Keseruan kamu saat lagi download atau streaming film sering terganggu lantaran internetnya lelet. Padahal jaringannya sudah 4G, provider-nya juga mahal, tapi tetap saja lelet. Coba pindah ke jaringan wifi, tapi nggak ada kemajuan juga. Kalau kayak gini, mau nyalahin siapa?

Mending cari tahu dulu deh kenapa koneksi internet bisa lamban jalannya. Siapa tahu memang kamunya sendiri yang kurang jeli pemasangannya.

1. Kecepatan Mbps memengaruhi lancar-nggaknya koneksi internet

cek Mbps via klgadgetguy.com

Advertisement

Pakai internet itu jangan hanya lihat kuotanya saja, tapi juga meneliti berapa kecepatan Mbps-nya. Kalau kamu sering pakai internetnya buat nonton video YouTube atau streaming film, maka kamu bisa pilih internet yang kecepatannya 20 Mbps. Sedangkan kalau kamu cuma browsing dan streaming-nya sesekali saja, internet dengan kecepatan 5 Mbps masih bisa diandalkan. Jadi, sebaiknya pilih kecepatan Mbps yang sesuai dengan penggunaan, ya.

2. Istilah “ada harga ada rupa” memang nyata adanya. Router yang murahan biasanya kualitasnya juga jelek

router-mu murahan via pixabay.com

Istilah “ada harga ada rupa” sepertinya nggak boleh kamu remehkan. Semisal pendukung internetan kayak router yang murahan bisa jadi jawaban atas pertanyaan “kenapa buka Google aja kok loading-nya lama banget?”. Semakin mahal harga router, kemungkinan besar kualitasnya juga makin bagus dan tentunya bisa membebaskanmu dari koneksi yang lambat.

3. Mungkin sudah waktunya modem kamu di-reset untuk me-refresh sistem di dalamnya. Tentu butuh setelan ulang karena pemakaian yang sering

saatnya me-reset modem via www.pexels.com

Namanya juga mesin, modem pun perlu di-reset kalau sudah terlalu lama digunakan. Ada kalanya internet lemot disebabkan kondisi modem yang memang sudah saatnya disetel ulang lagi untuk me-refresh sistem-sistemnya. Dengan begitu, kamu bisa memakainya tanpa hambatan selama berselancar di dunia maya. Ibarat karyawan yang butuh cuti untuk liburan atau menenangkan diri sejenak dari rutinitas padat sehari-hari~

4. Internet lemot bisa disebabkan karena kurang tepat dalam meletakkan modemnya

letakkan di tempat terbuka via pixabay.com

Advertisement

Pemilihan tempat untuk meletakkan modem juga nggak boleh sembarangan. Jika ya, maka bisa menyebabkan kegiatan berselancar di dunia maya menjadi lemot. Karena itu, kamu bisa memindahkan modem ke tempat terbuka demi koneksi yang dapat meningkat tajam jika berada di tempat terbuka.

5. Pancaran frekuensi dari barang elektronik tanpa disadari juga cukup mengganggu sinyal internet lo

terlalu banyak barang elektronik via www.pexels.com

Hal yang satu ini mungkin kerap kali kamu abaikan. Padahal, barang-barang elektronik di sekitar modem atau ponsel juga bisa memancarkan frekuensi yang cukup mengganggu sinyal internet. Apalagi kalau menggunakan ponsel di sebelah laptop atau dekat TV. Tentu saja sangat mengganggu sinyal internet, makanya nggak heran kalau koneksimu lemot terus.

6. Mungkin kamu terlalu banyak membuka file atau tab saat pakai internet. Semisal sambil nonton film atau main game. Kalau mau nggak lemot, ya jangan ngoyo buka banyak-banyak

terkena virus via unsplash.com

Ibarat lagi gunakan ponsel, pun demikian ketika menggunakan laptop untuk berselancar di internet. Ada baiknya kamu nggak terlalu banyak membuka tab di browser sembari main game atau nonton film dan video. Hal seperti ini bisa memengaruhi kinerja internet juga, sehingga bisa menyebabkan koneksi menjadi lambat.

7. Terakhir, laptop atau komputermu mungkin terkena virus. Makanya cek dulu sudah punya antivirus belum

jangan-jangan kena virus via www.youtube.com

Laptop atau komputer itu riskan terkena virus. Terutama kalau antivirusmu jarang sekali di-update, hal ini bikin virus-virus jahat mudah masuk ke dalam laptop atau komputermu. Kalau mau internetanmu nggak terganggu gara-gara lemot, jangan malas update anti virus atau coba pakai akun lain.

Beberapa hal tadi adalah jawaban dari pertanyaan seputar koneksi internet yang lelet. Setelah ini, kamu bisa cek lagi dan mulai perbaiki hal-hal yang bisa menunjang keberadaan sinyal yang lebih lancar. Semoga bermanfaat, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya