Tubuh manusia sebenarnya diciptakan dengan berbagai kelebihan dan kecanggihan luar biasa. Ketika bagian tubuh lain merasa ada yang nggak beres dengan aktivitas dan asupan yang kamu berikan, kamu pun akan diperingati dengan tanda-tanda tertentu. Memang sih, meskipun setiap hari kamu berinteraksi dengan tubuhmu sendiri dan merasa paling tau keadaan dirimu sendiri. Nggak menutup kemungkinan kadang kamu nggak sadar kalau fisikmu sedang melakukan aksi protes.

Di saat-saat tubuhmu mengalami berbagai tanda itu lah, kamu harusnya lebih perhatian pada tubuh. Contoh paling mudah adalah ketika kamu lupa makan, maka lambungmu jadi perih. Nah, tandanya kamu harus buru-buru makan dan minum obat maag ya. Selain itu, ada berbagai tanda lain yang kadang sulit kamu pahami lho. Yuk, makanya simak uraian berikut deh!

1. Kaki pecah-pecah dan mulai tambah parah. Kamu sih, nggak perhatian sama kulit kakimu sendiri

Kadang sampai perih… via malangvoice.com

Advertisement

Mulai dari keseringan pakai heels yang solnya keras, seharian kerja di ruangan ber-AC, sampai sering lupa minum air putih bisa membuat kulit kakimu pecah-pecah. Nggak cuma mengganggu penampilan, kaki pecah-pecah juga sangat mengganggu karena nggak nyaman pakai sepatu. Malah kadang-kadang terasa perih juga.

Untuk mengatasi kakimu yang pecah-pecah ringan, nggak bisa cuma menggunakan pelembab biasa ya, karena pelembab itu cuma bisa untuk melembabkan doang. Kamu butuh foot cream yang tepat seperti Kanna Krim Lembut untuk menutrisi kulit kaki pecah-pecah ringan. Kandungan Lecithin kedelainya cocok dan aman dipakai setiap hari untuk mengatasi kulit pecah-pecah ringan. Kanna Krim Lembut akan mengembalikan kemulusan kulit kakimu!

2. Mudah kenyang, mudah lapar, begah terus. Nah ini nih, asam lambung sedang ‘protes’ dan menyuruhmu makan teratur

Baru terasa perih nih… via www.rd.com

Ternyata ada lho yang lebih parah dari sekadar telat makan dan berujung sakit maag. Yaitu membiarkannya dan mengulangi kesalahanmu yang lagi-lagi makan telat. Akhirnya si asam lamsung pun naik dan membuatmu jadi cepat lapar sekaligus cepat kenyang. Belum lagi rasa begah dan kembung yang nggak enak banget setelah kamu makan. Tandanya kamu perlu memperbaiki jam makan dan segeralah beri obat ya. Kalau sakitnya sudah tak tertahankan mendingan langsung periksa ke klinik dan dokter terdekat deh.

3. Jerawat bermunculan dan wajah kelihatan kusam. Nggak serta merta hanya karena kamu mulai malas merawat wajah lho

Muka kusam dan selalu dibilang pucat. via www.glamour.com

Advertisement

Jerawat konon juga bisa dipicu oleh ketidakstabilan hormon lho. Ingat-ingat lagi apakah aktivitasmu belakangan bikin kamu stres berat dan buatmu melupakan istirahat? Kalau iya, nggak usah ragu untuk selalu rajin bersihkan wajah dan pakai masker buat relaksasi dan setelah itu pakai Purbasari Lotion Anti Jerawat yang mengandung sulfur sebagai antiseptik dan Asam Salisilat yang bisa mencegah timbulnya jerawat baru. Kulit kusam juga bisa jadi tanda kalau kamu mulai nggak peduli dan nggak punya waktu buat kulit wajah sendiri. Setidaknya sempatanlah pakai mosturizer, serum, atau perawatan lainnya ya. Paling cuma butuh waktu lima menit doang kok. Kalau wajah kinclong ‘kan bawaanya bisa selalu senang. Hitung-hitung mengurangi stresmu juga.

4. Berat badan turun atau naik dengan drastis. Nggak sepenuhnya salah asupan makanan lho, coba ingat lagi pemicunya

Berat badan berubah drastis. via www.indiatvnews.com

Aktivitas yang nggak teratur mungkin akan memaksamu jadi lupa makan, atau bahkan terlalu sering makan. Akibatnya rutinitas ini bikin berat badanmu berubah drastis. Selain aktivitas nggak teratur, stres juga bisa memicu perubahan berat badan lho. Stres bagi sebagian orang membuat nafsu makannya menurun. Sedangkan ada juga yang makin stres makin ingin cari pelampiasan dengan makan. Nggak heran ‘kan kalau ada orang yang stress justru tambah gendut.

5. Ingat lagi kapan terakhir kali kamu buang air besar. Kalau sudah berhari-hari kamu kekurangan cairan, tuh!

Air penting banget buat tubuh. via sheswickedhealthy.com

Buang air besar nggak semata-mata hanya pemenuhan panggilan alam saja lho. Kalau kamu nggak setiap hari buang air, kamu bisa berpotensi mengalami konstipasi atau susah buang air besar. Biasanya pemicunya adalah dari cairan yang masuk ke tubuh. Kalau kamu jarang minum air putih, makin lama feses di perut makin menumpuk dan sulit di keluarkan. Duh, ngeri lho. Jaga pola makan dan minum air putih minimal 8 gelas sehari dong. Kalau buang air lancar, aktivtasmu juga akan lancar.

6. Memar-memar di tubuh bermunculan, padahal nggak habis dipukulin deh. Hmmm…

Tiba-tiba memar tanpa sebab. via www.healthline.com

Banyak banget orang yang megaitkan memar-memar di tubuh yang nggak berasal dari benturan itu akibat dijilat setan. Katanya mahluk halus mendatangi di malam hari dan menjilati bagian tubuh kita sampai muncul bekas ruam berwarna biru. Padahal nggak gitu lho, seringnya ini disebabkan karena darah yang menggumpal. Pemicunya bisa karena kekurangan nutrisi dan vitamin hingga terlalu stres beraktivitas.

7. Pusing ringan hingga migrain jangan kamu abaikan lho. Mungkin ini peringatan biar kamu jangan terlalu ‘ngebet’ sama kerjaan

Jangan diabaikan… via www.healthline.com

Pusing kepala dan migrain memang macam-macam banget jenis dan penyebabnya. Tapi keseringan menatap layar ponsel dan komputer, hingga stres juga bisa jadi pemicu sakit kepala mu lho. Oleh karenanya coba jangan abaikan sakit kepala dan migrainmu walau terasa ringan. Minum obat yang bisa sembuhkan sakit kepala mungkin akan membantumu meringankan gejalanya. Selain itu migrain juga bisa mengindikasikan kalau penglihatanmu mulai nggak beres. Segera cek kesehatan matamu di optik buat mengetahui apakah kamu harus sudah mulai pakai kacamata atau belum.

 

Ternyata kompleks banget kan? Tubuhmu sebenarnya nggak sedang menyakitimu kok, ia hanya berusaha memberikanmu peringatan kalau ada hal yang harus kamu perbaiki. Nah, mulai sekarang selalu jaga kesehatanmu dang nggak usah terlalu keras dalam bekerja, apalagi kalau sampai stres. Bukannya karir makin bagus, tapi nggak sehat justru bikin banyak mimpimu pupus.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya