Kulit sehat dan tetap kencang di usia lanjut adalah dambaan semua wanita. Siapa sih yang nggak mau kalau saat sudah menginjak kepala lima nanti, wajah masih tetap mulus, belum nampak kerutan atau flek hitam di wajah yang biasanya muncul karena faktor umur. Untuk mewujudkan hal itu, banyak di antara kita yang nggak tahu bahwa perawatannya sudah harus dilakukan sedini mungkin.

Bahkan, menurut beberapa sumber, perawatan anti aging, atau anti penuaan bisa dibilang terlambat jika dilakukan saat usia sudah memasuki gerbang 30-an. Jadi, mumpung sekarang kita sedang ada di ranah usia 25-an, ini adalah waktu yang sangat tepat untuk melakukan investasi terhadap wajah kita agar terhindar dari penuaan dini dan bisa tetap awet muda di masanya nanti. Sudah siap? Oke, catat baik-baik, ya!

1. Wajib untuk selalu memakai krim pelindung sinar matahari

Wajib pakai sunscreen via skincarefreak.com

Dari semua krim anti penuaan, sunscreen jadi yang paling terjangkau dan efektif untuk digunakan. Jadi, mulailah untuk rutin menggunakannya saat ini juga, terutama untukmu yang sering memiliki aktifitas di luar ruangan. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari juga jadi salah satu perawatan anti penuaan, karena radiasi sinar matahari adalah salah satu pemicu munculnya masalah pada kulit.

Yang perlu dicatat, jangan sepelekan bagian leher dan juga tangan. Banyak orang melakukan perawatan untuk wajah namun lalai pada dua spot ini. Alhasil, bisa muncul kulit belang, dimana warna kulit yang terlihat berbeda antara wajah dan leher, serta kerutan yang muncul pada leher lebih dulu karena tidak diberikan perawatan yang sama.  Jadi, apapun yang kamu lakukan pada wajah, lakukan juga pada tangan dan leher.

2. Sering menggunakan sedotan dapat memicu timbulnya keriput

Advertisement

Jangan sering-sering pakai sedotan via www.shutterstock.com

Mungkin ini sulit dihindari tapi kamu bisa meminimalisir. Karena ternyata, gerakan otot yang berulang seperti minum dengan menggunakan sedotan dapat memicu munculnya kerutan lebih cepat. Mulai sekarang, kamu bisa untuk tidak menggunakan sedotan dan meminum minuman dari gelasnya langsung.

3. Gunakan juga krim mata karena biasanya kerutan pertama muncul di daerah tersebut

krim mata via www.tampilcantik.com

Mata jadi area di mana kerutan akan muncul untuk pertama kalinya. Hal ini dikarenakan kulit di sekitar mata adalah kulit paling tipis dari keseluruhan tubuh kita. Saat sudah memasuki usia 25-an, jangan ragu untuk menggunakan krim mata yang dapat menutrisi area sekitar mata dan melindungimu dari garis-garis di ujung mata.

4. Pentingnya antioksidan yang didapat dari makanan yang dikonsumsi

Banyak makan buah Berry via www.deherba.com

Makeup memang jadi cara ampuh untuk menutupi kekurangan seperti noda hitam, jerawat atau komedo. Namun, yang paling penting justru ada pada perawatan kulit agar tetap sehat. Rajin mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan saat usia 25-an terbukti ampuh menjaga kesehatan kulit. Buah-buahan berry, kacang-kacangan, dan cokelat hitam (dark chocolate) jadi beberapa makanan yang bisa kamu rutin untuk dikonsumsi.

5. Tidak ada istilah terlalu dini untuk menggunakan krim anti penuaan

Gunakan sedini mungkin via stylecaster.com

Ternyata, masa pra-penuaan terjadi pada akhir 20-an hingga pertengahan 30-an tahun. Pada tahap ini, kamu mungkin akan mulai melihat garis-garis di sekitar mata dan mulut, atau bintik-bintik hitam akibat sinar matahari. Jangan khawatir, itulah gunanya ada krim perawatan anti aging. Jadi, nggak ada istilah terlalu dini untuk melakukan perawatan anti penuaan karena nyatanya usia 25-an adalah waktu yang tepat.

6. Retinol adalah kunci!

Pakai retinol via www.huffingtonpost.com

Retinol adalah nama lain dari vitamin A dan merupakan bahan paling efektif yang dapat menyerap ke dalam kulit. Bahan ini dapat berhubungan langsung dengan sel kulit bagian manapun dan membuat kulit terlihat sehat sekaligus lebih muda. Retinol juga merupakan bahan yang efektif karena saat diserap kulit, komponennya dipecah dan berubah menjadi asam retinoat yang dapat mengontrol sel-sel kulit secara langsung.

Retinol adalah kunci bagi semua produk perawatan kulit yang aman untuk digunakan pada usia 20 tahunan. Biasanya, retinol terdapat pada produk perawatan anti penuaan. Jadi, kalau kamu sedang mencari krim anti aging, pastikan di dalamnya mengandung retinol ya.

Sekarang jadi makin ngerti ‘kan kalau ternyata merawat wajah untuk melawan penuaan justru dimulai saat masih muda, saat kebanyakan orang berfikir bahwa di usia kita sekarang ini belum butuh krim-krim anti aging itu. Nyatanya pendapat itu tidaklah benar, karena untuk penampilan awet muda nantinya, persiapannya sudah dilakukan sejak sekarang. Jadi, jangan tunggu sampai nanti, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya