10 Makanan Pengganti Nasi yang Minim Gula Tapi Kaya Karbohidrat. Bikin Kenyang dan Lebih Sehat

Makanan pengganti nasi

Makanan pengganti nasi adalah makanan alternatif yang dijadikan menu pokok yang berasal dari sayuran, buah, atau biji-bijian. Misalnya pisang sebagai buah pengganti nasi. Baru-baru ini, makanan pengganti nasi untuk diet kerap diburu karena dinilai lebih sehat, lantaran kandungan gizinya yang setara dengan nasi putih tapi rendah kalori. Selain itu, makanan pengganti nasi untuk penderita diabetes pun sering dikonsumsi karena minim kadar gula.

Advertisement

Sebenarnya nasi putih pun bergizi. Hanya saja, kandungan nutrisinya nggak sebanyak makanan alternatif. Bila nasi putih dikonsumsi berlebihan, dapat memicu sindrom metabolik yang rentan menyebabkan penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Nggak heran beberapa orang  mengonsumsi makanan pengganti nasi untuk penderita asam lambung atau makanan pengganti nasi untuk penderita gagal ginjal. Soalnya lebih kaya nutrisi dan sesuai dengan kondisi kesehatan.

Kalau kamu bosan makan nasi, boleh lo sesekali mengonsumsi makanan pengganti. Selain sehat dan kaya karbohidrat, rasanya pun nggak kalah nikmat. Nah, berikut ini daftar makanannya!

1. Sama-sama sumber karbohidrat, kentang lebih kaya nutrisi ketimbang nasi. Ampuh turunkan berat badan, kentang jadi makanan pengganti nasi untuk orang diet

olahan kentang | photo by Maria Orlova via www.pexels.com

Mengandung vitamin B6, vitamin C, kalium, protein, zat besi, dan omega 3, satu buah kentang sudah memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Banyak pegiat diet mengonsumsi kentang karena bikin kenyang lebih lama. Namun nggak sedikit orang menyantap kentang sebagai makanan pengganti nasi untuk menambah berat badan lo. Kentang mampu meningkatkan simpanan glikogen otot. Tapi meski ada kemungkinan berat badan naik, dijamin perutmu nggak bakal buncit. Tenang~

Advertisement

2. Bercita rasa manis, ubi jalar menjadi makanan pengganti nasi yang kaya serat dan tanpa lemak

olahan ubi jalar | photo by Bich Tran via www.pexels.com

Cukup tenar di kalangan vegan, ubi jalar adalah makanan pengganti nasi di malam hari dengan serat tinggi, beta-karoten, vitamin B6, vitamin A, vitamin C, kalium, dan tanpa lemak. Dengan kandungan indeks glikemik rendah, ubi jalar juga menjadi makanan pengganti nasi untuk ibu hamil yang menyehatkan. Ubi jalar dapat dikonsumsi dengan berbagai cara seperti direbus, dikukus, dipanggang, atau digoreng. Sedap~

3. Kandungan gizinya mirip dengan kentang, singkong dipilih sebagai makanan alternatif selain nasi putih

singkong | photo by Dian A. Yudianto via pixabay.com

Familiar sejak zaman dulu, singkong telah dikonsumsi orang Indonesia sebelum nasi putih menjadi makanan pokok seperti sekarang. Mengandung gizi yang mirip dengan kentang, kini singkong digunakan sebagai makanan alternatif. Bagi kamu yang pengin jajal, bisa mengolah singkong jadi makanan tradisional seperti sawut, getuk, atau kue talam. Nggak cuma bergizi, rasanya pun dijamin enak.

4. Berbeda dengan nasi, jagung menyumbang nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Jadi nggak cuma  karbohidrat aja

jagung | photo by Andre Ouellet via unsplash.com

Sebagai pengganti nasi, ternyata jagung memiliki kandungan lain yang bagus untuk tubuh. Nggak cuma karbohidrat, jagung memberikan nutrisi magnesium, fosfor, serat vitamin C, vitain B3, vitamin B1, vitamin B5, dan vitamin B9. Yakin nih nggak mau jadikan jagung sebagai makanan utama?

Advertisement

5. Walaupun kandungan vitaminnya cukup rendah dibandingkan makanan pengganti nasi lainnya, sagu sangat disarankan untuk penderita diabates

menu makanan sagu | photo by Wikimedia via commons.wikimedia.org

Mempunyai indeks glikamek rendah, sagu menjadi makan pengganti nasi yang paling cocok untuk penderita diabetes. Meskipun kandungan vitamin nggak sebanyak makanan lainnya, sagu masih layak jadi pilihan ketika bosan dengan nasi. Apalagi karbohidrat di di dalam sagu sangat tinggi.

6. Jadi makanan pengganti nasi, gandum bisa dimakan secara utuh dalam bentuk oatmeal

gandum utuh (oats) | photo by Foodie Factor via www.pexels.com

Terbuat dari gandum utuh, aotmeal terdiri dari karbohidrat, viatamin, mineral, dan antioksidan. Sebelum diolah, gandum mentah tersusun dari 66 % karbohidrat dan 11 % serat. Dengan semua kandungan itu, gandum dapat menurunkan gula darah dan kolesterol. Nggak heran kalau gandum menjadi makanan pengganti nasi untuk orang sakit diabetes.

7. Dapat dijadikan sumber karbohidrat alternatif, jelai merupakan biji-bijian banyak mineral, serat, dan protein

jelai | photo by Pixabay via www.pexels.com

Masih jarang diketahui, tapi jelai atau barley menyimpan karbohidrat tinggi yang menyamai kandungan nasi. Bila dijadikan sumber karbohidrat alternatif, jelai bakal memberi banyak gizi yang dibutuhkan tubuh seperti mineral, protein, dan serat. Zat beta-glucan di dalamnya pun optimal mengurangi kolesterol jahat.

8. Brokoli, makanan pengganti nasi rendah kalori. Bisa dicincang dan diolah seperti nasi

brokoli | photo by Louis Hansel @shotsoflouis via unsplash.com

Makanan pengganti nasi seperti brokoli kerap dipilih oleh orang-orang yang menjalani diet. Karena rendah kalori, brokoli nggak akan menambah timbunan kalori di tubuh. Banyak kandungan vitamin C, brokoli menjadi santapan yang meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan sel. Biar teksturnya mirip nasi, kamu bisa mengolah brokoli dengan cara dicincang.

9. Nasi kembang kol nggak cuma cocok disantap orang dewasa tapi juga anak-anak lo

potongan brokoli | photo by Louis Hansel @shotsoflouis via unsplash.com

Pernah mendengar nasi dari kembang kol? Olahan ini dapat dijadikan makanan pengganti nasi putih. Efektif turunkan berat badan, nasi kembang kol juga bisa dinikmati sebagai makanan pengganti nasi untuk anak 2 tahun. Solusi buat bunda yang buah hatinya nggak suka makan nasi nih.

Caranya, potong kepala kembang kol jadi beberapa bagian. Kemudian parut atau potong halus. Lalu masak potongan kembang kol dengan api sedang dan tambahkan sedikit minyak.

10. Sumber pangan pengganti nasi, sorgum yang rendah kadar gula bisa diolah jadi bubur atau  tepung

biji sorgum | photo by Balu G via pixabay.com

Digadang-gadang bakal jadi bahan pangan pokok di masa depan, banyak orang mulai melirik sorgum. Masih serumpun dengan padi dan jagung, sorgum mengandung sedikit kadar gula. Sejauh ini, olahan sorgum paling populer yakni dibuat bubur atau dibuat tepung. Bisa nih, sarapan pagi dengan bubur sorgum alih-alih bubur dari nasi.

Dari 10 makanan pengganti nasi di atas, apakah SoHip mau coba? Kalau kamu sedang diet dan nggak pengin makan yang berat, bisa juga meminum susu pengganti nasi untuk diet. Tapi lengkapi pula dengan asupan sehat lainnya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE