Jam tangan itu nggak punya kelemahan selain cuaca dan baterai. Nah, kalau cuacanya pas lagi sering hujan kayak sekarang ini, jam tangan rentan banget kena penyakit yang namanya berembun. Embun yang terjebak di dalam jam tangan dan menyebabkan tampilan jarum jam jadi nggak terlihat ini disebabkan karena kelembapan, terutama kalau permukaan jamnya nggak kencang alias ada celah yang bisa dimasuki air. Kalau nggak parah sih bisa hilang sendiri. Tapi kalau nggak, ya lama-lama jamnya bakal rusak.

Nah, sebelum kamu minta tolong sama tukang servis, nggak ada salahnya kalau kamu coba dulu beberapa kiat menghilangkan embun di dalam jam tangan berikut ini.

1. Cara paling gampang adalah dengan mengangin-anginkannya di area terbuka

diangin-anginkan via irfanrosblog.blogspot.com

Advertisement

Kamu hanya perlu meletakkan jam tangan yang berembun di area terbuka yang sirkulasi udaranya bagus, tapi jangan terkena sinar matahari langsung. Kamu juga bisa meletakannya di dekat perapian, di atas TV, di bawah sinar lampu, atau di tempat hangat lainnya. Cuaca hangat dan udara yang mengalir akan menguapkan embun yang terjebak di dalam jam.

2. Kalau hari sedang hujan, bungkus jam tangan yang berembun dengan handuk lalu letakkan di tempat yang terbuka

bungkus dengan handuk via www.overstock.com

Ketika hari sedang nggak cerah alias lembap terus kondisinya, bungkuslah jam tangan dengan handuk dengan bagian belakang jam yang menghadap ke bawah. Lalu letakkan di tempat yang udaranya terbuka. Atau sebisa mungkin letakkan di tempat yang sedikit terang.

3. Sama dengan teknik menyelamatkan HP yang kecemplung, jam tangan yang berembun pun bisa direndam dalam tumpukan beras

rendam dalam beras via www.youtube.com

Pertolongan pertama pada HP yang terendam atau kena air ternyata juga berlaku untuk jam tangan berembun. Beras bisa menyerap air dengan baik. Kamu tinggal rendam jam tangan yang berembun itu ke dalam tumpukan beras untuk menghilangkan uapnya tanpa membukanya terlebih dahulu.

4. Cara menghilangkan embun di jam tangan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan lilin

pakai lilin via retaw.tokyo

Advertisement

Kamu bisa memanfaatkan lilin yang udah pendek atau lilin yang memang ukurannya pendek agar panasnya terasa sampai ke permukaan jam tangan. Nyalakan lilin, lalu taruh jam tangan yang berembun di dekat lilin tersebut. Cara ini akan bekerja lebih cepat kalau kamu menggunakan beberapa batang lilin sekaligus.

5. Kalau lagi nggak buru-buru, letakkan jam tangan yang berembun di dekat kipas laptop

pakai panas laptop via www.techadvisor.co.uk

Manfaatkan panas yang keluar dari laptop atau komputer untuk menghangatkan jam tangan agar embunnya menghilang. Cara ini memang makan waktu lebih lama daripada cara-cara lainnya di atas. Tapi, kalau lagi nggak buru-buru, kamu bisa menaruh jam tangan di samping laptop sambil bekerja.

6. Pakai silica gel juga bisa kamu andalkan untuk mengeringkan embun yang terjebak di dalam jam tangan

silica gel via www.youtube.com

Cara menggunakannya, siapkan satu atau dua kemasan silica gel, letakkan dalam stoples yang ada tutupnya. Selanjutnya masukkan silica gel dan jam tangan ke dalam stoples, lalu tutup rapat-rapat. Biarkan semalaman, lalu lihat hasilnya esok hari.

7. Kalau kamu punya hair dryer, gunakan untuk menghilangkan embun di dalam jam tangan

pakai hair dryer via www.flickr.com

Caranya, atur hair dryer dengan tingkat panas yang paling rendah. Lalu, arahkan ke jam tangan, ingat jangan terlalu dekat, beri jarak seenggaknya 15 cm. Lakukan proses ini sampai embun di dalam jam tangan-mu mengering.

Agar jam tanganmu nggak mengembun, hindari jam tanganmu dari air, hujan atau pun terik yang menyengat. Kalau udah terlanjur mengembun, segera atasi sebelum akhirnya merusak bagian dalam jam. Semoga membantu, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya