Urusan berat badan merupakan masalah yang kerap dialami oleh banyak orang, entah itu kelebihan atau bahkan kekurangan berat badan. Yang pasti, kita memang harus menyesuaikan berat badan ideal agar badan lebih sehat dan juga terlihat proporsional.

Nah, bagi kamu yang kekurangan berat badan, jangan kira kamu bisa bebas makan apa saja dan kapan saja, ya! Untuk menambah berat badan, sebenarnya kita juga haru memperhatikan bagaimana pola makan yang baik. Kalau tidak, salah-salah kamu justru bisa memperburuk kondisi kesehatanmu lho.

Advertisement

Jadi, gimana sih cara yang baik untuk menaikkan berat badan? Mau tahu? Yuk, simak di artikel Hipwee berikut ini!

1. Jika ingin berat tubuhmu bertambah, jangan biarkan perutmu tak memproses makanan selama lebih dari 4 jam!

Makan teratur paling tidak 4 jam sekali

Makan teratur paling tidak 4 jam sekali via www.cosmopolitan.com

Kunci dari menaikkan berat badan adalah makan dengan waktu yang teratur. Tapi jangan kira kalau kamu sedang menaikkan berat badan itu artinya kamu bisa makan setiap saat. Yang harus kamu lakukan adalah melakukan pola makan yang sesuai dengan waktunya.

Jeda waktu yang kamu butuhkan adalah sekitar 3-5 jam. Usahakan makan saat kamu membutuhkannya dan jangan sampai kamu merasa lapar baru menyantap makanan. Karena jika kamu melewatkan waktu makan, maka badanmu akan mengambil energi dari lemak tubuh yang ada padamu. Jika kamu sedang menaikkan berat badan, tentu kamu tak mau hal ini terjadi ‘kan? Maka dari itu kuncinya adalah makan yang teratur setiap harinya.

2. Ketika terbiasa mengonsumsi satu jenis makanan saja, cobalah untuk mengombinasikan beberapa jenis sekaligus dalam sekali waktu makan.

Sandwich isi banyak

Sandwich isi banyak via www.healthyalberta.com

Advertisement

Mungkin selama ini kamu terbiasa makan dengan satu menu makanan. Telur dengan nasi atau selai buah dengan roti misalnya. Tapi, cobalah untuk mengombinasikan beberapa makanan sekaligus dalam satu waktu makan. Misalnya seperti roti putih atau roti gandum dengan selai kacang ditambah dengan potongan pisang. Lalu setelahnya, meminum susu skim atau susu kedelai. Begitu pula saat makan nasi, cobalah untuk memakan nasi dengan beberapa lauk atau sayuran demi bisa menambah asupan kalori pada tubuhmu.

3. Alih-alih menyantap camilan yang hanya mengandung lemak, sebaiknya makan makanan sehat yang kaya akan nutrisi.

Buah kering untuk camilan sehatmu

Buah kering untuk camilan sehatmu via www.saracademy.org

Makanan yang mengandung lemak, memang bisa menaikkan berat badanmu. Tapi, jika kamu mau menaikkan berat badan dengan cara yang sehat, kamu tak bisa hanya dengan mengkonsumsi lemak. Pasalnya, lemak dalam camilan bisa jadi berupa lemak jahat yang justru akan merusak kesehatanmu.

Cobalah memilih makanan yang mengandung nutrisi yang banyak atau padat. Seperti misalnya buah kering, karena buah kering sudah dibuang kandungan airnya sehingga yang tersisa hanya nutrisi yang baik untuk kesehatan. Bisa juga dengan menyantap buah segar seperti anggur. Anggur segar akan membuatmu cepat kenyang karena kandungan airnya yang masih banyak. Tapi disarankan kamu memilih buah kering tanpa pengawet dan pemanis tambahan.

4. Tubuh akan lebih cepat menyerap nutrisi dalam bentuk cairan. Jadi, kenapa tak coba “meminum” makananmu?

Minum smoothies untuk nutrisi yang lengkap

Minum smoothies untuk nutrisi yang lengkap via www.lepotaizdravlje.rs

Makanan yang padat bisa sangat dengan mudah membuat kita kenyang. Tapi nutrisi dalam bentuk cairan bisa lebih cepat diserap tubuh daripada yang berupa makanan yang padat. Untuk itu, cobalah minuman sehat seperti jus buah tanpa campuran air dan gula alias 100% jus buah asli, susu skim atau bisa juga susu kedelai, dan smoothies.

5. Menyantap makanan sehat sebelum tidur juga bisa membantumu menaikkan berat badan lebih cepat.

Makan sehat sebelum tidur

Makan sehat sebelum tidur via yepunsaram.tistory.com

Pada saat kita tertidur, tubuh akan bekerja memperbaiki dan meregenerasi segala hal dalam tubuh. Waktu tidur juga merupakan waktu yang tepat untuk tubuh membangun sel dan jaringan di seluruh anggota badan. Untuk itu ada baiknya jika sebelum tidur kita terlebih dahulu memberi bekal asupan pada tubuh kita sebelum ia bekerja semalaman.

Tapi tidak sembarang makanan bisa kamu makan ya, guys. Karena hanya makanan sehatlah yang bisa kamu konsumsi di malam hari. Porsinya pun tidak usah terlalu banyak, yang penting nutrisi di dalamnya mencukupi. Kamu bisa mencoba menu-menu ringan seperti salat sayur dan buah atau makan kacang-kacangan.

6. Jangan sampai kebablasan. Jika berat badanmu sudah mencapai level ideal, hentikan pola makanmu ini, ya!

Tidak terlalu kurus, tidak terlalu gemuk

Tidak terlalu kurus, tidak terlalu gemuk via funny-pictures.picphotos.net

Jangan sampai kamu keasyikan menerapkan pola makan ini sampai-sampai berat badanmu malah berlebih. Segera hentikan pola ini jika kamu sudah mencapai berat idealmu. Bagaimana caranya menghitung beratbadan  ideal? Coba hitung dengan rumus Body Mass Index (BMI) beriku ini ini:

BMI = Berat Badan (Kg) / (Tinggi badan (m) x Tinggi badan(m)
Misalnya: BMI = (45) / (1.65) x (1.65) = 16.5

Hasilnya bisa diartikan dengan tabel di bawah ini:

likethisya.com

Tabel klasifikasi BMI via likethisya.com

Untuk kamu yang ingin menaikkan berat badan, jangan menghalalkan semua cara. Pastikan kamu menerapkan cara yang sehat agar berat badanmu ideal dan tubuhmu tetap sehat. Selamat mencoba, ya. 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya