Seiring dengan makin populernya Instagram, tuntutan buat bikin foto bagus makin tinggi. Yah, seenggaknya foto harus lucu atau terkesan artsy supaya banjir likes dan komentar. Tapi apalah daya, kamu nggak paham fotografi. Dan kamera yang dipegang pun cuma kamera smartphone. Mana bisa menghasilkan foto yang berseni tinggi?

Tenang, Hipwee bakal bantuin kamu kok. Foto yang bagus nggak harus diambil dengan kamera digital canggih yang lensanya panjang banget itu. Asal kamu tahu tekniknya, kamu bisa menghasilkan foto yang super kece meski hanya bermodal smartphone saja. Gimana caranya? Simak deh trik fotografi smartphone ini supaya fotomu jadi keren dan update-an IG selalu meriah.

1. Sebelum memotret, kenali dulu benar-benar kamera smartphone-mu. Biar bisa memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan

fotografi via www.samsung.com

Setiap ponsel pasti diciptakan dengan teknologi yang berbeda-beda, termasuk fungsi yang ada pada fitur kameranya. Nah kalau kamu ingin menguasai tips fotografi lewat ponsel, coba kamu kenali dulu kamera smartphone-mu. Mulai dari resolusi kamera, diafragma lensanya, hingga sensitifitas cahayanya. Kalau udah paham, kamu jadi lebih leluasa memanfaatkannya sesuai kebutuhan.

Nggak cuma paham cara memotret saja, kamu juga harus berusaha belajar fungsi atau fitur yang ada di dalamnya seperti fitur live focus dual lens camera atau kemampuan low light-nya yang dipengaruhi aperture smartphone kamu tersebut. Nggak semua smartphone punya fitur-fitur tersebut loh, maka dari itu memilih smartphone pun juga nggak boleh sembarangan kamu harus tahu fitur dan benefitnya bukan cuma sekedar besar megapixelnya saja.

2. Beberapa smartphone sudah dilengkapi dengan mode manual. Kamu bisa utak-atik settingannya bagai kamera digital

Manfaatkan setiap modenya via www.samsung.com

Dulu, kamera digital memang dianggap lebih handal dalam menciptakan foto-foto berkualitas karena fitur yang ditawarkan lebih banyak. Fotografer jadi lebih bebas bereksplorasi dengan settingan yang ada. Tapi kini, banyak kok smartphone yang dilengkapi dengan mode manual pada kamera.

Salah satu smartphone dengan fitur kamera yang mumpuni adalah Samsung Galaxy A6+ yang selain memiliki dual kamera belakang dengan resolusi 16 MP dan 5 MP, juga dilengkapi dengan mode manual alias mode Pro. Lalu ada juga Samsung Galaxy A6 yang meskipun hanya memiliki single camera belakang 16 MP tapi juga dilengkapi mode Pro. Dengan mengatur sendiri ISO, white balance, dan shutter, kamu bebas berkreasi sesuai tone dan warna foto yang diinginkan. Semisal cahayanya kurang, alias low light, hasil jepretanmu tetap terang dan jelas karena Samsung Galaxy A6 dan A6+ mempunyai bukaan diafragma (aperture) yang besar, yaitu f/1.7. Jadi foto di tempat minim cahaya pun bukan masalah~

3. Jangan pernah lupakan rule of third. Itu lho, garis-garis yang ada di layar saat kamu buka fitur kamera~

Rule of third via www.samsung.com

Singkatnya rule of third ini adalah garis bantu yang membagi layar menjadi 9 bagian 3×3 sama besar. Gunanya adalah untuk membantu pengguna memosisikan objek dalam sebuah foto. Misalnya kamu ingin menonjolkan objek manusia yang sedang berada di pantai, alih-alih menempatkan objek sembarangan, kamu harus mengatur letaknya agar lebih enak dilihat. Penerapan teori ini dipercaya bisa menghasilan foto yang lebih menarik dan proporsional.

4. Atur fokus dengan tepat, terlalu banyak detil yang ditampilkan bikin pusing yang melihat

Atur fokus via www.adorama.com

Selain komposisi, hal lain yang nggak kalah penting adalah pengaturan fokus. Tips satu ini penting banget dilakukan terutama jika kamu ingin mengambil gambar satu objek dengan background yang rame. Kalau semuanya kelihatan, bisa-bisa orang malah nggak fokus dengan objek fotomu. Jadi, pilih fokusmu dengan jeli ya.

Nah, kamu sudah tahu kan kalau Samsung Galaxy A6+ itu punya dual kamera? Dilengkapi dengan Live Focus, kamu bisa mengambil foto bokeh (background blur) dengan tingkatan yang bisa diatur sendiri dalam satu langkah mudah. Hasil objek di depan kamera bisa terlihat jelas dan fokus dengan efek bokeh. Tingkat blurnya bisa diatur saat sedang mengambil foto ataupun setelah mengambil foto. Selain itu bentuk bokehnya bisa diedit-edit setelah foto diambil. Dengan foto yang lebih fokus dan detil, pastinya hasil karyamu juga lebih artsy!

5. Pahami 9 jenis cahaya yang ada dalam fotografi. Soalnya masing-masing punya efek berbeda untuk fotomu nanti

Biar keliatan keren~ via www.samsung.com

Aspek penting lainnya dalam fotografi adalah pencahayaan. Seindah apapun objek, jika tanpa disertai pencahayaan yang baik, foto yang dihasilkan tentu akan mengecewakan. Dalam dunia fotografi dikenal adanya 9 cahaya, yaitu: Side Lighting, Back Lighting, Rim Lighting, Ambient Lighting, Cahaya Terdifusi, Cahaya Pantulan, Cahaya Buatan, Cahaya Alami, dan Cahaya Campuran. Kamu perlu memahami satu per satu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dan kini, Samsung hadir dengan Galaxy A6 dan A6+nya yang dilengkapi dengan LED flash dan front LED flash. Fitur ini bisa jadi solusi buat kamu yang suka bete karena ingin foto di tempat gelap tapi takut hasilnya nggak maksimal. Front LED flash pada Samsung Galaxy A6 dan A6+ ini bisa kamu atur tingkat pencahayaannya sesuai dengan keadaan ruangan, sehingga hasil foto di tempat gelap pun akan bisa tetap bagus, tidak perlu takut terlalu terang ataupun terlalu gelap. Selain itu juga ada fitur low light yang memanfaatkan aperture besar kamera yaitu f/1.7 (pada kamera belakang) dan f/1.9 (pada kamera depan) yang bisa membuat fotomu tetap terang dan jelas meski minim cahaya. Keren nggak tuh~

6. Fokus pada 1 atau sedikit efek filter yang ada dalam settingan kamera ponselmu. Biar feeds IG-mu lebih bagus dan seragam

Manfaatkan filter sekenanya~ via www.samsung.com

Terakhir, kamu bisa memanfaatkan fitur filtering atau effect. Fokuskan pada penggunaan satu atau sedikit filtering effect agar hasil fotomu seragam, membuat feeds di IG-mu jadi cantik dan menarik hati. Eh, ini sifatnya cuma final touch aja loh ya, jangan sampai mengubah foto aslimu sampai 180 derajat ya, jadinya malah alay nanti~

Itu dia beberapa tips fotografi smartphone tingkat lanjut yang bisa kamu terapkan untuk mempercantik feeds IG. Yang terpenting sih selalu mau mencoba dan belajar ya, agar skill foto makin terasah setiap harinya. Satu hal lagi, smartphone pilihan kamu juga harus memiliki fitur kamera yang mumpuni pula seperti Samsung Galaxy A6 dan A6+, jadi jangan asal pilih smartphone ya~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya