6 Cara Merebus Kentang Agar Cepat Empuk, Lembut dan Mudah Dikupas

Cara merebus kentang

Kentang menjadi salah satu sumber karbohidrat pengganti nasi yang digemari banyak orang. Apalagi kentang punya kandungan gizi yang baik untuk diet. Selain rasanya yang lezat, cara mengolahnya pun cukup mudah. Bahkan, hanya dengan direbus saja, kentang sudah cukup lezat.

Advertisement

Cara merebus kentang memang cukup mudah, tapi kadang masih banyak yang keliru. Mulai dari pemilihan kentang yang berkualitas, proses sebelum direbus, hingga saat merebusnya, ternyata ada trik khusus supaya kentang bisa cepat empuk, gizinya nggak rusak, lembut dan mudah dikupas. Yuk simak tips cara merebus kentang yang tepat, berikut!

1. Cara memilih kentang berkualitas yang mudah empuk dan lembut dengan direbus

Cara merebus kentang

Kentang berkualitas | Credit by Baloncici on Depositphoto

Sebelum pada proses merebus kentang, kamu harus memastikan lebih dulu kentang yang akan diolah cukup berkualitas, sehingga bisa menghasilkan hidangan yang lezat. Perlu diketahui, jika kentang yang berkualitas baik memiliki kulit yang halus dan lapisan kulit luarnya nggak terkelupas. Kentang yang seperti ini biasanya mudah empuk saat direbus dan hasilnya cukup lembut.

Selain itu, pastikan kentang nggak memiliki bagian yang hijau, karena proses pertumbuhannya yang nggak sempurna. Kentang yang seperti ini biasanya cenderung keras dan sedikit pahit meski direbus lama. Pastikan juga kentang nggak bertunas, karena menandakan kentang sudah cukup lama dipanen alias nggak segar lagi.

Advertisement

2. Supaya proses perebusan lebih cepat, buat sayatan atau tusuk kentang dengan garpu sebelum direbus

Cara merebus kentang

Menyayat kentang | Credit by Tatiana Foxy on Depositphoto

Setelah memastikan kentang yang akan diolah berkualitas, jangan lupa cuci kentang hingga kulitnya jadi cokelat terang. Cukup dicuci saja, jangan dikupas, karena mengupas kentang sebelum direbus bisa menghilangkan vitamin B kompleks dan vitamin C yang mudah larut dengan air.

Cara merebus kentang agar mudah dikupas dengan membuat sayatan pada permukaan kulit kentang atau bisa juga dengan ditusuk-tusuk menggunakan garpu sebelum direbus. Hal ini supaya kentang bisa sepat matang secara menyeluruh dengan cepat, nggak mudah keriput dan pecah.

3. Rendam kentang dalam air supaya hasil rebusannya bisa lembut dan cepat empuk

Cara merebus kentang

Merendam kentang | Crediy by Dashtik on Depositphoto

Cara merebus kentang dengan kulitnya memerlukan proses tambahan yang bisa membuat kentang jadi lebih lembut dan empuk. Sebelum direbus, rendam kentang lebih dulu menggunakan air biasa selama 20-30 menit. Pori-pori kentang yang telah terbuka dengan sayatan atau tusukan garpu akan membuat air masuk dan membantu melunakkan kentang, sehingga saat direbus jadi cepat empuk dan hasilnya cukup lembut.

Advertisement

4. Jika ukuran kentang terlalu besar, potong kentang menjadi beberapa bagian supaya bisa mempercepat proses perebusan

Cara merebus kentang

Potong kentang | Credit by Lakov on Depositphoto

Jika kamu ingin merebus kentang yang ukurannya cukup besar, maka potong kentang menjadi bagian lebih kecil, misal dibuat 2-4 bagian. Meski cara ini bisa membuat kandungan gizinya jadi mudah larut, tapi cukup baik daripada membiarkan kentang utuh sehingga proses merebusnya jadi lebih lama.

Untuk menghindari hal ini, kamu bisa memilih kentang ukuran sedang, sehingga nggak perlu memotongnya saat ingin direbus.

5. Beri tambahan garam pada air rebusan, kemudian rebus dengan metode 5-30-7 supaya cepat empuk dan hemat gas~

Cara merebus kentang

Rebus dengan panci tertutup | Credit by Urbang_light on Depositphoto

Setelah kentang siap, cara merebus kentang berikutnya adalah memasukkan kentang ke dalam panci berisi air. Kemudian masukkan 1-2 sendok garam untuk menambah titik didih dan membantu menambah cita rasa kentang. Rebus kentang hingga mendidih dan tunggu selama 5 menit, kemudian matikan api. Pastikan panci tertutup rapat dan jangan membukanya. Tunggu selama 30 menit, kemudian nyalakan api kembali hingga mendidih dan tunggu selama 7 menit.

Cara merebus kentang agar cepat matang dengan metode 5-30-7 ini bisa menghemat gas, karena waktu perebusan kurang dari 20 menit dari api menyala hingga mendidih. Jika pada proses perebusan biasa, kentang utuh akan matang saat direbus selama 20-30 menit. Perhatikan tanda kentang rebus sudah matang dengan cara menusuknya menggunakan sendok. Jika terasa empuk dan mudah ditusuk, maka kentang sudah matang dan siap diangkat dari air rebusan.

6. Supaya mudah dikupas, rendam kentang dengan air es sesaat setelah diangkat dari air rebusan

Cara merebus kentang

Kupas kentang | Credit by Jochenschneider on Depositphoto

Mengupas kentang rebus sebenarnya cukup mudah, tapi tekstur kulit yang tipis kadang sulit diangkat dari permukaan daging kentang. Hal ini membuat kupasannya jadi kurang rapi. Nah, supaya lebih mudah, kamu harus merendam kentang yang masih panas ke dalam air es. Hal ini membuat kentang mengalami perbedaan suhu yang drastis dan membuat kulitnya lebih mudah dikupas. Cara merebus kentang agar mudah dikupas seperti ini juga bisa membuat tekstur kentang jadi lebih lembut.

Cara merebus kentang ini juga cocok banget untuk diet, lo. Selain kandungan gizinya tetap terjaga, teksturnya yang lembut juga mudah dikreasikan menjadi berbagai olahan kentang tumbuk seperti mashed potato. Cobain, yuk!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE