.

Advertisement

Jangan lupa promosikan lapakmu ini di semua akun media sosial yang kamu punya. Jangan hanya sekali saja, tapi beberapa kali sehari (usahakan jangan terlalu sering di Instagram, tapi boleh lebih sering di Twitter, Path, dan Facebook). Bahkan kamu bisa bikin poster dengan desain menarik atau kolase barang-barangmu supaya orang pun senang melihat promosimu. Yakin deh, dalam waktu satu bulan ke depan, kamu akan sibuk kirim-kirim barang ke berbagai wilayah di Indonesia.

Malas jualan online, tapi malah semangat bikin garage sale beneran? Sip! Tak perlu banyak modal untuk menyelenggarakan lapak garage sale, cukup gunakan halaman depan atau ruang garasi rumahmu, lalu atur meja, keranjang dan gantungan baju semenarik mungkin.

Kalau barang-barang bekasmu tak cukup banyak, kamu juga bisa mengajak teman-temanmu join. Pasti garage sale kamu akan lebih ramai dan seru.

2. Untuk yang suka menulis, kamu bisa mengirim tulisanmu ke media-media yang memang satu gaya dengan penulisanmu

freelancer kece kayak Mbak ini via www.huffingtonpost.com

Banyak munculnya media online merupakan kesempatan emas yang nggak boleh disia-siakan begitu saja. Apalagi, untuk menekan pengeluaran, sebenarnya banyak media online ini yang meng-hire freelancers. Kamu bisa memilih sendiri media mana yang kira-kira satu gaya dengan penulisanmu. Selain nggak menyita banyak waktumu, menjadi penulis lepas juga bisa kamu gunakan untuk mengasah kemampuan menulismu. Bisa kamu tampilkan di CV juga, tuh.

3. Jadi volunter atau gabung di kru event-event besar, cocok buat kamu yang suka kerja lapangan

Acara-acara besar seperti musik, festival film atau fashion festival biasanya menyediakan tempat untuk mereka yang ingin menjadi volunteer. Meski memang daily fee-nya tak seberapa besar, kamu yang suka kerja lapangan akan tetap punya kepuasan tersendiri. Minimal kamu akan dapat makanan dan uang transport, jadi keinginanmu untuk nongkrong-nongkrong ada yang mensponsori.

Belum lagi, kamu bisa berinteraksi dengan orang-orang baru. Ketemu orang terkenal, bahkan menimba pengalaman baru!

4. Kalau kamu punya otak cukup encer atau kemampuan lain di luar akademik, menjadi tentor privat juga nggak terlalu menyita waktumu

Kamu tergolong orang yang sabar, tak bosan dengan pelajaran-pelajaran sekolah, dan punya otak yang cukup encer? Kamu bisa membuka jasa sebagai tentor privat. Mengingat di luar sana ada banyak orang tua yang rela mengeluarkan uang demi pendidikan anak-anak mereka, jadi meski kamu mengajar hanya 2 atau 3 jam kamu tetap dibayar dengan cukup layak. Selain tak banyak menyita waktu dan kamu pun lebih fleksibel dengan kegiatan yang lain, menjadi guru tentor juga bisa memberikan kepuasan tersendiri dengan berbagi ilmu.

Untuk menjadi tentor privat juga nggak harus memiliki kacakapan dalam akademik, bisa saja kamu yang memiliki kemampuan lain misalnya dalam hal musik. Kalau saja kamu mahir memainkan salah satu jenis alat musik, entah itu biola, piano, atau gitar, kamu tetap bisa membuka jasa guru les musik.

5. Usaha isi ulang pulsa pasti akan membuat kamu sering dicari-cari orang

Coba bayangkan kamu punya banyak teman, dan mereka semua sudah pasti memiliki handphone. Dan setiap handphone temanmu itu juga pasti membutuhkan pulsa. Membuka jasa pengisian pulsa, meski hanya memasarkannya ke teman-temanmu, kamu tetap bisa meraup untung yang setidaknya menambah isi kantong. Selain itu menjadi tukang isi pulsa juga bisa membuat kamu sering dicari-cari oleh mereka, jadi kamu tak perlu lagi merasakan mirisnya ponsel yang sepi pesan. Hehehe

6. Kamu juga bisa main aplikasi semacam Cash Tree. Cuma dengan membaca artikel, saldomu bertambah. Easy money!

Kalau sebelumnya, kamu bisa menghasilkan uang dari jasa pengisian pulsa. Kali ini, justru kalian bisa mendapat pulsa gratis dari sebuah aplikasi semacam Cash Tree. Hanya dengan bermodal menginstall aplikasi ini, lalu kamu mengikuti intruksi dari mereka, seperti membuka website atau menginstall aplikasi tertentu yang sudah ditentukan, kamu sudah langsung bisa mendapatkan poin untuk ditukarkan dengan pulsa. Pulsa yang disediakan juga beragam dari Rp5000 sampai Rp50.000. Lumayan banget dong, kamu jadi gak perlu ngeluarin biaya buat pulsa lagi? Duitnya bisa dipakai beli es teh di kafe empat kali, tuh ;p Atau lebih baik lagi, ditabung.

Terakhir tapi tak kalah penting, kalau kamu ingin mencari uang tambahan yang cepat, pastinya kamu tidak boleh buang-buang waktu lagi. Pilih salah satu cara yang kira-kira menarik hati kalian, praktikkan, dan tunggu waktu untuk menikmati keuntungannya.

Atau ada dari kamu yang punya cara lain? Coba deh share sama Hipwee dan pembaca lainnya. Semoga bermanfaat, selamat cari duit! <3