Dalam menjalani hidup, kamu memiliki segudang kebutuhan. Supaya bisa mencukupi kebutuhan ini tapi masih punya tabungan, kamu pun harus memutar otak.

Baik kamu yang anak kos, asrama, atau tinggal sama orang tua tetap aja harus punya jurus terjitu dalam menghadapi kebutuhan yang kian bertambah. Apalagi di zaman modern seperti sekarang ini, kalau bukan dari kamunya yang pintar mengatur keuangan, nggak bisa dipahami pagi deh kayak gimana hidupmu ke depannya.

Ada beragam cara untuk menghemat pengeluaran dan mungkin kamu bosan dengan yang “itu-itu aja”, misalnya biasakan makan di warteg atau masak sendiri, dan naik kendaraan umum. Bagimu itu udah terlalu mainstream dan ternyata masih kurang mempan. Oleh karena itu, kamu butuh cara mengirit pengeluaran lainnya yang nggak biasa. Hipwee udah menyiapkannya nih biar cara berhemat kamu semakin beragam dan banyak pilihan. Siapa tahu membantu, silahkan disimak ya!

1. Ingin melakukan perawatan tubuh? Daripada di salon uangmu keluar 200ribu, mendingan melakukannya sendiri aja deh. Gak hanya uang yang tersimpan, tapi kamu juga punya skill merawat tubuh lho

mending lakukan sendiri via dearcrissy.com

“Udah 6 bulan gak perawatan nih, ingin ke salon tapi sayang uangnya ya.”

“Lakukan sendiri aja di rumah. Lagian begitu doang, lama-lama juga bisa kok.”

Advertisement

Rasa malas yang menghinggapi untuk ke salon dan mengantri menunggu giliran cukup membuat kesabaranmu hilang. Selain itu, biaya perawatan tubuh saat ini minimal 100ribu cukup menguras isi kantong. Akhirnya kamu memilih untuk melakukan perawatan tubuh sendirian aja di rumah saat akhir pekan.

Nah, siapa yang menyangka kalau rutinitas keisenganmu di akhir pekan ini bisa bermanfaat? Yang awalnya hanya sekedar melakukan perawatan tubuh untuk menghemat pengeluaran, eh lambat laun malah menjadi ahli dalam bidangnya. Lagipula, dengan melakukan perawatan sendiri kamu jadi lebih tahu kadar kekuatan tangan yang digunakan misalnya saat lururan harus seberapa besar. Karena kalau di salon, kadang mbak-mbaknya sering terlalu kuat atau kencang, jadi bukannya merasa segar tapi malah badan terasa sakit. Nggak hanya itu, kamu juga nggak terbatas oleh waktu dan bisa sesuka hatimu mau kapan aja melakukannya. Belum lagi kalau ada temanmu yang berniat memakai keahlianmu itu, duh jadi punya tambahan pendapatan deh! Kurang apa coba manfaatnya?

2. Jangan memakai jasa cuci laundry ya, karena lumayan juga uangnya kalau dikeluarkan setiap minggunya. Biasakan menyuci baju sendiri aja karena kebersihannya lebih terjamin

cuci baju juga sendiri via www.which.co.uk

“Demi apa kamu nekat gak mau laundry? Jangan dipaksa, hampir setiap hari lembur gitu.”

“Tinggal merendam sama kucek-kucek terus bilas kok. Menyetrikanya nanti kalau mau pakai, tenang aja gampang kok.”

Rasa malas sering menyelimutimu ketika pulang kuliah atau kantor. Kelelahan yang menghinggapi dan hawa kantuk serta rasa lapar campur menjadi satu, telah berhasil membuatmu semakin malas untuk menyuci pakaian. Walaupun demikian, kamu kekeuh mengerahkan tenaga untuk menyuci agar pengeluaranmu terjaga dengan baik. Kalau kamu memakai jasa laundry, meski menggunakan jasa laundry kiloan *laundry termurah*, tetap aja uang sekitar 10 – 20ribu akan keluar setiap minggunya.

Itu aja kalau yang dilaundry berupa pakaian-pakaian biasa yang nggak berat, gimana kalau celana jeans, jaket, selimut, dan handuk juga dilaundry? Bisa-bisa uang 40ribu keluar dari kantong lho. Selain itu, kebersihannya belum tentu terjamin karena pakaianmu dicampur menjadi satu dengan pakaian orang lain. Oh iya, insiden hilangnya salah satu pakaian juga sering terjadi kalau kamu laundry. Makanya, lebih enak menyuci baju sendiri ‘kan?

3. Gunakan listrik seperlunya. Kalau masih bisa kipas-kipas sendiri mendingan kipas angin atau AC-nya dimatiin

gerah banget, kipas-kipas pake ini aja deh demi hemat via www.bintang.com

“Kamu gemar banget kumpulin kipas souvenir kondangan.”

“Yah lumayan bisa dipakai kalau kegerahan, jadi gak mesti nyalain AC. Hehe.”

Pendapatan yang segitu-gitu aja tapi kebutuhan yang semakin meningkat mengharuskan kamu memutar otak untuk mengirit pengeluaran. Hal yang kamu lakukan salah satunya yaitu menggunakan listrik seperlunya aja. Ketika di kamar terasa gerah, lebih baik gunakan kipas tangan atau beberapa lembar kertas sebagai kipas. Walaupun sepertinya nggak berpengaruh besar, tapi tanpa disadari cukup membantumu lho. Kalau bisa memulai berhemat dari yang kecil, nggak ada salahnya bukan mencoba?

4. Pas mau belanja bulanan hindari saat hawa lapar menusuk perut. Sebaiknya berbelanjalah ketika perutmu kenyang

kalau perut kenyang pas belanja jadinya gak kalap deh via www.ehow.com

“Mau belanja bulanan kapan nih?”

“Nanti malam aja jam 8. Gue masih puasa, ntar malah kalap belanjanya.”

Percaya nggak kalau perut sedang lapar-laparnya ketika lagi berbelanja bulanan, kamu malah menjadi boros karena banyak yang dibeli. Entah itu makanan berat atau ringan, bahan makanan, sampai yang nggak terlalu penting kamu konsumsi pun jadi dibeli. Padahal kamu sebenarnya bisa membuat sendiri tanpa harus beli, eh karena tergiur rayuan maut para SPG makanan, mau nggak mau membelinya deh. Bagusnya kalau mau berbelanja dilakukan saat kondisi perut udah kenyang ya.

5. Kalau keuanganmu lagi cekak banget di kala perutmu lapar, coba deh banyak minum air mineral. Lumayan lho untuk menahan rasa laparmu

lapar? minum air mineral aja dulu, siapa tahu abis itu kenyang via breaktime.co.id

“Lo lapar? Nih minum air aja, biar laparnya berkurang.”

Air mineral itu nggak hanya mampu menghilangkan racun dan meningkatkan energi buat tubuh, tapi juga membantu mengenyangkan perut saat rasa lapar datang lho. Sering ‘kan mendengar ada orang ketika ingin makan berkata: eh jangan banyak minum kalau mau makan, nanti keburu kenyang duluan. Kalau belum percaya, coba praktikkan deh biar nggak penasaran. Hehe.

6. Yang rajin ya kalau diajak kondangan walaupun sekedar menemani. Atau bisa juga jangan pernah absen saat ada acara kantor yang ada makan-makannya

kalau ada acara kantor makan-makan kayak gini jangan dilewatin ya via www.dailymail.co.uk

Kalau lagi diajak pergi kondangan, walaupun yang menikah kamu tak kenal, nggak ada salahnya mengiyakan ajakan tersebut lho. Hal ini karena kamu nggak perlu modal yang banyak, maksudnya sih nggak perlu keluarin amplop atau kado. Kamu tinggal memakai pakaian yang rapi dan berdandan sesuai acara aja. Demikian juga kalau ada acara di kampus atau di kantor yang ada makan-makan gratis tanpa dipungut biaya, jangan dilewatkan ya! Cara sederhana memanfaatkan peluang yang menghampiri ini bagus banget kamu terapkan.

7. Sering-seringlah pantengin media sosial, karena siapa tahu ada kuis yang meringankan pengeluaranmu lho

jangan sampai kehilang kesempatan ya, pantengin terus media sosialmu via www.scarymommy.com

“Bro, lo gak ikutan kuis di Twitter? Lumayan dapat pulsa 50ribu buat provider apa aja nih dari radio *******. Tinggal mention aja ke mereka, berdoa aja semoga beruntung.”

Jadi quiz hunter, kenapa nggak? Toh tak ada yang melarang kok. Di zaman modern sekarang ini, informasi kuis bisa kamu dapatkan dimedia sosial. Hanya bermodalkan gadget, kamu bisa lihat beragam informasinya, misalnya aja tiket nonton konser gratis, voucher belanja, sampai liburan gratis ke tempat wisata. Hadiah tak terduga ini lumayan banget ‘kan? ;p.

8. Kalau tabunganmu udah cukup banyak, coba investasi emas yuk. Hanya modal 600ribu aja kok

investasi emas untuk jangka panjangmu via marketeers.com

Bagi kamu yang ingin punya simpanan dalam jangka panjang, berinvestasi emas salah satu yang bisa dilakukan. Investasi emas cukup menjanjikan karena harga emas yang stabil sehingga tahan inflasi. Bahkan, harga emas bisa naik setiap tahunnya.

Uang yang dimiliki dan belum untuk digunakan dalam waktu dekat ini sayang bila didiamkan saja. Benar-benar sayang, ya, karena nilainya semakin lama pasti semakin turun karena inflasi.

Jika mau investasi emas, sebaiknya kamu kepo-kepo dulu tentang jenis dan cara investasi yang baik dan pas untukmu, karena investasi emas ini banyak ragamnya. Terlebih lagi dengan adanya penipuan. Kalau mau sih kamu bisa langsung ke pegadaian atau beli emas di situs-situs perdagangan resmi.

Mau kebutuhanmu lagi banyak atau nggak, rasa ingin berhemat selalu menghampiri. Hal ini lumrah terjadi, karena kamu ingin menggunakan uang yang masih tersimpan untuk keperluan lainnya di masa depan. Untuk itu, kamu harus pintar-pintar mengatur keuangan sendiri agar nggak cekak saat akhir bulan. Berhemat bisa dimulai dari hal-hal kecil, seperti nggak menggunakan jasa laundry atau tukang cuci, merawat tubuh sendiri nggak ke salon, belanja bulanan dalam kondisi kenyang, menjadi quiz hunter, hingga berinvestasi emas. Semoga berhasil ya!