Ada banyak alasan kenapa bayi sering menangis atau rewel. Mulai dari lapar, haus, kepanasan, hingga perasaan tak nyaman dengan tubuhnya. Salah satu fase yang pasti dilewati setiap bayi adalah tahap tumbuh gigi. Tahap ini biasanya dimulai saat bayi menginjak usia 6 bulan. Bayi umumnya akan ‘berkomunikasi’ lewat tangisan ketika ia merasakan sakit dan gatal pada gusi. Selain menangis, bayi juga sering mencari-cari sesuatu untuk digigit.

Para orangtua sering dibuat bingung saat anaknya mulai tumbuh gigi. Selain karena tangisannya yang kadang susah berhenti, produksi liur anak juga akan berlebih, membuat bajunya lebih sering basah. Bayi juga sering menggigit benda-benda di sekitar, termasuk tangannya sendiri. Padahal belum tentu itu higienis. Di sini Hipwee Tips telah merangkum 6 cara unik untuk membantu para orangtua mengatasi sakit tumbuh gigi pada anaknya. Simak yuk~

1. Gatal atau sakit pada gusi akan berkurang saat diberikan sesuatu yang dingin. Alih-alih memberi es batu, coba kreasikan susu beku ini

Es batu dari susu via anwjohnston.blogspot.co.id

Advertisement

Sebenarnya, saat bayi merasa tak nyaman dengan gusinya, ia akan otomatis menggigit benda-benda yang ia pegang. Memberi tekanan pada gusi memang terbukti bisa mengurangi rasa sakit dan tak nyaman tadi. Apalagi kalau benda yang dipakai dingin. Nah, buat kreasi dengan mengubah susu menjadi es. Masukkan susu ke wadah es batu, pasang stik atau dot, sehingga ketika susu sudah beku bayi akan mudah memegang dan menggigitnya. Susu beku akan bertahan di freezer sampai 6 bulan lho.

2. Bisa juga dengan membekukan lap atau kain bersih. Setelah beku, biarkan anak menggigit-gigit sendiri

Pakai lap beku via www.flickr.com

Selain susu sebenarnya bisa juga memanfaatkan lap atau kain biasa. Caranya yang pertama, cuci dulu lap atau kain itu sampai benar-benar bersih. Ini penting dilakukan mengingat lap tersebut akan masuk ke mulut bayi. Sebisa mungkin jangan mencuci menggunakan deterjen atau bahan kimia yang terlalu kuat. Setelah bersih, masukkan lap ke dalam plastik klip atau plastik biasa lainnya. Teruh di dalam freezer dan biarkan beku hingga memadat. Kalau sudah, diamkan beberapa saat supaya anak tak terlalu kaget karena dingin.

3. Biasanya orangtua akan membelikan anak teething toy yang terbuat dari karet. Kalau mau lebih hemat, buat sendiri di rumah juga bisa lho

Kreasi teething toy via www.pinterest.com

Zaman kita kecil sebenarnya sudah ada inovasi yang bisa membantu bayi tak begitu merasakan sakitnya gigi tumbuh, yaitu teething toy atau mainan yang bisa digigit-gigit. Biasanya mainan ini terbuat dari karet. Tapi jika ada waktu senggang, orangtua sebenarnya bisa lho membuat sendiri. Siapkan tali nilon dan beberapa manik-manik berukuran besar. Rangkai semua bahan seperti membuat gelang. Tali ujung-ujungnya, dan voila! Teething toy bisa digunakan. Ingat ya untuk jangan memakai manik-manik yang terlalu kecil, karena dikhawatirkan bisa tertelan oleh bayi. Pastikan juga talinya kuat biar rangkaiannya nggak putus.

4. Agar lebih sehat, manfaatkan buah atau sayur beku untuk digigit-gigit oleh anak. Misalnya timun atau wortel

Manfaatkan sayur atau buah via www.popsugar.com

Advertisement

Selain susu, benda sehat lain yang bisa dimanfaatkan adalah buah atau sayuran! Kalau mau pakai timun, kupas timun seperti biasa. Potong-potong berbentuk bulat dan buang bagian tengahnya. Jangan lupa masukkan dulu ke freezer selama 1-2 hari supaya beku. Selain timun, wortel juga bisa jadi alternatif lho. Pastikan untuk membuatnya dingin terlebih dahulu ya.

5. Membuat biskuit juga jadi cara sehat lainnya. Jangan lupa untuk gunakan bahan-bahan yang aman ya

Bisa juga membuat biskuit via www.aprilathena7.com

Kalau suka membuat kue, mungkin bisa juga dicoba membuat teething biscuit. Caranya campurkan:

  1. Tepung 1 cup
  2. Sereal beras untuk bayi 1 cup
  3. Cinnamon 2 sdt
  4. Pisang yang sudah ditumbuk 1 buah
  5. Minyak sayur 2 sdm
  6. Air secukupnya, untuk memadatkan

Setelah adonan jadi, cetak menjadi bentuk-bentuk yang disukai anak-anak. Kalau nggak punya cetakan juga nggak masalah kok. Adonan bisa dibentuk bulat biasa. Tata biskuit di loyang dan panggang di oven dengan suhu 220 derajat celcius selama 10-12 menit.

6. Cara lain bisa dengan memijat lembut pipi dan rahang bayi. Sesekali mengompres gusi dengan kassa dingin juga boleh lho

Memijat lembut pipi, rahang, atau gusi bayi via mumsgrapevine.com.au

Memberi pijatan lembut pada pipi dan rahang bayi juga bisa dilakukan para orangtua di rumah. Tekan pelan di bagian yang tumbuh gigi. Kegiatan memijat juga bisa diselingi dengan mengompres atau menempelkan kassa dingin sembari menekan pelan gusi bayi lho. Buat bayi senyaman mungkin dan ingat, jangan memijat atau menekan terlalu keras ya.

Itu dia 6 cara yang bisa dicoba para orangtua di rumah yang anaknya sedang berada di fase tumbuh gigi. Jadi, tertarik coba yang mana?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya