Ketika malam minggu tiba, predikat jomblo menjelma menjadi nasib yang paling malang sedunia. Semua mata tertuju padanya, bukan karena kagum, tapi karena mereka jadi sasaran empuk bully-an di media sosial. Padahal sebenarnya mungkin kamu baik-baik saja dengan statusmu. Meski jomblo, kamu tetap bisa tertawa, makan dan buang air dengan teratur. Namun, orang lain tetap menyangsikan itu.

Tapi nggak selamanya jomblo itu mengenaskan, kok. Dengan cara-cara yang keren kamu bisa menjadi jomblo idaman. Artinya, meski kamu sendirian ke mana-mana, sebenarnya di luar sana banyak yang ingin mengantar dan menjemputmu dengan senang hati. Mau tahu caranya?

1. Jadilah orang yang ramah dan hangat, tapi tetap membuat batas yang jelas untuk setiap lawan jenis yang mendekat

Ramah dan hangat via www.diarykhansa.com

Kamu nggak harus menjadi sosok yang super misterius untuk bisa membuat seseorang penasaran sehinga akhirnya tertarik. Menjadi sosok yang jinak-jinak merpati juga akan membuat orang jadi tergila-gila. Artinya, kamu selalu menjadi sosok yang terbuka, ramah, hangat, serta seru diajak hangout bareng.

Tapi kamu punya batas yang jelas kepada setiap orang datang mendekat. Kamu punya sekat, yang seolah-olah mengatakan; silakan mendekat, tapi jangan terlalu dekat. Aih, sifatmu yang begitu justru membuat orang terpikat!

2. Upgrade pengetahuanmu, biar bisa menjadi lawan bicara yang menyenangkan dan terlihat berpengalaman

Advertisement

Upgrade terus pengetahuan via www.huffingtonpost.com

Nggak jarang saat ditanya apa yang membuat jatuh cinta pada pasangan adalah rasa nyaman yang muncul saat bersamanya. Rasa nyaman itu bisa diciptakan lho, terutama soal komunikasi. Rasa ‘nyambung’ saat ngobrol berdua akan menimbulkan benih-benih rasa nyaman yang agung itu.

Karena itu, menjadi jomblo idaman kamu juga harus smart dan rajin meng-upgrade pengetahuan. Agar kamu bisa menjadi teman diskusi untuk topik apapun. Ketika pembicaraan bisa berlangsung dua arah, mudah untuk membuat obrolan menjadi seru dan nagih!

3. Jangan mudah menerima ajakan kencan. Meski jomblo, kamu juga harus tetap jual mahal

Jangan mudah mengiyakan kencan via pandorabox.ru

Untuk menjadi idaman, artinya kamu harus menjadi sosok yang nggak mudah didapatkan. Atau setidaknya, untuk mendapatkanmu, seseorang harus melakukan perjuangan dulu. Karena itu, jangan sembarangan menerima ajakan kencan.

Iya sih, kamu jomblo dan terkadang mungkin kesepian karena teman-temanmu pada pacaran semua. Tapi kalau kamu menerima semua ajakan kencan yang datang, bisa-bisa kamu dianggap gampangan dan nggak perlu usaha berat untuk mendapatkanmu. ‘Kan gawat. Bukannya jual mahal, tapi selektif itu memang perlu.

4. Nggak bisa disangkal cinta dari mata turun ke hati. Menjaga penampilan diri juga mesti selalu dilakukan

Jaga penampilan via www.yuniarwijananto.com

Percuma menyangkal bahwa cinta sejati itu berasal dari dalam, bukan hanya penampilan. Memang benar. Tapi rasa tertarik awalnya bisa muncul dari mata, itu sudah pasti. Dengan berpenampilan baik, kamu akan membangkitkan rasa tertarik lawan jenismu. Menjaga penampilan bukan berarti kamu harus selalu berdandan mengikuti perkembangan zaman.

Kamu hanya harus memiliki gayamu sendiri, gaya yang unik tapi membuatmu nyaman di saat yang sama. Jangan berharap jadi idaman kalau kamu selalu berpenampilan asal-asalan dan sering kalah dengan rasa malas untuk merawat dirimu yang berharga.

5. Tapi jangan hanya penampilan saja. Prestasi yang mentereng juga bisa membuatmu tampil mempesona

Jangan lupa prestasi via showbiz.liputan6.com

Menjaga penampilan memang perlu. Tapi bukan hanya itu. Selain penampilan, prestasi yang mentereng juga bisa membuat seluruh mata tertuju padamu. Kamu pasti nggak asing dengan kenyataan bahwa ada orang yang sebenarnya biasa saja, tapi prestasinya yang bejibun membuat orang-orang mengaguminya diam-diam dan berharap bisa jadi pacarnya.

Jadilah yang seperti itu. Bukannya meratapi kejombloan dan kesendirianmu, lebih baik kamu mengejar prestasi setinggi mungkin dan membuat orang-orang berdecak kagum.

6. Jadilah jomblo yang nggak gampang mengeluh di media sosial. Ingat, meski jomblo bukan berarti kamu harus menderita

Nggak gampang mengeluh via emmakat79.blogspot.co.id

Untuk menjadi jomblo idaman, kamu harus membuat dunia percaya bahwa kamu tidak masalah dengan status jomblomu. Bahwa kamu justru merasa lebih bahagia dengan kesendirianmu dan mencari pasangan secepat-cepatnya bukan tujuanmu.

Caranya adalah, pasang pengendalian diri ekstra saat main media sosial. Jangan gampang ngeluh ini dan itu. Makan sendiri, ngeluh. Belanja sendiri, ngeluh. Sakit nggak ada yang ngurus, ngeluh. Nggak ada yang SMS, ngeluh. Hujan sendiri sepi, ngeluh. Itu namanya bukan jomblo idaman, tapi jomblo mengenaskan.

7. Punya prinsip itu penting. Single sekarang, tapi langgeng berhubungan di masa depan

Punya prinsip via www.wxhaowen.com

Salah satu cara membuat orang kagum adalah dengan mempunya prinsip hidup yang oke dan komitmen untuk menjalaninya. Tunjukkan bahwa status jomblomu saat ini bukan masalah besar. Toh memang rencanamu memang langgeng di masa depan.

Karena itu, kamu nggak akan sembarangan memilih pasangan, karena orientasimu jauh ke depan. Bukan sekadar cari teman supaya nggak kesepian. Yang bisa diajak malam mingguan mungkin banyak, tapi yang bisa diajak bersama setiap malam dengan halal ada nggak?

8. Tunjukkan bahwa kamu jomblo yang punya kriteria, nggak cuma jadi budaknya cinta

Punya kriteria via www.tumblr.com

Terakhir, biar orang tahu bahwa kamu bukan jomblo sembarangan, kamu juga harus punya kriteria. Lagi-lagi maknanya adalah bahwa meskipun jomblo, kamu juga punya kriteria ini dan itu untuk calon pasanganmu kelak. Tentunya kamu ingin seseorang yang baik bukan?

Itu juga berarti, kamu memilih menunggu orang yang tepat, meski itu membuatmu menyandang predikat jomblo abadi, daripada menerima siapapun yang datang menghampiri.

Jadilah single yang punya standar, bukan merasakan cinta tapi seolah-olah sedang dikejar-kejar. Jomblo itu pilihan, tinggal bagaimana caramu yang menentukan.

Dilarang galau sebelum digalaukan #migmegalau