Punya banyak barang di rumah tak hanya membuat ruangan menjadi lebih sempit. Tapi juga bisa mengundang hewan berdatangan ke dalam rumah seperti serangga. Terutama kalau kamu menyimpan barang asal-asalan. Jika terus dibiarkan lama-lama, kamu akan tinggal dengan makhluk hewani seperti semut, kecoa, tikus, dan sejenisnya. Hiy, jijik nggak sih?

Untuk itu, kamu perlu ketahui barang apa saja yang membuat banyak hewan berdatangan ke dalam rumah. Dengan begitu, kebersihan menjadi lebih terjaga dan kamu selalu nyaman berada di rumah. Nggak lagi mengeluh, apalagi bete melulu.

1. Piring-piring kotor tak hanya merusak pemandangan dapur, tapi juga membuat banyak hewan berkeliaran di sana

tumpukan cucian piring kotor via www.esquire.com

Advertisement

Tumpukkan piring-piring kotor, alat makan, dan perlengkapan masak yang belum dicuci akan mengundang banyak hewan berdatangan. Bekas makanan yang menempel dan aroma masakannya membuat tikus, semut, dan kecoa datang ke dapurmu. Karena itu, semalas-malasnya kamu mencuci piring tak boleh ditunda lagi, ya.

2. Tak hanya sebagai penyebab hewan mendekat, dapur kotor juga bikin tingkat higienis masakan berkurang

kondisi dapur kotor via www.tematy.info

Selain cucian piring, alat makan, dan perlengkapan masak yang mengundang hewan datang, kondisi dapur yang kotor pun demikian. Semisal bagian kompor, lemari penyimpanan, dan bekas masakan yang nggak kamu bersihkan. Jadi biasakan kalau sudah masak setelahnya kamu bersihkan, ya. Kalau tidak, banyak semut dan kecoa yang menghampiri.

3. Saluran air yang tidak digunakan hanya menjadi tempat nyaman bagi kecoa dan lalat

saluran air yang tidak digunakan via hozuyut.ru

Sadar atau tidak, saluran air yang nggak digunakan akan menjadi tempat yang nyaman bagi lalat dan kocoa. Terutama, saluran air yang masih ada sedikit air, ada beberapa rambut dan sabun di bagian dalamnya. Jadi, rutin dibersihkan ya, meski kamu sudah nggak menggunakan.

4. Masih malas buang sampah? Jika ya, maka nggak heran lagi kalau banyak tikus, semut, bahkan kucing di dekat tempat sampah

biasakan buang sampah secara rutin via thewirecutter.com

Advertisement

Mulai sekarang kamu harus belajar rutin membuang sampah. Jangan lagi ditunda karena bisa mendatangkan hewan ke rumah. Apalagi, bau sampah sangat mengganggu indera penciuman. Rumah yang seharusnya menjadi tempat beristirahat malah bikin kamu nggak nyaman. Jika dibiarkan, tikus dan semut akan sering berada di sekitar tempat sampah. Nggak jarang juga kucing bakal sering berusaha ke dalam rumah.

5. Pernah lihat tumpukkan kertas yang sudah jarang disentuh, lalu di sekitarnya ada kecoa?

kertas-kertas yang sudah lama nggak dipakai via videohive.net

Buat kamu yang bingung masih ada kecoa di dalam rumah padahal sudah rutin bersihkan rumah tak perlu heran. Karena tumpukkan kertas yang jarang disentuh bisa menyebabkan munculnya kecoa di rumah. Supaya tumpukkan  kertasnya nggak rusak, kamu bisa menyimpannya dalam sebuah map plastik dan disimpan di dalam lemari tertutup.

6. Banyak barang yang nggak pernah kamu bereskan menjadi tempat yang nyaman untuk serangga bersembunyi

meja berantakan via unsplash.com

Banyak barang di rumah, apalagi nggak kamu bereskan akan menjadi tempat nyaman bagi hewan untuk bersembunyi. Mulai dari barang yang berserakan di meja, di lantai, atau di atas lemari pun kamu harus mau merapikannya.

7. Buah yang terlalu matang selain kurang enak dimakan, juga mengundang hewan berdatangan

buah yang terlalu matang via hippiemomsarentcrazy.com

Sadar nggak kalau buah yang terlalu matang sering di kelilingi lalat? Mulai dari lalat kecil atau besar, senang banget mereka berkerumun di sekitar buah yang terlalu matang. Jangan lupa lagi untuk segera habiskan sebelum menjadi busuk.

8. Selain berupa makanan, berbagai hal manis seperti gula dan madu bisa menjadi penyebab hewan senang berada di rumahmu

makanan manis via unsplash.com

Apapun yang berkaitan dengan makanan manis, pasti membuat banyak hewan berdatangan seperti semut dan tawon. Karena itu, kamu nggak boleh biarkan makanan manis berceceran di rumah. Kamu harus tutupi dengan rapat, bahkan di kaki meja atau di kaki lemari pun kamu berikan kapur anti semut untuk mencegah semut datang.

Semoga delapan informasi tadi bisa membantumu menjaga kebersihan dan kenyamanan rumah. Nggak ada lagi banyak hewan berdatangan, apalagi bikin kamu nggak nyaman di rumah sendiri.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya