“Duh aku tuh takut kalau bius total bakal nggak bangun lagi.”

“Iya, masalahnya kan hidup kita bergantung sama alat pas dibius.”

“Nanti tuh katanya orang yang sadar dari bius total bakal kaget gitu dan susah nafas pas bangun.”

Kira-kira itu sederet respons orang saat saya cerita mau operasi gigi impaksi pakai bius total (umum).

Advertisement

Impaksi gigi sendiri terjadi ketika calon gigi yang akan tumbuh terhalang jalan pertumbuhannya sehingga gigi itu tak bisa keluar atau tumbuh normal. Penyebabnya bisa karena rahang terlalu kecil, jadi ruang gigi tumbuh juga minim.

Hasil rontgen gigi impaksi via rsgm.maranatha.edu

Tapi meski saya lebih percaya ahli medis ketimbang kabar burung itu, tetap aja saya harus menghabiskan malam lebih lama karena susah tidur, kepikiran omongan orang. Meski begitu, saya tetap memilih cabut tiga gigi sekaligus dan dibius total dibanding cabut satu-satu dengan bius lokal, dan menghabiskan waktu dua bulan lamanya buat bolak-balik rumah sakit. Big no no deh, mending sekali datang kelar urusan.

Di #HipweeJurnal kali ini saya pengen banget (kalau kata Arintya, “pengen aja”), meluruskan apa yang selama ini banyak dipercaya orang soal bius total ini. Intinya setiap dokter pasti akan memberi pilihan plus memberi tahu berbagai risikonya. Dan kalau memang dokter lebih menyarankan bius total, tak perlu gundah, apalagi gulana. Ini lho 4 fakta yang harus kamu tahu, biar nggak parno aja~

1. Tenang, kamu akan menjalani serangkaian tes dulu kok sebelum dibius total. Dari hasil tes itu bisa diketahui sebenarnya tubuhmu siap atau nggak menerima anestesi

Harus menjalani tes darah dulu via www.macleans.ca

Advertisement

Jangan dulu berpikir dokter bakal begitu saja menyuntikkan anestesi ke tubuh seseorang tanpa tahu bagaimana kondisinya lebih dulu. Lewat tes darah, cek tensi, dan berbagai wawancara singkat dengan perawat, kamu jadi bisa dinilai, sebenarnya apakah tubuhmu siap dibius. Kalau ternyata hasilnya menunjukkan kamu nggak cukup sehat untuk diberi anestesi, pasti dokter bakal menunda operasi dan menganjurkan kamu melalui berbagai tahapan dulu guna mempersiapkan diri sebelum pembedahan. Jadi kemungkinan kamu nggak bangun atau hal-hal menakutkan lainnya bisa diminimalisir.

2. Obat anestesi sendiri memang bisa menimbulkan efek samping. Tapi sekali lagi, ini semua tergantung kondisi dan kebiasaanmu

Anestesi bisa disuntik lewat infus atau dihirup lewat hidung via health.clevelandclinic.org

Obat bius bisa menimbulkan beberapa keluhan pada pasien seperti mual, muntah, gatal, pusing, atau menggigil. Biasanya efek itu tak berlangsung lama. Lebih parah lagi malah bisa menyebabkan komplikasi hingga kematian. Tapi kemungkinannya sangat kecil dan sekali lagi, tergantung dari jenis biusnya apa, usia, kondisi kesehatan, sampai gaya hidup pasien. Semakin buruk kebiasaanmu misal mengonsumsi narkoba, alkohol, dan merokok, maka semakin besar kemungkinan munculnya efek samping seperti di atas. Jadi alangkah baiknya kalau kamu jauh-jauh hari sudah berupaya hidup lebih sehat. Yang paling penting adalah ikuti semua petunjuk dokter, termasuk anjuran puasa paling tidak delapan jam sebelum operasi dilakukan.

3. Selama kamu nggak sadar, tubuhmu akan bekerja dengan dibantu alat. Tapi tenang, dokter pasti akan terus memantau kondisimu lewat alat itu kok

Dipantau lewat monitor via footage.framepool.com

Saat dibius total, bisa dibilang tubuhmu tak lagi berfungsi karena saraf yang mengirim informasi ke otak jadi berhenti. Dalam kondisi ini tubuhmu perlu dipasang alat bantu pernafasan dan lainnya. Selain membantumu tetap hidup, alat-alat tersebut juga digunakan dokter untuk memantau denyut dan irama jantung, serta peredaran dan tekanan darahmu. Jadi nggak perlu khawatir kalau terjadi hal-hal aneh dalam tubuhmu selama operasi, karena alat-alat tadi akan langsung mengirim tanda lewat bunyi atau simbol di monitor. Dan dokter pasti siap dengan segala kemungkinan yang ada.

4. Ketika bangun, kamu cuma akan merasakan lemas kok. Nggak jauh beda sama bangun dari tidur biasa

Sadar pelan-pelan via obattumorotak.exl.me

Berdasarkan pengalaman saya dibius kemarin, saya benar-benar nggak merasakan apapun saat operasi dilakukan. Kalau nggak salah sebelum sadar bahkan saya sempat bermimpi jadi miliarder. Nggak dingwong saya lupa mimpinya apa. Pokoknya waktu sadar tuh badan rasanya super duper lemas tak berdaya, bahkan angkat kaki aja nggak mampu. Proses dari tidur ke bangun juga biasa saja, nggak ada cerita saya kaget dan bangun dengan megap-megap mirip ikan kalau terdampar di darat. Boro-boro megap-megapbuka mata aja rasanya nggak sanggup saking lemasnya. Tapi tenang aja, lemas memang wajar dialami orang-orang yang baru sadar dari pengaruh bius kok. Selang 3 jam kemudian saya aja udah bisa ketawa-ketawa.

Itu dia fakta-fakta soal bius total berdasarkan pengalaman saya kurang dari 2 minggu lalu. Oh ya, ada yang bilang juga sama saya kalau lepas jahitan itu sakitnya ngalah-ngalahin diputusin pacar tanpa kepastian. Padahal saya justru nggak merasakan apapun waktu jahitan dilepas minggu lalu. Malah saya tanya, “Lho kok sudah, Dok? Kan saya mau lagi.”

#HipweeJurnal adalah ruang dari para penulis Hipwee kesayanganmu untuk berbagi opini, pengalaman, serta kisah pribadinya yang seru dan mungkin kamu perlu tahu 

Baca tulisan #HipweeJurnal dari penulis lainnya di sini!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya