Kerja terus bagai quda lama-lama bikin kamu stres berkepanjangan. Maka dari itu, dirimu wajib membuat dirimu nyaman melalui hal-hal menyenangkan yang ada di sekitar. Nggak harus ambil jatah cuti dan pergi ke pantai atau sekadar goler-goler di rumah, di depan meja sambil menghadap laptop kesayangan pun bisa dilakukan.

Nggak percaya? Kenyataannya, stres yang kerap kali muncul gara-gara kerja bisa dikendalikan dari diri sendiri. Tanpa harus pergi ke tempat wisata, kamu bisa mendapat kebahagiaan hakiki, walau cuma sebentar doang. Pun demikian dengan rasa cemas lantaran ada masalah keluarga atau teman-teman. Karena itu, simak tujuh cara hilangkan stres dan rasa cemas berikut ini lewat kegiatan sederhana yang kamu bisa terapkan sambil menghadap laptop.

1. Hitung napas sampai 10 kali sambil menutup mata sejenak di depan laptop. Cara ini bisa bantu menenangkan pikiran

pejamkan mata dan hitung napasmu sampai 10 kali via www.pexels.com

Advertisement

Hal mudah yang dapat kamu lakukan ketika sedang stres dan cemas yaitu mengambil napas sejenak. Kamu bisa coba mengambil napas dan buang perlahan sambil dihitung hingga sepuluh kali. Jangan lupa juga untuk memejamkan mata sejenak agar kamu merasa tenang dan tentram. Tanpa harus beranjak dari meja kerja, kamu tetap bisa melakukannya.

2. Kata siapa ngulet cuma bisa dilakukan di kasur tersayang? Kamu bisa terapkan di depan meja sekalipun

ngulet di depan meja via www.safetyandhealthmagazine.com

Ngulet nggak cuma bisa dilakukan di atas kasur saja setelah bangun tidur. Kenyataannya, kamu bisa sesekali ngulet meregangkan otot-otot kaku dan menjernihkan pikiran. Nggak cuma tubuh terasa bugar, tapi juga mood kamu menjadi lebih baik dari sebelumnya.

3. Tulis apa yang mengganggu pikiranmu ke sebuah kertas agar isi otak nggak terlalu penuh

tuliskan yang meresahkanmu via www.pexels.com

Seringkali saat stres dan serba cemas, isi otak terlalu penuh, sehingga kamu malah makin pusing. Terlebih, adanya tekanan di kantor yang membuatmu tak bisa tenang. Karena itu, kamu sebaiknya coba menuliskan hal-hal apa saja yang telah mengganggu pikiran selama ini. Dengan demikian, cara ini bisa efektif membantumu mengurangi beban pikiran yang bikin hari terasa memusingkan terus.

4. Dengarkan playlist yang mampu menenangkan jiwa, semisal suara-suara gemericik air atau indahnya desiran ombak

dengarkan playlist yang menenangkan pikiran via www.smithsonianmag.com

Advertisement

Tanpa harus pergi ke tempat wisata untuk me time sejenak, kamu ternyata bisa merasakan nuansa liburan lewat playlist saja. Misalnya, yang semula kamu sering dengarkan lagu-lagu favorit, kini coba beralih dengarkan suara-suara alam seperti gemericik air di sungai atau desiran ombak. Meski nggak lagi liburan, hati dan pikiranmu akan lebih tenang.

5. Konsumsi makanan atau minuman yang menyegarkan. Misalnya rujak atau jus gitu

konsumsi yang segar-segar via www.coreperformance.com

Jangan pernah menyepelekan keberadaan buah-buahan di atas meja kerja. Karena buah-buahan bukan cuma alternatif buatmu yang pengen diet, tapi juga makanan sehat yang bisa mengubah mood menjadi lebih baik. Terutama, kalau kamu konsumsi buah-buahan kayak rujak dan disantap bareng teman sekantor. Selain itu, kamu juga bisa konsumsi minuman yang segar seperti jus atau infused water. Simpel banget, kan!

6. Curi waktu buat main games, nonton video di YouTube yang kocak, atau sekadar baca artikel lucu di internet

YouTube-an misalnya via www.businessinsider.com

Senangnya bisa di depan laptop terus karena kamu dapat buka website yang berisi konten lucu. Kamu bisa buka Youtube untuk kepoin video-video kocaknya, baca artikel lucu yang membuatmu terhibur, atau iseng sebentar main games. Walau aktivitas ini cuma dilakukan sebentar saja, kamu bisa selow setelahnya menjalani hari di kantor.

7. Amati tingkah laku orang-orang di kantor yang menyadarkanmu betapa uniknya mereka dengan kepribadian masing-masing

amati tingkah laku mereka via bestlifeonline.com

Hal yang tidak disangka ketika kamu sedang stres dan cemas melulu yaitu mengamati orang-orang di kantor. Dengan begitu, kamu bisa melihat dan memahami berbagai tingkah laku yang berbeda dari mereka. Mulai dari yang marah-marah, merenung terus-merusan, sampai ada rekan kerja yang cuma santai-santai saja di sana. Nggak percaya? Coba sendiri, ya!

Kini, kecemasan dan stres yang melandamu bisa dinetralisir lewat tujuh hal tadi. Semoga, dengan kamu mempraktikkannya bisa mengurangi rasa mumet di kantor, ya. Ayo, yang semangat lagi!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya