Cookies, hmmm. Kudapan manis dan renyah ini memang selalu menggoda untuk disantap kapanpun dan dimanapun. Karena bentuknya yang imut-imut dan rasanya yang sedap, wajar kalau camilan ini menjadi idola segala usia. Buat dicemil saat bersantai oke, untuk suguhan Hari Raya juga bisa.

Ternyata cookies favoritmu bisa kamu bikin sendiri lho di rumah. Mungkin kamu belum terlalu mahir, tapi tidak masalah. Triknya adalah memilih resep-resep cookies yang super mudah. Resep-resep di bawah ini, misalnya — cuma butuh 4 jenis bahan atau bahkan kurang! Iya, dengan jumlah bahan yang minimal, cookies istimewa bisa kamu hadirkan sebagai camilan, dessert atau suguhan Hari Raya! Nggak percaya? Coba yuk kita jajal bersama.

1. Hanya dengan 4 bahan sederhana, Butter Cookies nikmat ini bisa kamu buat.

CPS_Lunchroom_Butter_Cookies

Harumnya butter cookies buatan rumah sangat menggoda. via mysweetsanity.com

Advertisement

Butter cookies dengan wangi khas mentega memang menggoda. Kalau selama ini kamu tahunya butter cookies hanya bisa dibeli atau dibuat dengan biaya tinggi, jangan salah! Hanya dengan butter, gula, tepung dan ekstrak vanila, butter cookies nikmat pun bisa hadir di dapurmu.

Bahan-bahan yang kamu perlukan:

  • 227 gram butter asin, lelehkan
  • 134 gram gula
  • 1 sdm ekstrak vanila
  • 280 gram tepung serba guna
Advertisement

Cara Membuatnya:

  • Panaskan oven hingga suhu 190° C. Sambil menunggu ovennya panas, lapisi dua loyang kue dengan kertas perkamen.
  • Masukkan butter dan gula ke dalam sebuah mangkuk. Kocok menjadi satu hingga membentuk krim dengan menggunakan mixer pada kecepatan medium-tinggi hingga campuran tersebut menjadi ringan dan mengembang.
  • Bersihkan adonan yang menempel pada sisi-sisi mangkuk dan jadikan satu ke dalam adonan. Kemudian tuangkan ekstrak vanilla dan aduk hingga tercampur rata.
  • Masukkan tepung ke dalam adonan tersebut sedikit demi sedikit. Aduk hingga semua bahan tercampur.
  • Cetak adonan tersebut menjadi kepingan-kepingan kue. Takarannya setiap satu sendok menjadi satu keping.
  • Bentuk bundar adonan itu, letakkan di atas kertas perkamen dan pipihkan hingga ketebalannya mencapai 1/4 bola sebelumnya. Cara memipihkannya adalah dengan menekannya menggunakan 3 jari tanganmu. Ingat, jangan lama-lama memegang adonan ini karena banyak mengandung butter yang akan meleleh jika terlalu lama terkena suhu tanganmu.
  • Setelah semua kuenya kamu jejerkan di loyang, panggang semuanya di dalam oven yang sudah dipanaskan tadi selama 15 sampai 18 menit. Tunggu hingga tepian cookies berubah kecokelatan. Setelah diangkat, diamkan dahulu selama 5 menit sebelum diangkat dari loyang.

Jadi deh butter cookies minimalis yang hanya butuh 4 bahan saja tapi nggak kalah sama yang dijual di toko. Resep ini cukup untuk menghasilkan 12 keping cookies.

2. Siapkan 4 bahan saja untuk menyajikan Sugar Cookies yummy di meja makanmu.

058_low_fructose_sugar_cookies

Manisnya sugar cookies mampu mempermanis harimu! via www.dishmaps.com

Sugar cookies adalah kue kering sederhana tapi punya rasa istimewa. Kamu bisa menikmatinya begitu saja atau menghiasnya dengan icing dan topping lucu. Cara membuat kue manis ini tidak sulit kok.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 480 gram margarin
  • 480 gram gula halus
  • 480 gram tepung
  • 1 sdt ekstrak vanila

Cara membuatnya:

  • Panaskan oven pada suhu 177 ° C.
  • Kocok margarin dan gula menjadi satu hingga membentuk krim. Kemudian masukkan ekstrak vanila.
  • Gulung menjadi bola-bola seukuran, dengan takaran satu sendok makan adonan menjadi satu bola. Letakkan di atas kertas kue kemudian pipihkan dengan garpu. Sehingga bagian atas kue terbentuk pola dari tekanan garpu tersebut.
  • Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan tadi hingga warnanya berubah kecokelatan.

Voila! Sugar cookies-nya sudah jadi! Biar semakin manis, tambahkan krim icing atau selai dan bahan taburan lain di atas  sugar cookies buatanmu. Tapi kalau mau disantap begitu saja juta bisa kok. Resep ini cukup untuk membuat 20 keping cookies.

3. Cookies cokelat lezat ini bakal memanjakan lidahmu. Bahannya cuma gula, telur, kakao tanpa tepung terigu.

IMG_0845edit

Cookies coklat tanpa tepung ini lezat tanpa ribet. via www.furtherfood.com

Buat yang suka memanjakan indra perasa dengan kelezatan coklat, kamu bisa mengkreasikannya menjadi cookies coklat tanpa tepung yang spesial! Yup, beneran nggak pakai tepung! Nih cara membuatnya.

Bahan-bahan yang kamu perlukan:

  • 210 gram gula icing
  • 3 putih telur
  • 1½ sdt ekstrak vanila murni
  • 65 grams bubuk kakao (tanpa gula)
  • 2 sdm coklat hitam (potong cacah)—boleh pakai, boleh nggak.

Cara membuatnya:

  • Panaskan oven hingga suhu 177 ° C. Lapisi 3 loyang kue dengan kertas perkamen.
  • Kocok putih telur dalam mangkuk yang lumayan besar hingga berbuih dan mengembang. Masukkan bubuk kakao, gula icing dan ekstrak vanila sedikit demi sedikit. Kocok hingga tercampur semuanya.
  • Masukkan dan aduk rata coklat cacah kalau kamu memilih untuk memakainya.
  • Cetak adonan tersebut menjadi 32 kue kecil-kecil dengan menggunakan sendok teh sebagai takarannya. Susun rapi di atas loyang-loyang yang sudah kamu lapisi perkamen tadi.
  • Panggang dalam oven selama 8 menit hingga cookies-mu agak sedikit mengembang dan permukaannya nampak agak garing.

This is it, flourless choco cookies alias cookies coklat tanpa tepung a la penghematan! Hihihi, hanya dengan 4 bahan kamu juga bisa mengkreasikan kue coklat sekelas bakery mahal.

4. Shortbread Cookies dari 3 bahan ini pas banget buat menjadi teman minum tehmu.

3IngredientShortbreadCookies-1

Shortbread cookies khas Inggris yang pas buat teman minum teh via www.thecomfortofcooking.com

Biskuit asli Skotlandia, Inggris Raya ini memang punya cita rasa klasik dan berkelas. Bisa kamu cemil begitu saja atau kamu makan bersama teh biar sama kaya bangsawan-bangsawan Eropa gitu, guys! Cara memasaknya mudah.

Bahan-bahan yang kamu perlukan:

  • 240 gram butter/mentega (lelehkan)
  • 60 gram gula halus
  • 250 gram tepung terigu serba guna

Cara membuatnya:

  • Panaskan oven hingga suhu 177 ° C. Lapisi 2 loyang kue dengan kertas perkamen.
  • Kocok butter dan gula menjadi satu hingga menjadi krim dalam sebuah mangkuk besar. Tambahkan tepung lalu aduk kembali hingga adonannya menjadi lembut (awalnya bahan-bahan tersebut akan berpencar namun lambat laun akan membentuk satu adonan kalis).
  • Taburkan gula halus di atas permukaan meja atau talenan. Gilas adonanmu di atas permukaan tadi hingga ketebalannya sekitar 1/2 cm. Setelah itu potong-potong dengan cetakan kue kering berbentuk lingkaran.
  • Susun adonan-adonan yang sudah dipotong tadi dan panggang adonan tersebut dalam oven selama 16-18 sampai warna cookies berubah menjadi coklat keemasan pucat.
  • Setelah dikeluarkan dari oven, biarkan agar dingin dulu selama beberapa menit sebelum diangkat dari loyang.

Selesai deh shortbeard cookies sedap khas Inggris ini. Ternyata sederhana dan mudah saja, bukan? Resep ini cukup untuk membuat 12 keping cookies.

5. Kalau kamu suka selai kacang, resep Peanut Butter Cookies satu ini wajib kamu praktikkan

Peanut-Butter-Cookies-and-M

Peanut butter cookies super mudah ini bisa mencuri hatimu via simplyfreshcooking.com

Bagi para penyuka kacang atau selai kacang, harus coba resep yang satu ini. Peanut butter cookies menawarkan rasa manis yang berpadu sempurna dengan gurih, bikin nagih! Cara membuatnya juga mudah saja.

Bahan-bahan yang kamu perlukan:

  • 258 gram selai kacang
  • 120 gram gula halus
  • 1 sdt ekstrak vanila
  • 1 butir telur

Cara membuatnya:

  • Panaskan oven hingga suhu 190° C.
  • Campur dan aduk semua bahan menjadi satu dalam sebuah mangkuk. Aduk rata hingga halus.
  • Buat adonan membentuk bola-bola kecil dengan takaran satu sendok makan untuk setiap cookies-nya. Jejerkan di atas loyang kue yang sudah diolesi mentega. Tekan agar bola-bola adonan itu menjadi agak pipih dengan diameter 5 cm.
  • Panggang selama 10 menit.

Tuh ‘kan, nggak sulit untuk menghadirkan biskuit kacang istimewa ini di meja makan kamu. Resep ini cukup untuk membuat 12 keping cookies.

6. Kamu juga bisa mencoba cookies Nutella yang istimewa. Resepnya cuma butuh 3 bahan saja!

mhqwwfj4gzypgd5ikgfc

Nutella cookies super easy ini bakal jadi juara di meja makanmu via www.sheknows.com›FOOD&

Kreasi penganan dengan selai spesial ini memang nggak ada habisnya! Mau jadi makanan sampai minuman pun bisa. Nggak terkecuali cookies lezat yang hanya butuh 3 bahan ini!

  • 125 gram tepung terigu serba guna
  • 296 gram Nutella
  • 1 telur ukuran besar

Cara membuatnya:

  • Panaskan oven hingga suhu 177 ° C. Lapisi 2 loyang kue dengan kertas perkamen.
  • Campurkan seluruh bahan-bahan menjadi satu di dalam mangkuk yang cukup besar dan aduk merata dengan mixer.
  • Adonan tersebut akan bertekstur kental tapi cukup basah sehingga bisa dibentuk menjadi 20 bola-bola kecil dengan takaran 1 sendok makan untuk setiap potongnya.
  • Jejerkan di atas loyang-loyang pemanggang dan tekan dengan menggunakan pantat gelas hingga bentuknya cukup pipih seperti cookies pada umumnya.
  • Panggang dalam oven selama 7 menit hingga pinggiran cookies kering namun tengahnya masih agak lembut. Biarkan agar dingin selama 5 menit sebelum diangkat dari loyang.
  • Kamu juga bisa memasukkan cookies-cookies ini ke dalam hamparan gula pasir agar ada kerlap-kerlip gula sebagai toppingnya.

Selesai! Iya, serius, memang semudah ini cara membuat Nutella cookies yang bakal jadi favoritmu! Cobain deh, jangan lupa dibagi ke keluarga atau pacar. Dijadikan suguhan Hari Raya pun oke.

Terbukti ‘kan, kalau memasak cookies lezat nggak harus ribet dan keluar uang banyak? Yang kamu butuhkan hanyalah kemauan dan bahan-bahan sederhana yang bisa kamu dapatkan di mana aja. Murah, mudah namun berkualitas!

Mengkreasikan cookies-cookies unik ini bisa meningkatkan kemampuan memasakmu dengan mudah juga lho guys! Di mana ada niat, di situ ada jalan! Selamat mencoba, kalau sudah berhasil jangan lupa bagi-bagi ke Hipwee ya! 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya