7 Kegunaan Air Kapur Sirih yang Bikin Gorengan Renyah Sampai Cegah Benyek pada Buah

Kegunaan air kapur sirih

Jika kamu familiar dengan budaya ‘nginang’ atau ‘nyirih’ alias mengunyah daun sirih, tentu tahu apa itu kapur sirih. Batu kapur ini memang kerap jadi bahan pelengkap saat mengunyah sirih, makanya lalu disebut kapur sirih. Bahan ini terbuat dari cangkang kerang yang dihancurkan lalu dijadikan semacam pasta. Warnanya pun putih mirip tepung.

Advertisement

Selain dipakai untuk ‘nginang‘, kapur sirih juga bisa dilarutkan dengan air dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam memasak. Mau tahu untuk apa saja? Simak ulasan Hipwee Tips berikut.

1. Segala macam jenis keripik bakal lebih garing dan renyah jika direndam dulu dalam air kapur sirih sebelum digoreng

keripik lebih renyah via en.wikipedia.org

Setelah mengiris tipis bahan keripik yang akan dibuat, cuci dulu dengan air bersih. Baru direndam dengan air kapur sirih yang sudah diencerkan dan diambil bagian beningnya saja selama 1 jam. Kemudian tiriskan, lalu goreng hingga kering. Keripik yang kamu buat pun bakal lebih garing dan renyah.

2. Potongan buah yang digunakan untuk es buah, koktail, atau manisan bakal lebih kesat dan padat

merendam potongan buah via satriamartin.blogspot.com

Air kapur sirih juga bisa digunakan untuk merendam potongan buah-buahan agar lebih kesat dan padat saat digigit. Jenis buahnya pun bisa macam-macam seperti mangga, salak, apel, melon, leci, jambu, bahkan lidah buaya yang bisasanya diolah jadi es buah, koktail atau manisan.

Advertisement
3. Menambahkan beberapa sendok air kapur sirih juga bikin klepon dan cendol lebih kenyal dan nggak gampang benyek

Saat mengolah adonan klepon atau cendol, tambahkan beberapa sendok air kapur sirih untuk bikin adonan jadi lebih kesat dan kenyal. Klepon dan cendol yang dihasilkan pun akan lebih enak dan nggak mudah hancur.

4. Berkat air kapur sirih, lontong dan ketupat juga jadi lebih tahan lama

ketupat via sukamasak.com

Caranya mudah, tambahkan sedikit air kapur sirih ke dalam beras yang akan dibuat jadi lontong atau ketupat. Lalu diamkan beras yang sudah diberi air kapur sirih selama kurang lebih 60 menit sebelum dibungkus. Air kapur sirih bikin tekstur lontong atau ketupat jadi lebih kenyal dan tahan lama.

5. Kacang goreng juga bakal lebih renyah kalau sebelumnya direndam dulu dalam air kapur sirih

kacang goreng via jajanangurih.blogspot.com

Agar kacang goreng yang dibuat lebih renyah, rendam kacang tanah kupas dengan garam, sedikit air kapur sirih, dan bawang putih semalaman sebelum digoreng. Jangan lupa untuk sering mengaduk kacang saat digoreng agar matangnya merata.

Advertisement

6. Kulit lumpia juga teksturnya lebih kuat dan nggak gampang sobek kalau ditambahkan air kapur sirih di adonannya

kulit lumpia nggak gampang sobek via istyle.id

Kalau kamu suka membuat kulit lumpia sendiri, tambahkan sedikit air kapur sirih pada adonan kulitnya. Cara ini bikin kulit lumpia nggak rapuh, teksturnya baik, dan nggak gampang putus atau robek.

7. Salah satu rahasia agar rempeyek selalu garing dan tahan lama adalah penambahan air kapur sirih

Cukup gunakan 1/4 bagian kapur sirih yang dilarutkan dengan segelas air lalu tunggu hingga mengendap, ambil air bagian beningnya saja, dan campurkan ke dalam adonan rempeyek yang kamu buat sebelum digoreng. Niscaya hasilnya nanti bakal lebih renyah.

Saat menggunakan kapur sirih dalam masak, kamu perlu perhatikan takarannya. Karena penggunaan kapur sirih yang berlebihan justru bikin makanan jadi terasa pahit dan getir khas kapur. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

CLOSE